Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Mukjizat HIJRAH, dari 1,500 menuju 1,57 Milyar

Ketika Rasulullah SAW hijrah ke kota Madinah, umat Islam diperkirakan sekitar 1.500 jiwa. Jumlah ini sangat sedikit, jika dibandingkan penduduk Madinah waktu itu, yang berjumlah sekitar 10.000 jiwa.

Tahukah anda, berapa jumlah Umat Muslim sekarang ?

Berdasarkan laporan berjudul “Mapping the Global Muslim Population“, yang dilakukan Pew Forum on Religion & Public Life, saat ini ada sekitar 1,57 miliar orang Muslim di dunia. Jumlah itu merupakan 23 persen dari total penduduk dunia yang mencapai 6,8 miliar.

Data ini tentu sangat menakjubkan, karena sebelumnya diperkiraan populasi Muslim global berkisar antara 1 milliar sampai 1.8 miliar, sebagaimana diungkapkan Pew Forum on Religion & Public Life,  setelah  mengalianalisa lebih dari 1.500 sumber, termasuk laporan sensus, penelitian demografis dan survei populasi umum (Sumber : sabili.co.id).

The Pew Forum on Religion and Public Life dalam laporannya, juga menyodorkan data tentang jumlah Muslim dunia melonjak hampir 100 persen dalam beberapa tahun ini. “Rata-rata di tiap negara bertambah dari semula 1 juta menjadi 1,8 juta penganut”.

Tim Pew Forum menghabiskan waktu hampir tiga tahun untuk menganalisis data terbaik yang tersedia dari 232 negara dan wilayah. Penelitian itu bermaksud untuk mendapat gambaran komprehensif terbaik tentang populasi Muslim dunia pada waktu tertentu. Mereka mengambil data yang mereka gabungkan dari sensus dan survei nasional dan memproyeksikannya berdasarkan pada apa yang mereka tahu tentang pertambahan penduduk di setiap negara.


Hasil Penelitian yang Mengagetkan

Indonesia disebut-sebut dalam laporan itu merupakan negara dengan populusi muslim terbesar di seluruh dunia , lebih kurang 203 juta atau 13 persen dari seluruh penduduk Muslim dunia. Sebanyak 60 persen jumlah Muslim dunia tinggal di kawasan Asia, bukan di Timur Tengah, tempat asal ajaran agama ini.

Eropa disebut sebagai negara yang pertumbuhan jumlah penduduk Muslimnya sangat cepat. Kini benua itu menjadi rumah bagi 38 juta Muslim, atau lima persen dari seluruh populasi. Jumlah penduduk Muslim di Jerman lebih kurang 4 juta orang, hampir sama dengan jumlah gabungan Muslim di Amerika Utara dan Selatan. Tahun 2050 jumlah penduduk muslim di Eropa kemungkinan mencapai 30 %.

Di Benua Amerika, sebanyak 4,6 juta Muslim tinggal di sana dan hampir separuh dari jumlah itu ada di Amerika Serikat. Sedang di Kanada jumlah Muslimnya mencapai 700 ribu jiwa, atau 2 persen dari seluruh populasi (Sumber : hizbut-tahrir.co.id).

The Pew Forum on Religion and Public Life juga menyodorkan data yang cukup mencengangkan. Misalnya saja, jumlah penduduk Muslim di German ternyata lebih banyak dari Lebanon, Muslim di Cina lebih banyak dari Suriah, dan Muslim di Russia lebih banyak dari gabungan jumlah Muslim di Yordania dan Libya.

Peneliti Pew sendiri kaget terhadap data yang mereka dapat. Brian Grim, peneliti senior di proyek Pew Forum, sangat terkejut dengan perkembangan jumlah Muslim ini—ia mengatakannya langsung kepada CNN. “Jumlahnya melebihi apa yang saya perkirakan,” ujarnya. “Ada negara yang kami perkirakan tak ada umat Muslimnya, ternyata jumlahnya sangat besar,” ujar Alan Cooperman, associate director Pew Forum, seraya menyebutkan India, Russia, dan China.

Menurut Cooperman, sementara orang berpikir bahwa populasi Muslim di Eropa lebih banyak imigran, itu hanya terjadi di Eropa bagian barat saja. “Sisanya di Russia, Albania, Kosovo, dan yang lainnya, adalah penduduk Asli. Lebih dari separuh Muslim di Eropa adalah penduduk asli.”Cooperman juga mengatakan terkejut mendapatkan populasi Muslim di Afrika bagian gurun Sahara. Ada 240 juta Muslim di sana—dan itu artinya 15% dari jumlah keseluruhan Muslim di dunia.

Tentu fenomena ini sangat menakjubkan. Padahal Islam saat ini telah mengalami banyak fitnahan dari berbagai segi kehidupan. Islam dengan segala cara telah diperburuk citranya sedemikian rupa oleh pihak-pihak yang anti Islam. Namun anehnya, Islam justru mengalami pertambahan yang luar biasa.

Setiap hari selalu saja bertambah orang yang menyatakan diri mengikuti ajaran Muhammad SAW dengan mengucapkan syahadat, mengakui keesaan Allah SWT dan membenarkan Muhammad SAW sebagai utusan Allah SWT, nabi terakhir untuk seluruh umat manusia (Kunjungi : Peristiwa Hijrah, Siyasah Rasul dalam mempersatukan umat dan mengapa keKHALIFAHan memudar ???).

Dengan adanya fakta jumlah umat Islam yang sangat besar, hendaknya tidak menjadikan kaum muslimin takabur. Kenyataan ini harus terus membuat umat Islam mawas diri dan terus memperbaiki dirinya. Dengan begitu, akan dihasilkan karya unggulan sebagai umat yang terbaik.

Sebagaimana FirmanNYA :
Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka dalah orang-orang fasik” (QS. Ali Imran (3) ayat 110).

Artikel Terkait
01. Khilafah bukan hal tabu
02. Sejarah Kelam, Perpecahan Umat Islam
03. Peristiwa Hijrah, Siyasah Rasul dalam mempersatukan Ummat

Tentang iklan-iklan ini

11 Februari 2011 - Posted by | islam, kanzunQALAM | , , , , , , , , ,

1 Komentar »

  1. Masya Allah…semoga ummat Muslim tidak hanya kwantitas melainkan berkwalitas. Pertambahan ummat Muslim menunjukkan ke Maha Esa Nya Allah. Yang benar tetap benar. Islam adalah agama yang benar, hanya ummatnya saja yang kurang benar. Wassalam

    Komentar oleh Parman | 10 Oktober 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: