Silsilah Genetika Y-DNA : Nabi Muhammad, Nabi Ibrahim, Nabi Nuh, Nabi Idris dan Nabi Adam ?

Selama ini kita mengenal Nasab dan Silsilah Para Nabi, berdasarkan urutan nama keturunan dari Nabi Adam sampai Nabi Muhammad.

Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, beberapa pakar genetika mencoba menampilkannya dalam bentuk Peta Kode Y-DNA, sekaligus juga meninjau kembali masa kehidupan Nabi dan Rasul.

yDNA Nabi1
Keterangan :

1. Berdasar penyelusuran Y-chromosomal Adam (Y-MRCA), diperkirakan Adam “Manusia Modern”, hidup sekitar 237.000 – 581.000 tahun yang lalu.

2. Nabi Idris, yang merupakan leluhur Nabi Nuh dan diyakini sebagian pakar sebagai sosok Oziris (leluhur Mesir Kuno [Haplogroup E] dan Bangsa Punt [Haplogroup C]), diperkirakan berasal dari keluarga Haplogroup CT, sekitar 70.000-75.000 tahun yang lalu.

Haplogroup E, yang merupakan turunan Haplogroup DE (berasal dari percabangan Hablogroup CT), diperkirakan muncul sekitar 50.000-55.000 tahun yang lalu. Haplo E kemudian berkembang menjadi Haplo E-M2 (Haplogroup E1b1a), yang merupakan Y-DNA Penguasa Mesir Kuno, Ramesses III.

Haplogroup C, yang merupakan turunan Haplogroup CF (berasal dari percabangan Hablogroup CT), diperkirakan muncul sekitar 53.000 tahun yang lalu. Haplo C kemudian berkembang menjadi Haplo C1b2-M38, yang banyak terdapat di wilayah Asia Tenggara (Land of Punt).

3. Diperkirakan Keluarga Nuh berasal dari Haplogroup IJK, yang merupakan pangkal percabangan Haplogroup IJ dan Haplogroup K.

Haplogroup IJ kelak akan menurunkan bangsa Arab, Bani Israil dan Eropa, sementara Haplogroup K menurunkan bangsa Nusantara, China, Jepang dan Korea.

Dan dengan mengacu timeline terbentuknya Haplogroup IJK, diperoleh informasi masa kehidupan Nabi Nuh serta Peristiwa Bencana Nuh, kemungkinan terjadi pada sekitar 47.000-60.000 tahun yang lalu.

4. Ibnu Abbas menceritakan bahwa keturunan Sam bin Nuh menurunkan bangsa kulit putih, Yafith bin Nuh menurunkan bangsa berkulit coklat kemerahan atau kekuningan, sedangkan Ham bin Nuh menurunkan bangsa kulit hitam dan sebagian kecil berkulit putih (sumber : asal muasal Ras Manusia).

Perkiraan Family Tree Keluarga Nabi Nuh :

nuhfamily
Keturunan Ham bin Nuh di Afrika (Habsyah), kemungkinan dari Cush bin Ham kemudian melalui jalur keturunannya perempuan, yang memiliki Haplogroup M1 (MtDNA).

5. Ada juga pendapat yang memposisikan keluarga Nuh dalam Haplogroup CT, dimana Sam bin Nuh menurunkan Haplogroup F, Yafith bin Nuh menurunkan Haplogroup C, sedangkan Ham bin Nuh menurunkan Haplogroup DE (sumber : wikinoah.org).

Dengan berpedoman pendapat ini diperkirakan masa hidup Nabi Nuh dan Peristiwa Bencana Nuh, terjadi pada sekitar 70.000-75.000 tahun yang lalu.

(sumber : Menemukan Leluhur berdasarkan Y-DNA haplogroups, di Jawa, Sumatera dan Indonesia Timur ?, Bukti 21,5% Penduduk Dunia, adalah keturunan Sundaland (Nusantara) ?).

Referensi :
1. y-DNA famous people
2. anthrogenica.com
3. haplogroup J-M267

WaLlahu a’lamu bishshawab

Artikel Menarik :
1. [Misteri] Kesaksian selama 14 malam berada di Makam Rasulullah
2. Misteri Imam Mahdi, dalam Silsilah Genetika Y-DNA FGC10500+ ?
3. Inilah 3 Masjid yang berdiri kokoh, saat Tsunami melanda Aceh tahun 2004
4. [Penjelasan Logis] Misteri Kubah Makam Nabi Muhammad, yang berubah menjadi Kemerahan?

Iklan

One response to “Silsilah Genetika Y-DNA : Nabi Muhammad, Nabi Ibrahim, Nabi Nuh, Nabi Idris dan Nabi Adam ?

  1. wow, dengan kemajuan teknologi saya rasa suatu saat nanti kita bisa betul2 tahu kapan pertama kali Nabi Adam hadir di muka bumi.. mantapp (y)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s