[Teori] asal muasal nama “Gajah Mada”, antara Gajah Mabuk atau Gajah Mahamada ?

Kontroversi tentang sosok Mahapatih Majapahit Gajah Mada seolah tidak pernah mereda. Baru-baru ini sebagian pihak memperdebatkan identitas Gajah Mada, apakah Gajah Mada itu Muslim atau bukan.

Pendekatan dalam meng-identifikasi seseorang sangat banyak caranya, salah satunya adalah melalui penafsiran makna dari nama sang tokoh. Seorang bernama Sunarto sangat mungkin berasal dari etnis jawa, dan yang bernama Umar, besar kemungkinan beragama Islam.

Makam Patih Gajah Mada di Prabumulih Sumatera Selatan

Pendekatan nama “Gajah Mada”

Apabila kita artikan, makna kata “Mada” dalam bahasa jawa berarti mabuk. Jadi secara literal, arti dari Gajah Mada adalah Gajah Mabuk. Penamaan seseorang sebagai Gajah Mabuk tentu sangat janggal dan aneh (sumber : phdi.or.id dan
liputan6.com).

Oleh karenanya sebagian pihak beranggapan nama “Gajah Mada” adalah kiasan, yang berarti seseorang yang pemberani, tahan mental, tidak mudah menyerah dan menerabas segala rintangan.

Namun pemaknaan “Gajah Mada” tidak hanya satu. Dalam versi yang lain, istilah Mada kemungkinan berasal dari kata “Mahamada atau Ahmada” , kata “Mahamada atau Ahmada”, merujuk kepada nama Nabi Muhammad, yaitu Ahmad dan Muhammad (sumber : Prophet Mohammed: Is He Really Predicted in the Bhavishya Purana?, hendrajailani blog dan hangno blog).

Sementara istilah “Gajah” merupakan penggambaran dari tahun kelahiran Nabi Muhammad, yaitu tahun Gajah. Dengan demikian arti dari nama “Gajah Mada” atau “Gajah Mahamada”, adalah personifikasi dari sosok Nabi Muhammad yang dilahirkan pada tahun Gajah.

WaLlahu a’lamu bishshawab

Artikel Sejarah Nusantara :
1.  
2. [Misteri] 5 Sosok Arya Damar, dalam Sejarah Melayu Palembang ?
3. Mengungkap Legenda Prabu Damarwulan, berdasarkan fakta Sejarah ?
4. [Misteri] Kolerasi Peristiwa Karbala dengan munculnya Kedatuan Sriwijaya di Palembang ?

Iklan

2 responses to “[Teori] asal muasal nama “Gajah Mada”, antara Gajah Mabuk atau Gajah Mahamada ?

  1. GAJAH MADA BERASAL DARI KETURUNAN PALEMBANG.
    Ada banyak teori asal gajah mada diantaranya
    1. dari jawa
    2. dari Bali
    3. dari Batak
    4. dari Riau
    5. dari Minang Kabaw
    6. dari Jambi
    7. dari Lampung barat
    8. dari Kalimantan
    9. dari Thailan
    10. dari Mongol
    11. dari India.
    12. dari habib Arab Hadra maut
    dari ke duabelas teori asal gajah mada itu tidak ada dari Palembang. atas dasar apa menyimpulkan gajah mada dari keturunan orang orang Palembang.
    jawabnya dari kedua belas tempat itu orang orang palembang banyak disitu dan bahkan menjadi raja raja di sebelas tempat itu. bisa saja gajah mada berasal dari salah satu raja raja dari ke 11 tempat itu dari hasil perkawinanya dengan para selir atau pengikut raja raja itu yang datang dari Palembang.
    1. Gajah mada dari jawa. orang orang palembang telah lama menjadi raja raja tanah jawa sejak dinasti selendra kerajaan mataram kuno , Medang, jenggala, kahuripan, kediri, Singo Sari, Majapahit semua raja rajanya berdarah Palembang.
    2. gajah mada dari bali. orang orang palembang dinasti selendra sudah sejak lama menguasai bali sejak dari jaman bslaputra dewa kemudian sri kesari warma dewa ssmpai kepada udayana dan erlangga adalah keturunan palembang. bisa saja gajah mada anak para raja bangsawan bali asal palembang itu dengan para selir
    3. dari Batak. orang orang palembang sudah lama menguasai tanah batak sejak jaman sriwijaya sudah menempatkan bangsawan sriwijaya yg jemudian menurunkan rajs raja batak.
    4. dari Riau. oran orang palembang banyak yang hijrah keriau pada jaman Sangsapurba. sebelum rombongan Sangsapurba dari palembang ke minang kabau terlebih dahulu keriau menjafi raja tiau dan beransk pinak di riau.
    5. dari Minang Kabaw. raja raja tanah minang kabaw itu semuanya dari Palemban. mulai dari indrapura gunung marapi darmas raya malsyu pura pagaruyung. mullai dari se li ma la pi, raja alim II, Sangsapurba/tribuwana raja mauli warma dewa, candra dewi/dara jingga, aditya warman
    6. dari Jambi. orang orang palembang sudah iama menetap dan menguasai jambi raja raja jambi adalah orang orang palembang. sejak penaklukan kerajaan melayu abad 7, kerajaan cenpi, imbangjaya keturunan raja bukit siguntang palembang adalah maharaja jambi.
    7. dari lampung barat. orang irang palembang banyak yang menuju lampung menguasai kerajaan tulang pohwang dan selapon. dan anak raja demang lebar daun palembang sanghiyang sakti nyata menjadi raja di lampung yskni ratu pesagi yang masih keturunan palembang juga.
    8. dari Kalimantan. orang palembang banyak yang kalimantan dan salah satu pangeran yang sulung Palembang menjadi raja di tanjung pura kalimantan yakni sang maniaka. yang menurunkan cakra dara bisa jadi gajah mada adalah anak dari selir sang maniaka.
    9.dari thailan. orang palembang juga sejak dari jaman koluthungga I dan srimat tray lokya raja mauli warma dewa sudah menguasai thailan.
    10. dari Mongol . orang orang palembang banyak yang kecina ikut mengiringi salah satu putri palembang ketika diperistri kaisar cina mongol.
    11. dari india. irang orang palembang juga sudah sejak lama belahar tinggal menetap di india bahjan salah satu pangeran pakembang menjadi menantu rajendra yang menurunkan koluthungga yang menguasai menjadi raja di India.
    12. dari kalangan habib. komunitas habib terbesar didunia setelah hadramaut adalah Palembang. palembang itu adalah hadramaut ke dua. hampir semua habib di nusantara ini mempunyai hubungan dengan palembang. dan semua kampung di negri Palembang leluhurnya ada dari kalangan habib.

  2. Yang Menarik Logat Orang-Orang Bali Sangat Mirip Logat Orang-Orang Aceh Atau Minang! 🙂 Tentang Hubungan Sriwijaya Dan Tapanuli,Ada Pendapat Yang Mengatakan Bahwa Di Masa Lampau Ada Sebuah Kaum Yang Terpecah Menjadi Dua Kaum,Mereka Ada Yang Memilih Melanjutkan Perjalanan Ke Utara (Sumatera),Yang Ke Utara Kemudian Yang Dikenal Sebagai Puak-Puak Tapanuli Atau Batak,Yang Menetap Di Selatan (Sumatera),Kemudian Dikenal Sebagai Puak-Puak Rejang,Lampung,Kerinci Dan Basemah,Komering. Perhatikan Kemiripan Peradaban Komering,Basemah Dan Lampung Dengan Tapanuli Atau Batak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s