Keluarga Jusuf Kalla, Silsilah Sultan Hasanuddin Makassar dan Ratu Siti Malangkai ?

Seorang pujangga besar Melayu keturunan Bugis, yang bernama Raja Ali Haji, di dalam kitabnya “Tuhfat an Nafis“, menyatakan Leluhur Suku Bugis bermula dari seorang Ratu di daerah Luwuk yang bernama Ratu Siti Malangkai.

Melalui bukunya itu, Raja Ali Haji berpendapat Ratu Siti Malangkai, merupakan keturunan dari Nabi Sulaiman, melalui isterinya yang bernama Ratu Balqis (Sumber : Dari Ratu Balqis, sampai kepada Fatin Shidqia Lubis).

Makam Sayyid Jalaluddin, wafat tahun 1453M

Makam Syekh Jamaluddin, wafat tahun 1453M

Masuknya Islam di Sulawesi Selatan

Beberapa abad kemudian, anak keturunan Ratu Siti Malangkai, berkembang menjadi beberapa kerajaan di wilayah Sulawesi Selatan. Salah satu negeri yang cukup terkenal adalah Kerajaan Gowa Tallo.

Pada sekitar abad ke-15, Kerajaan Gowa Tallo, kedatangan seorang mubaligh bernama Syekh Jamaluddin Husain Akbar. Beliau datang untuk menyampaikan risalah Islam di kerajaan ini.

Dakwah yang dilakukan Syekh Jamaluddin, mendapat simpati dari penguasa Gowa ketika itu, bahkan salah seorang putri kerajaan Gowa Tallo menjadi istri Sang Mubaligh.

Kelak dari zuriat Syekh Jamaluddin ini, lahir seorang ulama terkemuka yang bernama Syekh Yusuf al-Makassari dan seorang pemimpin yang terkenal, bernama Sultan Hasanuddin (Sumber : Majelis Dakwah Walisongo dan Syekh Yusuf al-Makassari).

kalla1

Keluarga Yusuf Kalla

Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla (JK), lahir di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan), pada tanggal 15 Mei 1942. Ia adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat pada periode 2004 – 2009 dan Ketua Umum Partai Golongan Karya pada periode yang sama (Sumber : wikipedia).

Ayah JK, bernama Haji Kalla, beliau adalah Pendiri Kelompok Usaha Kalla Group, sementara ibunya bernama Athirah, yang berasal dari Keluarga Bangsawan Bugis Kerajaan Bone (Sumber : Mengenal Hadji Kalla).

Berdasarkan penyelusuran genealogy, Keluarga Bangsawan Bone berasal dari anak keturunan I Panusurang Daeng Manassa Tumenanga RI Campagana, yang berupakan saudara ipar dari Raja Gowa Tallo, Sultan Alauddin (Sumber : SANROBONE).

Berikut hubungan kekerabatan, Jusuf Kalla dengan Sultan Hasanuddin Makassar…

azmatbugis1
WaLlahu a’lamu bishshawab

Iklan

5 responses to “Keluarga Jusuf Kalla, Silsilah Sultan Hasanuddin Makassar dan Ratu Siti Malangkai ?

  1. Di situ ada sedikit kejanggalan, menurut sumber yang saya baca Tuminanga ri Paralakkena memerintah Gowa sekitar tahun 1460 dan I Tepukaraeng Daeng Parabbung Tuni Pasulu memerintah tahun 1590-1593. Jadi agak janggal kiranya kalau hubungan mereka ayah dan anak. Selain itu Sayyid Hasan Jumadil Kubra kelahiran tahun 1413, jika beliau menikah dengan putri I Tepukaraeng Daeng Parabbung Tuni Pasulu ada kemungkinan saat menikah usianya sudah lansia dan juga beliau wafat tahun 1591. Mohon bisa dijelaskan lebih dalam lagi. Terima Kasih.

  2. bukan kah nabi sulaiman tidak mempunyai keturunan..

  3. Kenapa nama2 seperti Kalla dan Tuminanga adalah sama seperti nama2 orang Toraja?

  4. Kalau mengeluarkan silsilah, alangkah bijaksananya dikonfirmasi terlebih dahulu, terutama pada kerajaan gowa, apakah silsilah ini benar atau tidak. Karena yg memegang silsilah adanya di kerajaan.

  5. Tolong dibenarkan struktur keluarga tersebut diatas..
    Nama saya Reskianah Yunus Murad, Keturunan asli Makassar dari galesong.. Ada yg tidak lengkap dari silsilah di atas..
    Bpk H. Muhammad Yusuf Kalla adalah keturunan langsung dari keluarga bangsawan yang di tunjuk oleh kerajaan bone pada saat itu.. Tolong di garis bawahi kata “BANGSAWAN”, bukan kerajaan. Ibu beliau yang seorang putri dari kerajaan Bone, menikah dengan keturunan bangsawan.
    Pada masa Kerajaan, ada peraturan Yg menyebutkan bahwa anak perempuan yang menikah dengan keturunan biasa/bangsawan, harus melepaskan predikatnya sebagai seorang putri kerajaan.
    Kesimpulannya adalah, Bpk H. Muhammad Yusuf kalla adalah keturunan bangsawan dari dulu, bukan lagi keturunan Raja.. Sekian

    Terima kasih

    Salam saya,
    Reskianah yunus murad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s