Waspada Tsunami, Ditemukan Gunung Api Raksasa Bawah Laut Sumatera

Peristiwa terjadinya Tsunami secara tiba-tiba di Selat Sunda pada 22 Desember 2018, membuat sebagian masyarakat khawatir jika kejadian serupa bisa terjadi di tempat lain.

Sebagaimana dilansir bbc.com (23/12/2018), ahli vulkanologi Jess Phoenix menginformasikan bahwa ketika gunung berapi meletus, magma panas mendorong ke bawah tanah dan dapat menggusur atau menerobos batu yang lebih dingin. Menurutnya, ini bisa memicu tanah longsor.


Namun, karena sebagian Anak Krakatau berada di bawah air, Jess Phonix menambahkan bukan hanya menyebabkan tanah longsor, sebab jika tanah longsor bawah laut mendorong air saat bergerak hal ini kemudian dapat menyebabkan tsunami.

Peristiwa Tsunami diakibatkan peristiwa volcanogenic dari letusan pada gunung api yang berada di bawah permukaan laut, tentu mengkhawatirkan masyarakat yang berada di pesisir pulau sumatera.

Seperti diketahui, sekitar tahun 2009 diberitakan ditemukannya gunung api raksasa yang berada di bawah laut sumatera. Penemuan ini merupakan hasil dari tim yang terdiri dari gabungan para pakar geologi Indonesia, AS, dan Perancis.

Para ahli geologi ini berasal dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI), Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, CGGVeritas dan IPG (Institut de Physique du Globe) Paris (sumber: kompas.com).

Gunung api tersebut berdiameter 50 km dan berada di Palung Sunda di barat daya Sumatera, 330 km dari Bengkulu, di kedalaman 5,9 km dengan puncak berada di kedalaman 1.280 meter dari permukaan laut.

Meskipun gunung ini diketahui memiliki kaldera yang menandainya sebagai gunung api, para pakar mengaku belum mengetahui tingkat keaktifan gunung api bawah laut ini.

Seperti diberitakan okezone.com (17/9/2013), di lokasi tersebut BPPT telah melakukan pemetaan sebanyak 2 kali, yakni pada Oktober 2010, menggunakan peralatan multibeam 12Khz. Lalu, pada Desember 2010 dengan kekuatan multibeam 50Khz.

Berdasarkan gambar yang diperoleh, terlihat adanya 2 puncak gunung dengan diameter sekitar 40-50 kilometer. Di gunung bagian selatan, puncaknya berada di 1.300 meter dan di bagian utara, puncaknya berada di 1.400 meter di bawah permukaan laut.

Iklan

2 responses to “Waspada Tsunami, Ditemukan Gunung Api Raksasa Bawah Laut Sumatera

  1. itu kalau meletus serem juga ya kak

    • Agung Dwi Gunawan

      Bukan serem lagi, kiamat kali teh. Yg paling saya takut gitu, gunungnya anteng ratusan tahun ga ada tanda2 meletus, giliran energi dia sdh kuat, bleduuurrr. Anak krakatau aja efeknya kaya gini, apalagi kawahnya smp 50km. G kebayang dahsyat tsunami kaya apa. Perbaiki diri masing2, kembali kaffah dijalan Allah. Tunggu momen kiamat datang ini mah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s