[Misteri] Ahmad Syah Jalaluddin, antara Gubernur Kesultanan Delhi atau Sultan Nasarabad India ?

Sosok As-Sayyid Ahmad Syah Jalaluddin Azmatkhan sudah sangat dikenal di kalangan pemerhati genealogy Nusantara. Beliau merupakan leluhur walisongo, ayahanda dari Maulana  Husain Jamaluddin Akbar Jumadil Kubra.

Tokoh Ahmad Syah Jalaluddin masih menimbulkan perdebatan, apakah beliau Raja di Kerajaan Nasarabad India atau Gubernur di Kesultanan Delhi. Munculnya dua versi riwayat ini, melahirkan dua kronologis sejarah yang berbeda ketika berbicara tentang kerabat dan keturunannya.

Misteri Ahmad Syah Jalaluddin

Secara garis besar, terdapat dua versi tentang riwayat kehidupan Ahmad Syah Jalaluddin Azmatkhan, yaitu :

1. Ahmad Syah Jalaluddin, Raja di Kerajaan Nasarabad India

Dalam versi ini berpedoman kepada kronologis masa kehidupan dari leluhur Ahmad Syah Jalaluddin. Sebagaimana diketahui kakek Ahmad Syah Jalaluddin bernama As-Sayyid Abdul Malik Azmatkhan yang lahir di kota Qasam, sebuah kota di Hadhramaut, sekitar tahun 574 Hijriah (1179 Masehi).

Sementara ayahanda Ahmad Syah Jalaluddin bernama Amir Abdullah Azmatkhan, yang naik tahta menjadi Raja di Kerajaan Nasarabad India Lama, pada tahun 653 Hijriah (1255 Masehi).

Dari kronologis ayahanda dan kakeknya ini, Ahmad Syah Jalaluddin tercatat naik tahta pada tahun 696 Hijriyah (1297 Masehi) dan wafat pada 711 Hijriyah (1312 Masehi).

Mengikuti kronologis ini, putera Ahmad Syah Jalaluddin bernama Maulana  Husain Jamaluddin Akbar Jumadil Kubra, lahir tahun 1270 Masehi dan cucunya bernama Maulana Ibrahim Zainuddin Asmaraqandi lahir di tahun 1297 Masehi (sumber : madawis blog dan asal azmatkhan).

2. Ahmad Syah Jalaluddin, Gubernur Kesultanan Delhi

Dalam versi ini berpedoman kepada kronologis masa kehidupan dari keturunan Ahmad Syah Jalaluddin. Sebagaimana diketahui cicit Ahmad Syah Jalaluddin bernama Maulana Ishaq lahir sekitar tahun 1393 Masehi.

Mengikuti kronologis ini, cucu Ahmad Syah Jalaluddin, yang bernama Maulana Ibrahim Zainuddin Asmaraqandi dilahirkan pada tahun 1373 Masehi, sedangkan anak Ahmad Syah Jalaluddin bernama Maulana  Husain Jamaluddin Akbar Jumadil Kubra, lahir tahun 1333 Masehi.

Pada kronologis ini Ahmad Syah Jalaluddin merupakan Gubernur di Kesultanan Delhi, di masa pemerintahan Sultan Muhammad Taghlug (1325-1351) (sumber : kisah nusantara).

Perbandingan :

Dari kedua kronologis ini, terjadi perbedaan data yang sangat mencolok, sebagai terlihat dalam daftar kejadian berikut ini :

Dari data di atas diperoleh beberapa kesimpulan :

1. Terdapat perbedaan mencolok diantara kedua versi, sebagaiman terlihat dari tahun kelahiran Husain Jumadil Kubro dan Ibrahim Asmoro.

2. Dengan menggunakan patokan versi Raja Nasarabad, penyusunan kronologis akan kesulitan dalam menyesuaikan kejadian-kejadian di era Maulana Ishaq atau setelahnya. Sementara dengan patokan versi Gubernur Delhi, akan kesulitan mencari titik temu dengan era Abdullah Azmatkhan atau sebelumnya.

3. Pada data di atas, kemungkinan besar adanya beberapa generasi yang belum tercatat dalam Silsilah Kekerabatan Marga Azmatkhan. Diperkirakan kedua versi ini terdapat masa selisih sekitar 60-70 tahun atau ada 2-3 generasi yang misterius.

WaLlahu a’lamu bishshawab

Catatan Penambahan :

1. Versi Gubernur Delhi, secara time line bersesuaian dengan versi walisongo berasal dari samudra pasai. Dimana dalam versi Pasai, Syekh Husain Jumadil Kubro adalah anak dari Sultan Zainal Abidin (Sultan Pasai, 1349-1406) (sumber : [Misteri] Versi Walisongo dari Pasai, dan Silsilah Makhdum Perlak ?).

Artikel Sejarah Nusantara
1.  2. [Misteri] 5 Sosok Arya Damar, dalam Sejarah Melayu Palembang ?
3. Mengungkap Legenda Prabu Damarwulan, berdasarkan fakta Sejarah ?
4. [Misteri] Satrio Piningit, Simbolisasi Bukit Siguntang dan Zuriat Sunan Giri ?

Iklan

One response to “[Misteri] Ahmad Syah Jalaluddin, antara Gubernur Kesultanan Delhi atau Sultan Nasarabad India ?

  1. M Marwan Assayih

    Dipisah dulu 1.muhammad jamaluddin akbar raja sriwijaya islam 2…..jumadil kubro dijawa 3.husein jamaluddin kabir bertahta setelah ahmad jalaludin syah wafat lihat data diatas jab gubernur ahmad jalaluddin 1325=1351 yg husein bertahta umur 25 yg lahir 1326 di agra bertahta 1351 dg gelar husein+jamaluddin meninggalkan india th 1354 n tiba dikamboja=catatan hmh alhamid alhusaini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s