Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Misteri Bukit Barisan dan Ajaran Monotheisme Nabi Ibrahim

Di daerah sekitar Pagar Alam, Sumatera Selatan, ditemukan sebuah arca menhir yang diperkirakan berasal dari masa 2.000 tahun Sebelum Masehi (SM). Uniknya arca tersebut terlihat seperti orang sedang duduk tahiyat, kebetulan arahnya juga ke kiblat.

Muncul berbagai spekulasi sejarah, tentang keberadaan arca yang mirip orang melakukan gerakan shalat ini.

Arca Sedang Shalat

Mungkinkah ini adalah bukti bahwa, dakwah Nabi Ibrahim dari masa ribuan tahun yang lalu, telah sampai ke Nusantara ?

Apakah ini, bisa dimaknai bahwa telah ada jalinan komunikasi antara Nusantara dengan Timur Tengah, ribuan tahun yang silam?

Benarkah salah satu istri Nabi Ibrahim, yang bernama Qatura/Keturah adalah keturunan Nusantara ?

Prasasti Talang Tuwo

Bangsa Pegunungan Bukit Barisan

Terlepas dari semua spekulasi di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa di sepanjang pegunungan bukit barisan (dari Gunung Dempo Pagar Alam, sampai ke utara sekitar daerah Gunung Merapi), ribuan tahun yang silam, telah di-diami oleh bangsa yang memiliki peradaban yang tinggi.

Bangsa Pegunungan Bukit Barisan ini dikenali sebagai Bangsa Gunung atau Bangsa Malayu. Bangsa Malayu inilah, konon merupakan asal bangsa daripada Qaturah (istri Nabi Ibrahim), kelak melalui anaknya Midian (Madian) bin Nabi Ibrahim, melahirkan Bangsa Media (Madyan).

Salah satu tokoh Bangsa Media (Madyan) yang terkenal adalah Nabi Syu’aib, yang merupakan salah satu dari 25 Nabi yang namanya terdapat di dalam Al Qur’an. Dan Nabi Syu’aib dikenal juga, sebagai mertua dari Nabi Musa (silahkan baca (Connection) Majapahit, Pallawa dan Nabi Ibrahim?).

Tambo Alam Minangkabau mencatat, sekelompok orang dari Tanah Basa, telah datang ke Gunung Merapi. Kelompok ini dipimpin oleh Daputa Hyang, yang  kemungkinan berasal dari Bangsa Media (Madyan), dimana sebelumnya telah mendiami Lembah Indus India.

Daputa Hyang bukanlah pemeluk Syiwabudhis seperti dugaan orang. Beliau kemungkinan menganut ajaran Braham (ajaran monotheime peninggalan Nabi Ibrahim, silahkan baca Asal Muasal Shalat disebut Sembahyang). Kelak dari keturunan Daputa Hyang ini, akan muncul Sri Jayanaga, pendiri kerajaan terbesar Bangsa Malayu, yang dikenal dengan nama Kerajaan Sriwijaya.

WaLlahu a’lamu bishshawab

Referensi :

1. Misteri Batu Megalitik Orang Shalat
2. Tambo Alam Minangkabau 

About these ads

21 Desember 2012 - Posted by | islam, kanzunQALAM, sejarah | , , , , , , ,

11 Komentar »

  1. Ada beberapa penemuan arkeologis, yang masih dianggap misterius, yang ditemukan di daerah Pagar Alam, Sumatera Selatan.

    Salah satunya, ditemukannya 3 jajaran batu yang telah berumur ribuan tahun. Hampir semua batu-batu ini adalah batuan Andesit dari gunung berapi. Setidaknya terdapat 54 batu ditemukan pada sepanjang lintasan sejauh 1 km, dengan lebar sekitar 50m.

    Prof. Dr. Moerdif Ba`as, dari Universitas Sriwijaya memperkirakan jumlah batu tersebut seharusnya 56 buah. Dan diperkirakan memiliki fungsi astronomis, untuk menunjukkan bahwa siklus gerhana matahari pada suatu tempat selama 56 tahun.

    Sumber :

    http://www.unsri.ac.id/?act=iptek_detil&id=27

    Komentar oleh kanzunQALAM | 22 Desember 2012 | Balas

  2. Di wilayah sekitar Gunung Dempo Pagar Alam, Sumatera Selatan, yang dikenal sebagai daerah Besemah, ditemukan berbagai benda arkeologi.

    Dari temuan-temuan arkeologis menunjukkan wilayah ini, ribuan tahun yang silam telah didiami manusia dari berbagai ras di dunia.

    Temuan-temuan itu, antara lain :

    1. Pada seni pahat Besemah muncul gejalah pengaruh budaya Eropa (yunani) seperti dalam pahatan (goresan)di situs mengelitik Tegurwangi Lame terdapat took-toko yang di gambarkan dengan tutup kepala yang berumbai-rumbai dan hiasan dalam bentuk bulatan-bulatan yang menyerupai perlengkapan pakaian serdadu Romawi.

    2. Pada acara –acara megalit Besemah di pulaupagung (Sekendal ),Tajungsiri, Muaradue gumay ulu ,dan lain- lain tertdapat pahatan yang menggambarkan pakaian ponco yang di gunakan oleh suku-suku bangsa di Amerika.Sementara pada bagian kaki ,ada pahatan–pahatan yang menggambarkan penutup kaki yang oleh R.P Soejono dikatakan kaos kaki

    3. Arca-arca megalitik di Besemah banyak yang digambarkan mengenakan pelengkap pakaian, seperti adanya pahatan nekara perunggu, belati atau pedang. Pahatan ini menggambarkan alat-alat kelengkapan hidup yang pada awalnya dimiliki oleh orang-orang yang tinggal di daerah Dong-son, Vietnam (Soejono, 1982-1983;Gildern, 1945).

    4. Adanya pengaruh luar khususnya dari segi bentuk tubuh (fisik) arca-arca megalitik, yang seolah-olah menggambarkan bentuk prototif orang Negro, dengan ciri-ciri hidung pesek dan bibir tebal. Dalam temuan terakhir di situs Kute-ghaye, ada arca yang dipahatkan berambut keriting yang digambarkan dengan bentuk melingkar.

    Sumber :

    http://www.pagaralam.go.id/v1/index.php/sekilas/hikayah-dan-sejarah/82-sejarah-besemah

    Selain itu, dalam legenda masyarakat Besemah diceritakan tentang keberadaan berbagai ras, yang pernah mendiami wilayah itu, yang diyakini sebagai leluhur mereka, yaitu :

    Jeme Kam-kam, jeme Nik dan jeme Nuk, jeme Ducung, jeme Aking,dan jeme Rebakau, jeme Sebakas ; jeme Rejang dan jeme Berige.

    Dengan ciri secara fisik :

    Jeme Nik dan jeme Nuk memiliki badan yang tinggi besar, hidung
    mancung, dan kulit putih kemerahan.

    Jeme Ducung perawakan tubuknya kecil, pendek tetapi memiliki kelincahan.

    Jeme Aking juga tinggi besar, kekar, kulitnya merah keputihan, dan memiliki pendirian yang keras.

    Jeme Rebakau berperawakan sedang.

    Jeme Sebakas postur tubuhnya seperti orang-orang Melayu sekarang.

    Demikian pula jeme Rejang dan jeme Berige tidak jauh beda dengan jeme Sebakas.

    Komentar oleh kanzunQALAM | 22 Desember 2012 | Balas

  3. Nabi Syu’aib, di dalam perjanjian lama di sebut sebagai Jethro, yang merupakan imam di Midian dan menjadi mertua Nabi Musa.

    Silsilahnya :
    Nabi Syu’aib (Jethro/Reuel/Shu-ayb/ יִתְרוֹ‎‎ / רְעוּאֵל/ شعيب ., Habiru-Jasher) bin Dadardo bin Dadirad bin Hudino din Abidiah bin Midian bin Nabi Ibrahim

    Komentar oleh kanzunQALAM | 23 Desember 2012 | Balas

  4. Ayo bro kupas abis monotheisme…

    Komentar oleh jualmovieanime | 25 Desember 2012 | Balas

  5. hmmm…akhirnya tambo alam minangkabau…ngentri,,,
    :D

    Komentar oleh Sharnuke Asril Syak | 31 Desember 2012 | Balas

  6. saya yakin bahwa muasal manusia adalah di nusantara….selama ini kita terbodohi oleh bangsa bangsa asal dari agama taurat..injil..al qur an…karna mereka memegang dan mengenali bahasa dlm kitab itu sendiri yg semua tempat n kejadian sebelum adanya taurat..injil..al qur an semuanya menjadi dekat dgn wilyah bangsa itu sendiri…padahal dunia begitu luas. karna mereka ingin hegomoni bangsanya smkin kuat..di mata dunia.karna itulah jangan mudah percaya dengan segala tipu muslihat dajjal…Islam ada sejak nabi adam dan nabi muhamad adalah penyempurna Islam karna islam adalah agama Tauhid jadi memeluk agama apapun bukan berarti mencintai budaya suatu bangsa hingga keselurahnya ,tapi bacalah dan hayati Kitab yg membuat kita yakin agar kita bisa aplikasikan dlm kehidupan sehari hari…jadi saudaraku janganlah kalian berbantah bantahan.semoga kita selalu dijauhi dari fitnah dajjal

    Komentar oleh aroklawe | 28 Maret 2013 | Balas

  7. Allah huakbar
    trus kan perjuangan mu

    Komentar oleh Devhi | 28 Maret 2013 | Balas

  8. Kapan mengungkap misteri besar dibawah ini?

    ADA SIMBOL DRAGON DI VATICAN (check http://images.google.com)
    ALTAR UTAMA VATICAN “BALDACHINO” BERBENTUK ULAR RAKSASA
    DI KAMUS LAWAS VATICAN ARTINYA HOLY SERPENT (VATIS CAIN)

    Menurut al-kitab, si ular tua serpent adalah iblis yang dilempar ke bumi!

    Komentar oleh Pawang Ular | 12 April 2013 | Balas

  9. Katanya untuk setiap kaum ada nabi yg mengajarkan monotheisme?

    Komentar oleh dika | 22 Mei 2013 | Balas

  10. @dika : benarlah saudara ku,,,tidaklah suatu kaum kecuali alloh kirim seorang utusan ke atas kaum itu….

    Komentar oleh hang diehie | 12 Oktober 2013 | Balas

  11. Nusantara menyibak mesteri klo gw bropini pendapat si gw rasa Nusantara kuhus,y indonesia memang bnr Negara mesteri dan bener pula Nusantara adalah Cikal bakal predaban dunia modern. Sprt bnyak yg di terangkan dlm alQuran. Al Quran sering menyebutkan dlm Firman Tuhan dan kujadikan gunung”, . “GUNUNG” coba tengok d negri Abrab mana ada Gunung paling ada pun sedikit smntara Gunung kbnyakan d Bumi Nusantara. Bisa saja nabi trlahir di persia tp yg nma,y sejarah siapa yg tahu ke murnian,y kita cuma bisa menduga… Menurut opini gw bisa jd para nabi” sprt sulaiman, ibrahim, nuh, isahak prnah mnjelajah hunian alam nusantara. Toh bani adam kan inti,y. Krn Adam lah yg mulai kehidupan dunia. Gw si optimis mng nusantara tu tanah surga dan para nabi tlah mnginjakan kaki,y d bumu kita ini. Di dlm alkuran sih slalu mnyibak tanah mekah doang tp coba tlisik kasus ratu balkis ni kan pradaban yg ilang. Saudi menang krn saudi mekah madina sering di singgung alquran scra jls dan bhs,y pun arab. Klo negri” lain sprt sulaiman dan balkis slalu teka teki.
    Jd ini pr umat sedunia negri ini ada,y dmn tp gw yakin negri yg penuh teka teki ini brda d bumi nusantara.

    Komentar oleh akhmad felani | 12 Januari 2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: