Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Misteri Silsilah Yesus (Nabi Isa)

Banyak yang salah memahami, silsilah Yesus (Nabi Isa) di dalam Bible

Silsilah yang terdapat di dalam Matius 1:1-16 dan Lukas 3:23-38, lebih tepat disebut silsilahnya Yusuf bin Yakub (Matius 1:16) atau Yusuf bin Eli (Lukas 3:23)

Dan Yusuf sendiri, bukanlah bapak biologis dari Yesus (Nabi Isa), ia hanyalah bapak menurut anggapan orang (Lukas 3:23).

Lalu… bagaimanakah nasab Yesus (Nabi Isa) yang sesungguhnya?

Isa putera Maryam

Di dalam Al Qur’an, Yesus (Nabi Isa) disebut sebagai ibnu Maryam (putera Maryam), sebagaimana Firman Allah di dalam QS.Maryam (19) ayat 34…

”Itulah Isa putera Maryam, (yang mengatakan) perkataan yang benar, yang mereka ragukan kebenarannya”

Baik kalangan Islam maupun Kristen, berpendapat bahwa Maria (Maryam) adalah Keturunan Nabi Harun…

> Sumber Islam…

Menurut Ali bin Abi Thalhah dan As-Suddy bahwa Maryam termasuk anak keturunan Harun saudara Musa as. lalu dijadikan panggilan untuknya (يَا أُخْتَ هَارُونَ), sebagaimana orang-orang Arab sering memanggil untuk keturunan At-Tamimy: (يا أخا تميم) dan untuk orang-orang keturunan Arab (يا أخا العرب).

> Sumber Kristen…

Berdasarkan keterangan Bible, Maryam diceritakan sebagai kerabatnya Elisabet, isteri Nabi Zakaria…

Lukas 1:36 Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, iapun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu

dan Elisabet sendiri di informasikan sebagai keturunan Nabi Harun

Lukas 1:5. Pada zaman Herodes, raja Yudea, adalah seorang imam yang bernama Zakharia dari rombongan Abia. Isterinya juga berasal dari keturunan Harun, namanya Elisabet.

Bersumber dari beberapa situs genealogy, di dapat silsilah Yesus (Nabi Isa) sebagai berikut…

Versi I :
Yesus (Nabi Isa) bin Maryam binti Imran
adalah keturunan John Hyrcanus I bin Simon Maccabaeus bin Mattathias bin (son of John) bin John bin Simeon bin Hasmonaeus bin (son of Onias II) bin Onias II bin Simon ‘the Just’ bin Onias I bin Juddual bin Johanan bin Joiadah bin Eliashib bin Joachim bin Joshuah bin Josedech bin Seraiah bin Azariah bin Hilkial bin Azariah bin Zadok (II) bin Meraioth bin Ahitub (II) bin Amariah bin Azariah bin Johanon bin Azariah bin Ahimaaz bin Zadok bin Ahitub bin Amariah bin Meraioth bin Zerahiah bin Uzzi bin Bukki bin Abishuah bin Phineas bin Eleazar bin Nabi Harun bin Imran bin Quhas bin Lewi bin Nabi Yakub bin Nabi Ishaq bin Nabi Ibrahim.

Isa bin Maryam binti Imran juga merupakan keturunan dari Nabi Daud, yakni melalui ibu Azariah (isteri Ahimaaz bin Zadok bin Ahitub), yang bernama Besonea binti Nabi Sulaiman bin Nabi Daud bin Jesse bin Obed bin Boaz bin Salmon bin Nahshon bin Aminadab bin Ram bin Hezron bin Perez bin Judah bin Nabi Yakub bin Nabi Ishaq bin Nabi Ibrahim.

# Silsilah Versi I (Nabi Isa berasal dari keturunan John Hyrcanus I), berasal dari jalur ibu, yaitu Maryam binti Anna (isteri dari Imran/Joachim) binti Joiadah (Jeshua II) bin Hezekiah bin John Hyrcanus I.

Versi II :
Yesus (Nabi Isa) bin Maryam binti Anna binti Joiadah (Jeshua II) bin Hezekiah bin John Hyrcanus I bin Simon Maccabaeus bin Mattathias of Modin, dari  keluarga Hasmonaeus.

# Keluarga Hasmonaeus berasal dari keturunan Idaiah bin Joarib bin Jachin bin Sarias (Seraiah) bin Azariah bin Hilkial bin Azariah bin Zadok (II) bin Meraioth bin Ahitub (II) bin Amariah bin Azariah bin Johanon bin Azariah bin Ahimaaz bin Zadok bin Ahitub bin Amariah bin Meraioth bin Zerahiah bin Uzzi bin Bukki bin Abishuah bin Phineas bin Eleazar bin Nabi Harun bin Imran bin Quhas bin Lewi bin Nabi Yakub bin Nabi Ishaq bin Nabi Ibrahim. 

Versi III :
Yesus (Nabi Isa) bin Maryam binti Anna binti Jeshua III bin Phabet bin Boethus bin Ananias bin Onias V bin Onias III bin Simon II bin Onias II bin Simon ‘the Just’ bin Onias I bin Juddual bin Johanan bin Joiadah bin Eliashib bin Joachim bin Joshuah bin Josedech bin Seraiah bin Azariah bin Hilkial bin Azariah bin Zadok (II) bin Meraioth bin Ahitub (II) bin Amariah bin Azariah bin Johanon bin Azariah bin Ahimaaz bin Zadok bin Ahitub bin Amariah bin Meraioth bin Zerahiah bin Uzzi bin Bukki bin Abishuah bin Phineas bin Eleazar bin Nabi Harun bin Imran bin Quhas bin Lewi bin Nabi Yakub bin Nabi Ishaq bin Nabi Ibrahim. 

Berdasarkan Silsilah Bahaullah, didapat informasi sebagai berikut Yesus (Nabi Isa) bin Maryam binti Imran (Joachim), keturunan dari Onias V bin Onias III bin Simon II bin Onias II bin Simon ‘the Just’ bin Onias I bin Juddual bin Johanan bin Joiadah bin Eliashib bin Joachim bin Joshuah bin Josedech bin Seraiah bin Azariah bin Hilkial bin Azariah bin Zadok (II) bin Meraioth bin Ahitub (II) bin Amariah bin Azariah bin Johanon bin Azariah bin Ahimaaz bin Zadok bin Ahitub bin Amariah bin Meraioth bin Zerahiah bin Uzzi bin Bukki bin Abishuah bin Phineas bin Eleazar bin Nabi Harun bin Imran bin Quhas bin Lewi bin Nabi Yakub bin Nabi Ishaq bin Nabi Ibrahim.

Versi IV :

This is Eesho Genealogy, from the Aaron’s Lineage :

01. Abraham (Prophet Ibrahim)
02. Isaac (Prophet Ishaq)
03. Jacob (Prophet Yakub)
04. Levi (Lewi) 

05. Kohath (Quhas)
06. Amram (Imran)
07. Aaron (Prophet Harun)

08. Eleazar
09. Phineas
10. Abishuah
11. Bukki
12. Uzzi
13. Zerahiah
14. Meraioth
15. Azariah
16. Amariah
17. Ahitub
18. Zadok

19. Ahimaaz
20. Azariah
21. Joram
22. Yeshua I
23. Axiomar
24. Phideas
25. Sudeas
26. Juelus
27. Jotham
28. Neriah

29. Odesa
30. Shallum II
31. Hilkiah
32. Azariah V
33. Seraiah
34. Jehozadak
35. Yehoshua (Jesus II)
36. Joachim
37. Eliaship
38. Joiadah
39. Johanan
40. Juddual
41. Onias I

42. Simon “The Just”
43. Onias II
44. Simon II
45. Onias III
46. Onias V 
47. Ananias
48. Boethus
49. Phabit (Phabet)
50. Joidiah (Yeshua III/Jesus III)
51. Anne (Hannah), m. Imran (Joachim), descent Onias V
52. Miriam (Maryam/Mary The Virgin)
53. Eesho (Prophet Isa/Yeshu/Jesus)

[lihat : Eesho (Prophet Isa/Yeshu/Jesus) Genealogy, from the Prophet Harun (Aaron’s Lineage)]

Sumber :
halexandria.org
Maria ‘Holy Mother’ (fabpedigree)
Idaiah ben JOARIB (fabpedree)
Mattathias (wikipedia)
Biblesearchers.com
The Genealogy of Bahaullah
The Saints Tree: The Saints High Priest of Galilee

Artikel Terkait
01. Komunitas Muslim, dari Bani Israil
02. Pengembaraan Yesus (Nabi Isa), dalam berbagai Versi
03. ISA lebih historis, daripada YESUS

Tentang iklan-iklan ini

16 Juli 2010 - Posted by | islam, kanzunQALAM, sejarah | , , , , , , , , , , , , , , , , ,

42 Komentar »

  1. trims infonya sob

    Komentar oleh Red | 20 Juli 2010 | Balas

  2. I cannot believe this will work!

    Komentar oleh Roulette Tricks | 20 Juli 2010 | Balas

  3. Mau baca artikel tentang yesus???
    bisa dibaca disini :

    http://aslibumiayu.wordpress.com/tag/yesus/

    banyak sekali info yang bisa didapatkan disitu…

    Komentar oleh Maulana Mufti | 26 Juli 2010 | Balas

  4. Malas saya baca ini sejarahnya udah campur aduk ndak jelas..
    baca dan belajar al qur’an saja,,
    pasti valid sudah kurang lebih 1400 tahun tak ada perubahan isinya…
    tak pikir islam benar…

    Komentar oleh macam awak saja | 29 Desember 2010 | Balas

  5. Aku kurang yakin ama bible. Karna kitab itu udah di renovasi beberapa kali. Matius dan kawan2nya hanya mengandalkan ingatan mereka masing- ma7ing. Sekarang perjanjian lama sudah di ganti dgn perjanjian baru. Kenapa harus di renovasi?
    Enaknya kita ngambil dari al quran aja dech. Sudah pasti valid, akurat dan dpt di percaya……… Oia 1 ha5 lag4. Kiamat tdk akan terjadi apabila orang2 beriman masih ada di muka bumi ini. Nah, setelah orang2 pada kafir semua saat itulah matahari terbit dari barat dan di tiup sangkakala. Allah tidak ingin orang2 beriman mati dlm mengetahui hebatnya huru hara hari kiamat. ALHAMDULILLAHIROBBIL ‘ALAMIN

    Komentar oleh Achmad mukti | 14 Januari 2011 | Balas

    • Mau bagaimana anda mengerti, krn anda masih duniawi. Isi injil diperbaharui gak masalah, ibaratkan makan ayam, khan gak mungkin ayam hidup dikasi sama kamu, tentu ayam harus dipotong, dibersihkan dikasi bumbu dan sebagainya sampai ayamnya enak dimakan, sama INJIL supaya lebih mudah dimengerti harus diperbaharuhi asal jangan dihilangkan atau ditambahi,, salam

      Komentar oleh nikita | 26 Maret 2011 | Balas

      • Sama perti INJIL supaya lebih mudah dimengerti harus diperbaharuhi asal jangan dihilangkan atau ditambahi.

        Ayam dipotong, dibersihkan dan dibumbui itu kan sama aja mengurangi dan menambahkan.

        Kitab Suci itu kan buatan Tuhan kenapa juga harus direvisi. Jadi yang ga sesuai sama keinginan penganutnya bisa dihilangkan dong. Coba lihat Al Quran. Belom ada tuh beritanya di revisi. Tuhan itu Maha Mengetahui dari yang belum, sedang, dan akan terjadi.

        Komentar oleh El | 27 April 2011

      • Tertulis dalam Bible cet. 1929 kalo Raja Solomon memiliki 4000 kandang kuda, dan di ayat lain tertulis 40.000 kandang, lalu pada Bible cet. 1999 angka 40.000 dipangkas menjadi 4.000 supaya tidak bertentangan, lalu mana yang benar???

        Komentar oleh Pembela Sunnah | 2 Januari 2012

      • Diperbaharui gx masalah!?!?!? Bahlul iku, madesu, nikita madesu di islamthis maupun di kanzunqalam. Artinya gx konsisten dong. O, ya, haman tu asalnya dari mesir bukan dari persia. Buktinya ada di batu roseta dan Al-Qur’anul Karim. Habis itu, katanya kan kalo gx sesuai bisa direvisi, jadi kalo ada yg baik2 gx sesuai dgn umatnya, sekalipun itu betul2 baik bagi umatnya harus tetap direvisi? Begitu? Artinya, umat tersebut mengikuti keinginan nafsu yg buruk. Nauzubillahi min zalik.

        Komentar oleh Kartto | 19 September 2012

      • Satu lagi, siapa tahu ayam yg disodorkan itu sebenarnya ayam yg sudah dimasak dan siapa tahu pula, ayam yg sudah dimasak itu adalah ayam hidup.

        Ini dalam Al-Qur’an:

        Boleh jadi sesuatu yg (kelihatan) buruk bagimu, (sebenarnya) baik untukmu dan boleh jadi pula sesuatu yg (kelihatan) baik untukmu, (sebenarnya) buruk untukmu.

        Salam.

        Komentar oleh Kartto | 19 September 2012

      • pertanyaan terbesarnya siapa yang merevisi apakah yesus sendiri yang turun tangan untuk merevisi? terus apabila bukan lantas siapa yang berwenang dan apakah dia punya kredibilitas untuk merevisi? apakah akan sama dengan yang dimaksudkan sang penulis (yesus)?

        Komentar oleh kiddo | 20 November 2012

  6. Bukankah ALLAH HU TA’ALA telah berfirman bahwa Telah kusempurnakan agamamu(ISLAM) dan Al-Qur’an sebagai pedomanmu dan tidak ada keragu-raguan di dalamnya…
    mau di cerita dalam bentuk apa lagi? semakin banyak di ceritakan (bukan sebagai penuntun atau nasehat yang nyata yang bersumber dari Al-Qur’an dan Al-Haditz) maka akan semakinn banyak kebohongan yang muncul…

    Komentar oleh Achmad Qodim | 28 Februari 2011 | Balas

    • Sbnarnya Kitab Injil mmang terdapat 2 ad perjanjian lama dan ada perjanjian baru..
      perjanjian baru ad karena yesus telah dtg ke dunia…
      Jadi di perjanjian baru lah di ceritakan semua tntang Yesus,,
      Jadi Yg penting..
      bagi kita yg berbeda..
      jadikanlah perbedaan kita ini menjadi sumber kekuatan memerangi iblis…
      Percayalah Allah akan selalu ad d tengah” kita walaupun kita berbeda keyakinan..

      Komentar oleh Rafael | 18 September 2012 | Balas

      • kepada saudara Rafael sebelumnya balehkah saya bertanya kepada anda.
        anda seorang Katholik atau Protestan ?
        lalu kalau saya boleh tau lebih lanjut, bagaimana kedudukan yesus dan Allah dilihat dari kedua sumber tersebut?
        mohon penjelasan na, karna saya ingin mengetahui lebih lanjut tentang dua ajaran tersebut.
        yg saya yakini saat, Allah merupakan Tuhan seru sekalian alam yg telah memberikan petunjuknya melalu tiga Agama. _Yahudi, Nasrani dan Islam_Red.

        Komentar oleh Rye D Jak | 3 Mei 2013

  7. Nama Beranak Lahir Mati Pd.usia
    Adam 0 4113 3183 930
    Set 130 3983 3071 912
    Enos 105 3878 2973 905
    Kenan 90 3788 2878 910
    Mahala 70 3718 2823 895
    Yared 65 3653 2691 962
    Henokh 162 3491 3126 365
    Metusa 65 3426 2457 969
    Lamekh 187 3239 2462 777
    Nuh 182 3057 2107 950
    Sem 500 2557 1957 600
    Arpakhs 100 2457 2019 438
    Selah 35 2422 1989 433
    Eber 30 2392 1928 464
    Peleg 34 2358 2119 239
    Rehu 30 2328 2089 239
    Serug 32 2296 2066 230
    Nahor 30 2266 2118 148
    Terah 29 2237 2032 205
    Abraham 70 2167 1992 175
    Ishak 100 2067 1887 180
    Yakub 60 2007 1860 147
    DiMesir 130 1447 1017 430

    Nama Beranak Lahir Mati Pd.usia
    Isai
    Daud as 60 1063 963 100
    Sulaiman40 989 923 66
    Rahab’am
    Radim
    Yahusafat
    Barid
    Nausa
    Nawas
    Amsaya
    Izazaya
    Au’am
    Ahrif
    Hizkil
    Misyam
    Amur
    Sahim
    Imran
    Maryam 50 21 42 M 62
    Isa as 15 1 SM 32 M 33

    Refrensi :
    al.quran.bahagia.us
    silsilah 25 Nabi / Rasul

    Bible

    Komentar oleh anton | 15 April 2011 | Balas

  8. ADAM 4113 SM mati pada usia 930 tahun.
    SET 3983 SM mati pada usia 912 tahun.
    ENOS 3878 SM mati pada usia 905 tahun.
    KENAN 3788 SM mati pada usia 910 tahun.
    MAHALALEEL 3718 SM mati pada usia 895 tahun.
    YARED 3653 SM mati pada usia 962 tahun.
    HENOKH 3491 SM mati pada usia 365 tahun.
    METUSALAH 3426 SM mati pada usia 969 tahun.
    LAMEKH 3239 SM mati pada usia 777 tahun.
    NUH 3057 SM mati pada usia 950 tahun.
    SEM 2557 SM mati pada usia 600 tahun.
    ARPAKHSAD 2457 SM mati pada usia 438 tahun.
    SELAH 2422 SM mati pada usia 433 tahun.
    EBER 2392 SM mati pada usia 464 tahun.
    PELEG 2358 SM mati pada usia 239 tahun.
    REHU 2328 SM mati pada usia 239 tahun.
    NAHOR 2266 SM mati pada usia 148 tahun.
    TERAH 2237 SM mati pada usia 205 tahun.
    ABRAHAM 2167 SM mati pada usia 175 tahun.
    ISHAK 2067 SM mati pada usia 180 tahun.
    YAKUB 2007 SM mati pada usia 147 tahun.

    Komentar oleh anton | 18 April 2011 | Balas

    • Henokh tidak mati, ia masih hidup dan ada di surga

      Komentar oleh Gandrik | 6 Juni 2011 | Balas

  9. setelah 600 tahun kemudian Alquran datang dengan ayat-ayat yang baru dan menyangkal ayat-ayat di Alkitab dan mengatakan yang ayat mereka yang benar…. padahal ada tertulis dalam alkitab, Yesus adalah Alfa dan Omega (Awal dan Akhir) siapa “Nabi sesudah Yesus adalah Nabi-nabi palsu”, akan banyak datang Nabi-nabi sesudah AKU (Yesus) yang mngklaim dirinya adalah titisan Allah….
    Waspadalahh…

    Komentar oleh jeremiah | 29 Agustus 2011 | Balas

    • tertulis di bibel keluaran mana bro? kalau manusia diberi akal untuk berfikir pasti bisa membedakan mana kalimat2 Firman Tuhan dan mana kalimat2 cerita sejarah, silahkan bedakan kalimat2 itu diantara bibel dan Alquran

      Komentar oleh Musafir | 10 Desember 2011 | Balas

    • Semoga kamu diberi hidayah…

      Komentar oleh ray | 16 Desember 2011 | Balas

    • 1. Tapi ada dalam Bible kalo Melkisedek dimana dia adalah raja Salem adalah awal dari yang awal…. sekarang pertanyaannya siapa yang lebih awal, Yesus atau Melkisedek?
      2. Kalo Yesus adalah Alfa dan Omega, dan Nabi yang datang setelah beliau itu palsu, berarti yang datang sebelum beliau palsu juga donk!!! ( karena beliau adalah yang awal dan akhir).

      Komentar oleh Pembela Sunnah | 2 Januari 2012 | Balas

    • Seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya. (Ulangan 18:18.)

      Komentar oleh eee | 26 Februari 2012 | Balas

  10. Bible t’bgi ats 2 bgian yaitu kitab perjanjian lama dan kitab perjanjian baru,,,
    Nah… skarang mari kita merujuk pada kitab perjanjian terakhir yakni ALQURAN AL KARIM.

    Komentar oleh Imran | 6 Februari 2012 | Balas

    • alqurqan bukan kitab perjanjian tp alquran adalah pedoman hidup manusia sampai akhir jaman,bukan cuma janji2 lama yang akhirnya diganti dgn janji baru karna janjinya ga bs dipegang,tp alquran adalah penuntun umat muslim yg ga pernah ingkar janji. that’s all!!!

      Komentar oleh muslimin | 1 Maret 2012 | Balas

    • Setuju, perjanjian Al Quran harus diikuti, namun jangan sampai apa yg benar yang disampaikan Al Kitab diingkari, selama tidak bertentangan dengan Al Quran.

      Komentar oleh tee.too | 9 Maret 2012 | Balas

  11. Sesungguhnya yang diajarkan para nabi dan rasul kepada umatnya mulai dari Adam AS sampai Muhammad SAW adalah sama yaitu untuk beribadah hanya kepada Allah SWT.. Tuhan yang satu, Sang pencipta langit dan bumi beserta isinya, Sang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang..
    Lalu mengapa manusia berpikir bahwa Yesus AS adalah Tuhan yang menampung dosa” seluruh manusia.. Apakah artinya sebelum adanya Yesus AS semua manusia berdosa dan masuk neraka?..
    Manusia menyatakan Yesus sebagai Tuhan adalah bukti kasih sayang Tuhan kepada manusia..
    Sebenarnya banyak sekali bukti kasih sayang Tuhan kepada seluruh makhluk Nya.. Pertanyaannya adalah mengapa Tuhan baru turun sebagai Yesus sekian lama setelah zamannya Nabi Adam jika memang klaim tersebut sebagai bentuk kasih sayang Tuhan kepada manusia..
    Apakah Tuhan yang demikian bisa dibilang Maha Adil?
    Bicara tentang keadilan bagaimana dengan nasib bayi yang meninggal ketika dilahirkan, menurut ajaran kristen tentunya bayi tersebut mempunyai dosa awal dan karena belum mengenal Yesus, kemanakah bayi tersebut di alam akhirat?

    Komentar oleh Don | 9 Maret 2012 | Balas

    • Kunci dasar untuk memahaminya adalah “Peristiwa air bah pada zaman Nuh”!! Mengapa TUHAN YANG TERTINGGI itu harus memusnahkan semua Keturunan Adam, kecuali Nuh dan ketiga anaknya?

      Karena TUHAN PENGUASA SEMESTA ALAM (YHVH zevaoth) telah menyesal menjadikan manusia tetapi Nuh berkenan….untuk menyiapkan sekelompok sisa dari keturunan Adam untuk “Bumi yang baru dan Langit yang baru”., yaitu umat yang diikat dengan perjanjian yaitu perjanjian dengan Abraham + perjanjian dengan Ishak + perjanjian dengan Yakub dan keturunannya baik keturunan kandung maupun keturunan yang diangkat (dalam bibel kitab Roma 11, disebut “dicangkokkan”) . TUHAN yang hidup (HA YAH) penguasa semesta alam ini adalah Maha Pengasih tetapi juga Maha Adil yang mencintai Hukum.

      Orang-orang yang belum kenal Yesus akan diadili menurut perbuatannya (lihat kitab bibel Wahyu 20-21). Orang yang percaya Yesus akan mendapat kebangkitan pertama. Neraka adalah untuk para pemberontak dan pendurhaka yang tidak mengakui asalnya (Bapanya),

      Air bah adalah bukti kemaha-adilan TUHAN yang Hidup (HA YAH),.. Keselamatan Nuh adalah bukti ke Maha Kasih Nya. DIA lah yang memegang WEWENANG itu.

      Keselamatan Nuh adalah untuk menyiapkan Abraham, Ishak dan Yakub sebagai jalan perjanjian untuk memulihkan rencana TUHAN SEMESTA ALAM (YHVH) yang semula yang diharapkan TUHAN dari Adam dan keturunannya. Kesalahan Adam ini dibayar dengan tanggungan hukuman oleh Yesus yang bukan keturunan langsung Adam, karena TUHAN mencintai hukumNya sendiri. Semoga bermanfaat

      Komentar oleh jani | 17 April 2012 | Balas

  12. aku yakin Yesus mengajarkan umatnya untuk berdoa dan memohon hanya kepada Allah Tuhan semesta alam. Tapi pada sekitar awal abad ke 4, ketika kaisar Konstantin (Romawi) mulai menggunakan agama kristen sebagai mediasi untuk mempersatukan wilayah-wilayah jajahannya dengan merangkul pimpinan agama kristen katholik di Vatikan , maka pada saat itulah ajaran kristen mulai menyimpang, apalagi pada awal abad ke 7 , ketika islam muncul dengan kekuatan tentara yg berani menantang kekaisaran Persia dan Romawi ,… saat itulah timbul kekawatiran dikalangan penguasa Romawi dan pimpinan gereja di vatikan utk berusaha menghambat penyebaran agama islam di wilayah kekuasaannya. Jadi ini sudah menyangkut kekuasaan dari pimpinan kerajaan romawi kala itu dan juga meyangkut kepentingan jabatan dari pimpinan agama kristen , ….. Politik untuk kekuasaan sudah berbaur dengan kepentingan agama …..artinya ajaran agama kristen saat itu akan cenderung disesuaikan agar umatnya tidak berpindah ke agama yg dibawa oleh sang Nabi terakhir……..bahkan dalam beribadahpun cenderung di buat mudah dan hanya dengan menerima Yesus dalam hatinya maka akan masuk surga ,…………dibandingkan agama islam yg diwajibkan 5 kali sholat dalam sehari, itupun juga belum dijamin masuk surga……….
    Dalam agama kristen memang tidak dikenal dosa mempersekutukan Allah, bahkan sebenarnya mereka memang tidak pernah menyembah Allah, mereka hanya memuji, dan bernyanyi-nyanyi untuk Yesus dan cenderung menomorduakan ALLAH Tuhan Semesta Alam yg sudah disembah oleh para Nab-nabi sebelum munculnya Yesus kedunia ……mereka para pimpinan agama kristen katholik kala itu dengan rasa tidak bersalah menjabarkan konsep tritunggal , Allah dalam tiga pribadi (Bapa-putra-roh Kudus).
    Sedangkan dalam islam dikenal dosa syirik dan musryk….. yg merupakan dosa besar karena Allah itu adalah Tuhan yg membenci manusia yg mempersekutukannya dengan tuhan tuhan yg lain…..
    Maka… Berbahagialah orang yg terlahir sebagai umat islam , meskipun berat tapi sudah dalam agama yg sempurna …….tinggal menjalankannya saja….
    Bagi mereka yg terlahir sebagai umat kristen mereka akan meyakininya karena “dipilih” ….dan juga akan menjalaninya sampai ajal menjemput……..
    Itulah hebatnya pimpinan-pimpinan agama kristen pada abad ke 7 untuk mempertahankan dan memperbesar jumlah pengikut-pengikutnya sampai akhir jaman nanti…………

    Komentar oleh mas bud | 21 Maret 2012 | Balas

  13. hanya yg tertera di al-qur’an & pendapat para ulama’ yg saya percaya. trims!

    Komentar oleh bucek | 8 April 2012 | Balas

  14. Allah itu MAHA.., yang artinya ada atau tidak mahluk hidup bagi Dia tidak mengurangi ke Mahaesaannya. Dia Maha, jadi untuk apa Dia merendahkan DiriNya hanya untuk menitis/menjadi mahluk (manusia, binatang, pohon, batu, planet dll). Coba anda renungkan keyakinan apa yang Tuhan tidak merendahkan DiriNya, hanya ada SATU. Karena Maha, Indera kita tidak mungkin menjangkauNya, (contoh: mata kita takluk oleh matahari, bagaimana bisa kita melihat Allah sedangkan ciptaanNya saja tidak bisa). Indera kita terlalu banyak kelemahan. Renungkan, Hanya ada SATU kitab yang tidak akan berubah hingga akhir jaman, walaupun hanya SATU huruf. Hanya SATU kitab yang bisa memprediksi suatu kejadian setelahnya dan telah terbukti.

    Komentar oleh prass | 1 Mei 2012 | Balas

    • setuju!!!
      coba cari deh tentang adanya sungai air tawar di dalam laut , padahal keduanya sama2 air tapi g nyampur, sesuai dengan apa yang dituliskan oleh Qur’an ttg 2 air yng g bercampur. jaman dulu waktu orang g ada yg ngerti tapi g ada satupun yg “merevisi” ayat itu biar gampang dimengerti, dan pada zaman ini akhirnya apa yang dari dulu orang2 pikir sebagai kiasan saja merupakan sebuah fakta yang tak terbantahkan

      Komentar oleh kiddo | 20 November 2012 | Balas

  15. hanya yg tertera di al-qur’an, hadits & pendapat para ulama’ yg saya percaya. trims!

    Komentar oleh Tina | 29 Mei 2012 | Balas

  16. YANG PALING PENTING IBADAH KALIAN BENER, MAU ISLAM APA MAU KRISTEN TOH SEMUA AGAMA NGAJARIN KEBAIKAN…..

    CUMAN ORG2 KAFIR DAN PENGHUNI NERAKA MEREKA PARA TERORIS YG NGERUSAK NAMA ISLAM.

    KE 2 AGAMA ITU MASIH BANYAK TANDA TANYA NYA, TAPI ALANGKAH BAIK NYA KITA MENGIMANI AGAMA KITA MASING…

    ALQURAN, TAURAT DAN INJIL MEMPUNYAI KETERKAITAN SATU SAMA LAIN, YANG BISA NGE JAWAB PERSELISIHAN INI NANTI HARI KIAMAT BAKALAN BALIK LG, SANG PENJELAS.

    saya kmu dan kalian alangkah baiknya tidak berdebat tentang masalah kbeneran agama, toh blum ada yg “ketemu langsung sma Nabi ato Tuhan” buat nanyain perselisihan yg kalian debat kan.

    Buat yg punya Blog, saya minta dengan hormat agar di tu2p,saya rasa Allah tidak akan suka liat umatnya adu cekcok yg di sebabkan oleh anda membuat analisist tentang kbenaran agama yg anda sendiri tau nya dr buku ato dr org lain.

    kalo anda nanya nya langsung sama nabi ato sma maha pencipta berikut ada bukti nya SAYA BAKALAN PERCAYA dngan apa yg anda bahas.

    selama mreka berselisih selama itu pula dosa anda bertambah, bahkan sampai anda mati pun tabungan dosa anda bertambah.

    Syalom.
    wa’allaikum salam.

    maaf kalo ada salah kata, ato ada kata2 saya yg tidak mengenakan hati saudara.

    Rio.

    Komentar oleh Rio Herwindo | 30 September 2012 | Balas

  17. konsep ketuhanan dengan agama beda bung..
    agama bukan kepercayaan, tp konsep ketuhanan itulah yg KEPERCAYAAN..
    AGAMA lahir dari peradaban panjang, gak langsung jatoh dari langit gitu aja…

    udah jelas islam, nasrani, yahudi pernah ada diperdaban yang sama….mereka jg pernah berada dikonsep ketuhanan yg sama yaitu tauhid..sekarang segalanya berubah, kitabnya pun sudah tdk lagi menceritakan risalah tauhid…mereka telah merubah kitab2 Allah…artinya msh ada beberapa kebenaran dalam alkitab walaupun mereka telah menutupi sebagian dari kebenaran itu…

    mereka tdk bisa menutupi tempat, nama dan kejadian.. karna itu ada beberapa bagian ayat yg sesuai dg sejarah dan alquran…

    Komentar oleh sipemalu | 5 Oktober 2012 | Balas

  18. masalah perbedaan itu ga perlu di besar-besarkan atau di ungkit-ungkit kesalahannya, yang terpenting adalah kita tetap menyembah ALLAH dan melakukan yang benar dalam kehidupan kita sehari-hari dan tidak hidup didalam dosa,,,
    jangan lah mengingat kesalahan-kesalahan yang dimasa yang lalu, tetapi marilah melihat kedepan bagaimana kita harus bisa slalu hidup didalam kebenaran ALLAH.

    Komentar oleh Parsa Halomoan | 27 Februari 2013 | Balas

  19. biarin lah jika berselisih yg penting tak memakai kekerasan. Tuhan memberi akal untuk berfikir & hati untuk merenungi ciptaan-Nya.
    Toh Al-Qur’an sudah jauh2 hari menjelaskan jika bani israel (yahudi & nasrani) akan terus memusuhi & menghancurkan bani arab (orang islam) sampai kiamat.
    Asal mula critanya datang dari kesombongan bani israel. mreka menganggap bahwa bangsa mereka adalah ras tertinggi derajatnya didunia sebab para nabi & rosul hampir keseluruhan diangkat dari bani israel. ketika datang kabar telah lahir nabi & rosul terkhir, mereka sudah mengetahuinya. karena nabi terkhir itu terlahir dari bani arab yang merupakan musuh bebuyutan mereka. jadi mereka menentangnya. padahal ke2 bani tersebut merupakan saudara dari ishaq bin ibrahim & ismail bin ibrahim.
    coba bagi pengikut katolik untuk membaca kitab injil barnabe / barnabas tentang kisah yesus dan muridnya bangsa aria & kisah tentang kerasulan yesus & ketuhanan Allah & gulungan maut tentang ajaran tauhid yang hakiki dari yesus.
    slamat berbingung diri.

    Komentar oleh Joseph | 23 Maret 2013 | Balas

  20. Sebagai umat muslim sudah kewajibannya menyampaikan kebenaran,seperti tugas rasul bahwa tugas hanya menyampaikan Bahwa islam adalah agama yg sempurna,jalan menuju keselamatan dan alquran adalah kitab yg menyempurnakan kitab2 sebelumnya baik injil,taurat m zabur.masalah keyakinan silahkan dipikirkan berdasarkan hati akal fikiran.apakah anda2 sekalian dapat melihat,mendengar dan meyakini keagungan Allah SWT sebagai satu2nya Illah yg disembah.jangan sampai timbul penyesalan di akhir umur seperti trtulis pada Al-Quran. Bagi yg merasa tega2nya menyekutukan Allah SWT silahkan anda percayai n tetap menutup hati menerima kebenaran islam tapi bagi cukup “agamamu agamamu,agamaku agamaku”

    Komentar oleh wakidjo | 21 April 2013 | Balas

  21. saya seorang yang beragama dan menyakini bahwa sanya TUHAN itu satu.
    ppertanyaan na sekarang karna TUHAN itu satu manakah TUHAN yang sebenarnya …???
    bagi saya, Allah SWT adalah Tuhan seru sekalian alam.
    jadi jangan memperkeruh keadaan kalau tidak memiliki pengetahuan tentang hal itu.
    bukankah Yahudi, Nasrani dan Islam itu semua Agama yang berasal dari satu Tuhan..??
    permasalahannya sekarang kapan dan untuk apa Agama tersebut diturunkan..??
    Agama dari Tuhan tiada yang salah, namun yg perlu disadari kapan waktu yg menyatakan agama tersebut benar..??

    Komentar oleh Rye D Jak | 3 Mei 2013 | Balas

  22. Berkata isa: sesungguhnya aku ini hamba ALLAH, DIA memberiku Al-kitab dan DIA menjadikan aku seorang Nabi.(QS.maryam.30).
    Dan DIA menjadikan aku seorang yang berbakti dimana saja aku berada dan DIA memerintahkn kepadaku mendirikan Sholat dn menunaikan Zakat selama aku hidup.(QS.maryam.31).
    Dan berbakti pada ibuku,dan DIA tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.(QS.maryam.32).
    Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku. Pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal, dan pada hari q di bangkitkan kembali.(QS.maryam.33)
    Itulah Isa putra Maryam yang mengatakan perkataan yang benar yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenaranya.(QS.maryam.34).
    Tidak layak bagi ALLAH mempunyai anak, Maha Suci ALLAH, Apabila DIA telah menetapkan sesuatu, maka hanya berkata kepadanya:Jadilah,maka jadilah ia.(QS.maryam.35).

    Komentar oleh nuraini | 25 Juni 2013 | Balas

  23. Katakanlah:Hai orang-orang kafir.(QS.Al-kaafiruun.1),
    Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah.(QS.Al-kaafiruun.2),
    Dan kamu bukan penyembah ilah yang aku sembah.(QS.Al-kaafiruun.3),
    Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah.(QS.Al-kaafiruun.4),
    Dan kamu tidak pula menjadi penyembah ilah yang aku sembah.(QS.Al-kaafiruun.5),
    Untukmulah agamamu, dan untukkulah agamaku.(QS.AL-kaafiruun.6).

    Komentar oleh nuraini | 25 Juni 2013 | Balas

  24. saya setuju 100% buat uni nuraini…..sugeng ndalu

    Komentar oleh bambang susanto | 9 Oktober 2013 | Balas

  25. Ya Allah, hamba mohon petunjuk dan bimbingan pada jalan yang Engkau ridhoi…. aamien….

    Komentar oleh bulukis | 19 Oktober 2013 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: