Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Nabi Adam, dan misteri telapak kaki 200 juta tahun yang lalu ?

Di dekat kota Mpaluzi (Afrika Selatan) dihebohkan dengan penemuan telapak kaki manusia, yang berukuran panjang sekitar 4 feet (121,92 cm).

Kehebohan itu, semakin berlajut setelah mengetahui umur dari telapak kaki tersebut, yang diperkirakan telah berusia sekitar 200 juta tahun yang lalu.

Sumber : consciouslifenews.com

Era Mesozoikum

Berdasarkan ilmu geologi, masa 200 juta tahun yang lalu disebut era Mesozoikum (65 juta – 251 juta tahun yang lalu).

Era Mesozoikum ditandai dengan aktivitas tektonik, iklim, dan evolusi. Benua-benua secara perlahan mengalami pergeseran dari saling menyatu satu sama lain menjadi seperti keadaannya saat ini.

Pergeseran ini menimbulkan spesiasi dan berbagai perkembangan evolusi penting lainnya. Iklim hangat yang terjadi sepanjang periode juga memegang peranan penting bagi evolusi dan diversifikasi spesies hewan baru. Pada akhir zaman ini, dasar-dasar kehidupan modern terbentuk. Pada akhir era Mesozoikum, bumi mulai dihuni makhluk-makhluk mamalia.

Jejak kaki Nabi Adam ?

Muncul berbagai spekulasi atas penemuan jejak kaki di Afrika Selatan ini. Mungkinkah jejak tersebut adalah jejak Nabi Adam, yang disebut-sebut di dalam Al Qur’an sebagai manusia pertama.

Untuk menjawab itu, kita bisa memulai dengan mengetahui berapa sesungguhnya tinggi manusia, yang jejaknya di temukan di Afrika Selatan itu.

Berdasarkan penelitian, ukuran telapak kaki manusia, secara normal adalah 15% dari ukuran tingginya. Dengan berdasarkan penelitian ini, bisa kita ambil kesimpulan, tinggi manusia 200 juta tahun tersebut sekitar 812,8 cm atau 8,128 m.

Hasil ini memberi bukti, jejak kaki ini bukanlah jejak kaki manusia generasi Nabi Adam. Hal ini dikarenakan berdasarkan hadits, tinggi Nabi Adam lebih dari 8 meter.

Nabi Adam memiliki tinggi 60 Hasta” (Hadits Bukhari Vol.IV No.543)… Dimana 60 Hasta = 90 Kaki = 30 Meter.

tinggi adam2

Misteri Jejak Kaki

Misteri jejak kaki di Afrika Selatan ini, bisa memunculkan beberapa kemungkinan :

1. Jejak kaki tersebut, adalah jejak kaki Bangsa Nisnas, yang merupakan makhluk berakal sebelum era Nabi Adam di Bumi. Keberadaan makhluk ini dikarenakan bumi sendiri, masih belum siap ditinggali manusia.

2. Jejak kaki tersebut, adalah jejak kaki bani Adam. Muncul pertanyaan, bagaimana tinggi generasi Nabi Adam yang 30 meter, ketika di bumi berubah menjadi 8 meter ?

Yang mendukung teori ini, akan ber-dalil bahwa Tinggi Adam 30 meter itu, adalah ukuran tubuhnya ketika di Jannah. Sementara ketika diturunkan di bumi, struktur tubuhnya beradabtasi dengan keadaan asmosfir dan gravitasi bumi.

Dan ketika Bani Adam, hidup di Surga, maka tubuh manusia akan dimodifikasi ke bentuk awalnya, yaitu setinggi 60 hasta.

Sebagaimana hadits :

إِنَّ أَوَّلَ زُمْرَةٍ يَدْخُلُوْنَ الْجَنَّةَ عَلَى صُوْرَةِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ عَلَى أَشَدِّ كَوْكَبٍ دُرِّيٍّ فِي السَّمَاءِ إِضَاءَةً لاَ يَبُوْلُوْنَ وَلاَ يَتَغَوَّطُوْنَ وَلاَ يَتْفُلُوْنَ وَلاَ يَمْتَخِطُوْنَ … وَأَزْوَاجُهُمْ الْحُوْرُ الْعِيْنُ عَلَى خُلُقِ رَجُلٍ وَاحِدٍ عَلَى صُوْرَةِ أَبِيْهِمْ آدَمَ سِتُّوْنَ ذِرَاعًا فِي السَّمَاءِ

“Sesungguhnya rombongan pertama yang masuk surga seperti rembulan yang bersinar di malam purnama, kemudian rombongan berikutnya seperti bintang yang paling terang di langit, mereka tidak buang air kecil, tidak buang air besar, tidak membuang ludah, tidak beringus….istri-istri mereka adalah para bidadari, mereka semua dalam satu perangai, rupa mereka semua seperti rupa ayah mereka Nabi Adam, yang tingginya 60 hasta menjulang ke langit” (HR Al-Bukhari 3327)

3. Bagi yang meyakini, bumi lebih dari satu akan berpendapat, jejak kaki itu adalah Bani Adam, yaitu merupakan keturunan dari Adam yang berada di bumi yang lain.

Dan jarak antara Bani Adam itu, dengan Nabi Adam, sangat lama mungkin mencapai miliaran tahun. Jadi wajar jika kemudian, manusia yang menjadi penghuni bumi yang ada di tata surya kita ini, memiliki tubuh yang tidak terlalu tinggi.

Adapun dalil, yang mereka gunakan adalah pendapat dari Ibnu Abbas ra.

Di riwayatkan oleh Al Hakim di Mustadrok (3781) dan darinya Al Baihaqi di Asma was Shifat (831)

أخبرنا أحمد بن يعقوب الثقفي ، ثنا عبيد بن غنام النخعي ، أنبأ علي بن حكيم ، ثنا شريك ، عن عطاء بن السائب ، عن أبي الضحى ، عن ابن عباس رضي الله عنهما ، أنه قال : ﴿ الله الذي خلق سبع سماوات ومن الأرض مثلهن ﴾ قال : « سبع أرضين في كل أرض نبي كنبيكم وآدم كآدم ، ونوح كنوح ، وإبراهيم كإبراهيم ، وعيسى كعيسى » هذا حديث صحيح الإسناد ولم يخرجاه

Telah bercerita kepada kami Ahmad bin Ya’qub Atsaqofi, bercerita kepada kami ‘Ubaid bin Ghonaam An Nakho’i menceritakan kepada kami ‘Ali bin Hakiim, bercerita kepada kami Syariik, dari ‘Atho bin Saaib, dari Abi Dhuha, dari Ibnu Abbas bahwa dia berkata:

﴿اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَمِنَ الأرْضِ مِثْلَهُنَّ ﴾

﴾Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi.) beliau berkata: tujuh buah bumi, pada setiap bumi nabi seperti nabi kalian, dan Adam seperti Adam, Nuh seperti Nuh, Ibrohiim seperti Ibrohiim, ‘Isa seperti ‘Isa.

4. Ada juga pendapat yang mempercayai jejak kaki tersebut hanyalah rekayasa belaka, atau paling banter hanya jejak hewan purbakala yang mirip dengan telapak kaki manusia.

Kelompok ini lebih percaya kepada hasil penelitian ahli purbakala yang meng-indikasikan kemunculan manusia modern, terjadi pada sekitar 200.000 tahun yang lalu. Selain itu, pendapat para ahli purbakala ini, juga didukung dari hasil penyelusuran DNA, yang menyimpulkan ibu dari seluruh manusia yang ada sekarang, berasal dari masa sekitar 145.000 tahun yang silam.

Dalam masalah manusia raksasa, mereka meyakini hanyalah bentuk dari pengecualian belaka, dan menurut mereka dari masa 200.000 tahun yang silam, sampai sekarang, tinggi manusia tidaklah berubah secara signifikan, sebagaimana temuan ahli purbakala.

Berkenaan dengan hadits Rasulullah, tentang Nabi Adam yang memiliki tinggi 30 meter, menurut mereka adalah bentuk tubuh manusia nanti apabila di surga, jadi tidak ada kaitannya dengan kehidupan manusia di dunia fana.

WaLlahu a’lamu bishshawab

Bahan Bacaan :

1. REVISI Periode KENABIAN?
2. MISTERI ARKEOLOGIS, di tengah PUING reruntuhan TEORI EVOLUSI
3. Menyelusuri masa kehidupan NABI ADAM, berdasarkan Genetika, Arkeologi, Astronomi dan Geologi

About these ads

14 Februari 2013 - Posted by | islam, kanzunQALAM, sejarah | , , , , , ,

41 Komentar »

  1. sejarah memang membingungkan..
    banyak foto2 fosil manusia raksasa bertebaran di dunia maya,tapi banyak pula yang memvonisnya hoax..
    kalo memang hoax apakah hadits shohih muslim yg menyebut tingginya Nabi adam itu 30 Mtr juga palsu? ada yang berani membantah keshohihan hadits dari imam muslim??

    Komentar oleh jackdeniels | 20 Februari 2013 | Balas

    • Maha benar
      Allah dan rosul nya..
      Gk pakek ahli purba kala yg cuma nebak nebak aja…
      Pasangan suami istri aja bisa menghasil kan anak yg panjang nya tidak sma..
      Bahkan ad yg cebol btul gk ?
      Tidak ad jaminan ksamaan panjang antara adam dan anak cucunya..

      Komentar oleh djabeershany | 11 November 2013 | Balas

  2. izin copast artikel ini ya mas untuk tugas sekolah saya (di blog).

    Komentar oleh ahmad mushawwir | 25 Maret 2013 | Balas

  3. jaman dulu khan bumi msh bgus. blm ada pencemaran, shg org nya tinggi tinggi dan besar.

    Komentar oleh VENDRA | 15 April 2013 | Balas

  4. Wajarlah kalau manusia terdahulu fisiknya diciptakan setinggi itu, mengingat bumi pasti masih kosong dari populasi manusia. Nah kalau manusia modern seperti sekarang ini diciptakan oleh Allah SWT dalam wujud/fisik yg sama [60 hasta] apa yang akan terjadi dengan daratan bumi ini ? mengingat populasi manusia di zaman sekarang sudah mencapai miliaran orang. Sumpek banget dunk…

    Wallahu a’lamu bishshawab,…

    saya jauh lebih percaya kepada Allah SWT, Nabi/Rasul & Al-Quran.

    Komentar oleh Roy | 12 Mei 2013 | Balas

  5. Artikel bagus, ijin copas ya Mas di dkopas.blogspot.com, thx…

    Komentar oleh Ryan M. | 20 Mei 2013 | Balas

  6. Menurut beberapa keterangan yang pernah saya baca,tubuh dan umur manusia memang semakin mengerucut Nabi Adam mencapai 8 m s/d Nabi Muhammad sekitar 180 cm,umur Nabi Adam mencapai 1000 th s/d umur Nabi Muhammad 63th.
    Tp wajar juga sich jika dulu memang sangatlah besar dan umurnya juga panjang banget,kan manusia masih sedikit dan masa perkembangan

    Komentar oleh suyono | 26 Juni 2013 | Balas

  7. kalau tinggi adam 8 meter masih mungkin benar tapi kalau 30 Meter agk sulit dipercaya karena penurunan dari 30 meter sampai 1,8 meter membutuhkan waktu jutaan tahun tetapi adam di bumi sekitar 6000 tahun yang lalu.

    Komentar oleh batarasurya | 25 Juli 2013 | Balas

    • 6000 juta tahun yang lalu…

      Komentar oleh hersa bias | 30 Juli 2013 | Balas

    • Jarak masa penciptaan nabi Adam hingga nabi Isa adalah 4000 tahun .Nabi Isa lahir pada 1 BC.(Juga dikira AD 1, kerana tiada tahun 0) sehingga sekarang iaitu AD 2013.Jika dicampur 4000 dengan 2013 ia bersamaan 6013 tahun yang lalu.

      fayakuun is the 15th WORD in surah ali imran, ayat 59. إِنَّ مَثَلَ عِيسَىٰ عِندَ ٱللَّـهِ كَمَثَلِ ءَادَمَ ۖ خَلَقَهُۥ مِن تُرَابٍ ثُمَّ قَالَ لَهُۥ كُن فَيَكُونُ (٥٩
      0 0 2 2 0 1 0 2 1 1 4 0 0 1 1 (alif,laam,haa count under each word)

      READING FROM RIGHT TO LEFT: 110041120102200/7=15720160014600

      “إِنَّ مَثَلَ عِيسَىٰ “عِندَ ٱللَّـهِ كَمَثَلِ ءَادَمَ
      4 3 2 1 0

      A WORD REPRESENT a period. 1 period is equivalent to 1000 years

      SO THE PERIOD FROM ISA TO ADAM IS 4X1000=4000 YEARS

      CREATION OF ADAM WAS ON THE 15th DAY IN YEAR 4000 BC (154000/7=22000)

      Wallahu A’lam.

      Komentar oleh zabinaz dat | 23 November 2013 | Balas

  8. masuk akal jika tinggi nabi addam as 30 m,soalnya tu hewan hewan ternaknya aja tinginya puluhan meter jua kya dinosauruss,

    Komentar oleh imamen | 28 Juli 2013 | Balas

  9. knp tdk massbro,semua agama percaya klo cikal bakal manusia adl adam,kemudian hawa, apkh adam rambutnya kriting,campur lurus,kulit belang, sehingga dr itu tercipta berbagai macam model manusia, jd gk heran klo dulu tinggiinya 30 jadi 1;8,,,,,,mengeenai ahli geologi berpenddapat jutaan tahunn,jutaan tahun, emang sejuta tahun itu gk lama apa, anda bayanngkan pertumbuhan peduduk bumi selalu meningkat setiap tahun, meski ada perang,,,anda bayangkan jika manusia pertama hidup milyaran tahun lalu, sooo kita generasi ke satu milyar,paaa,gk terlalu seddikit,dgn populasi g ada 100,milyar knp tdk massbro,semua agama percaya klo cikal bakal manusia adl adam,kemudian hawa, apkh adam rambutnya kriting,campur lurus,kulit belang, sehingga dr itu tercipta berbagai macam model manusia, jd gk heran klo dulu tinggiinya 30 jadi 1;8,,,,,,mengeenai ahli geologi berpenddapat jutaan tahunn,jutaan tahun, emang sejuta tahun itu gk lama apa, anda bayanngkan pertumbuhan peduduk bumi selalu meningkat setiap tahun, meski ada perang,,,anda bayangkan jika manusia pertama hidup milyaran tahun lalu, sooo kita generasi ke satu milyar,paaa,gk terlalu seddikit,dgn populasi g ada 100,milyar knp tdk massbro,semua agama percaya klo cikal bakal manusia adl adam,kemudian hawa, apkh adam rambutnya kriting,campur lurus,kulit belang, sehingga dr itu tercipta berbagai macam model manusia, jd gk heran klo dulu tinggiinya 30 jadi 1;8,,,,,,mengeenai ahli geologi berpenddapat jutaan tahunn,jutaan tahun, emang sejuta tahun itu gk lama apa, anda bayanngkan pertumbuhan peduduk bumi selalu meningkat setiap tahun, meski ada perang,,,anda bayangkan jika manusia pertama hidup milyaran tahun lalu, sooo kita generasi ke satu milyar,paaa,gk terlalu seddikit,dgn populasi g ada 100,milyar knp tdk massbro,semua agama percaya klo cikal bakal manusia adl adam,kemudian hawa, apkh adam rambutnya kriting,campur lurus,kulit belang, sehingga dr itu tercipta berbagai macam model manusia, jd gk heran klo dulu tinggiinya 30 jadi 1;8,,,,,,mengeenai ahli geologi berpenddapat jutaan tahunn,jutaan tahun, emang sejuta tahun itu gk lama apa, anda bayanngkan pertumbuhan peduduk bumi selalu meningkat setiap tahun, meski ada perang,,,anda bayangkan jika manusia pertama hidup milyaran tahun lalu, sooo kita generasi ke satu milyar,paaa,gk terlalu seddikit,dgn populasi g ada 100,milyar jiwa

    Komentar oleh imamen | 28 Juli 2013 | Balas

  10. infonya sih nabi adam dari sorga sampai dunia tinggi nya tetep .. yg tinggi nya 30 meter itu bangsa lain yg barengan sama nabi adam #info sekedarnya

    Komentar oleh wiranta kusuma | 1 Agustus 2013 | Balas

  11. gak perlu ada komentar sebagai orang islam yakini saja sesuai hadist yang jelas,

    Komentar oleh andriansyah | 6 Agustus 2013 | Balas

  12. Info yang cukup menarik untuk dibaca…..

    Salam,
    bahasa-corner.com

    Komentar oleh bahasa-corner.com | 10 Agustus 2013 | Balas

  13. kenapa Allah beri nama Adam dan bukan nama lain?

    Komentar oleh Mohdar | 13 Agustus 2013 | Balas

  14. Sekedar instruksi berdasarkan pengetahuan saya, yaitu :
    7 Lapis langit dan bumi

    ini berarti merupakan 7 lapisan / tingkat
    bukan bilangan, kalau menurut perkataan 7 buah langit-bumi, masa’ iya Nabi Muhammad SAW ada banyak?
    sedangkan Nabi Muhammad SAW adalah Nabi yg mulia
    sedangkan Nabi terakhir hanya 1, Nabi Muhammad SAW. Kalau ada 7 Nabi Muhammad, berarti penutup para Nabi bukan 1orang dong?

    terima kasih :)

    Komentar oleh M. Adji Saputra | 20 Agustus 2013 | Balas

    • Atau apakah semua nabi 7, tapi khusus Muhammad SAW hanya satu? trus jika Isa 7 isa yang di bumi kita inikah kah yang membunuh Dajjal?

      Komentar oleh Anom Rinekso Pembawa Sapu | 1 Oktober 2013 | Balas

  15. wah ga kebayang segitu besarnya….

    Komentar oleh suryowidiyanto | 3 September 2013 | Balas

  16. Insa allah kalau umat islam prcaya . ajarn y pasti kita akan tau jawaban y d hari akhir d padang masar orang akn kumpul dari jaman adam sampy kiamat . . sabda nabi. yg artinya . dari jaman nabi sampy hri kiamat akn br putar 5 putaran sekarang tinggal 1 putarn lgi. pasti kita akn tau jawabn y manusia d selurh dunia bahkn bangsa hlus pun ada seprti jin iblis dan sebangsa y .

    Komentar oleh Jaenudin jadul | 11 September 2013 | Balas

  17. kalo 7 bumi, 7 langit, 7 nabi yg sama apakah di itu Muhammad saw jg 7? adakah penjelasan nya?

    Komentar oleh Anom Rinekso Pembawa Sapu | 1 Oktober 2013 | Balas

  18. kyak nya jejak kaki alien yg mendarat di bumi..

    Heeehee

    Komentar oleh Diaz Bagus shaputra | 2 Oktober 2013 | Balas

  19. kalimat alqur’an tu memakai bahasa yg maknanya tinggi coy..jd jgn sembarang nafsir.cuma manusia terpilih yg bsa membaca pesan2 ALLAH dlm qur’an.

    Komentar oleh ryan gondrong | 24 Oktober 2013 | Balas

  20. itu hanya telapak kaki bangsa brodela (bangsa raksasa) yang dulu pernah tinggal diplanet..dari mana saya mengetahuinya dari time travel yah time travel mau percaya atau tidak terserah anda

    Komentar oleh popi | 10 November 2013 | Balas

  21. Hoax atau asli ya?

    Komentar oleh Bambang Wahyu Widodo | 11 November 2013 | Balas

  22. SubhanAllah,Sampai menjulang ke Langit….

    Komentar oleh tuah afriadi faturrahman | 15 November 2013 | Balas

  23. Yakin bahwa manusia pertama adalah Nabi Adam adalah sesuai dgn keyakinan umat Islam dan penganut agama samawi. Kalau ada mhluk lain menjadi penghuni bumi ini sebelum nabi Adam itu juga sangat mungkin terjadi. mahluk itu bisa sejenis atau mirif manusia tapi bukan keturunan nabi Adam seperti kita sekarang ini. Kalau generasi nabi Adam sampai generasi Nabi Muhammad diperkirakan 6.000 tahun itu hanya sebuah perkiraan saja. Al-quran tdk dgn jelas memberitakan hal itu. Hanya ada sedikit petunjuk bahwa umur nabi Nuh adalah 1000 kurang 50 thn atau 950 thn. Logikanya kalau dibuat rata2 usia umat Nabi Nuh adalah 1.000 thn kemudian di era Nabi Nuh ada 10 generasi. Maka di era Nabi Nuh saja sdh memerlukan waktu selama 10.000 tahun.

    Emang ada para Nabi yang hidup se zaman tapi lebih banyak yg hidup tidak se zaman. Jika diantara 25 nabi itu ada 15 nabi saja yg hidup tdk se zaman kemudian diantara mereka jaraknya 10 ribu tahun maka dari Nabi adam ke Nabi Muhammad bisa berjarak 10.000 x 15 = 150.000 tahun bukan 6.000 tahun.

    Kalau saja jarak antara nabi yang satu ke Nabi yang lain rata2 ada 100 generasi dgn usia rata 1.000 tahun dgn 15 org Nabi saja maka jarak anatara nabi Adam ke Nabi Muhammad ketemu angka 100.000 x 15 = 1.500.000 tahun. Wallhau ‘alam bishowab.

    Komentar oleh Teno hikmatiar | 19 November 2013 | Balas

  24. Saya hanya berfikir secara logika.

    Nabi Adam As memiliki tinggi badan yang sangat tinggi. Itu makanya Nabi Adam bisa bertemu kembali dengan Siti Hawa di bumi Allah yang luas ini. Dengan tinggi 15x dari rata2 tinggi manusia saat ini Nabi Adam mampu melihat jauh 15x lebih jauh dari pada kita. Kalau kita berdiri di puncak gunung gede di Bogor kita bisa melihat puncak gunung ciremai di Cirebon. Maka jika Nabi Adam berdiri di puncak gunung gede itu berarti beliau bisa melihat puncak gunung Agung di Bali, puncak gunung Kinabalu di Malaysia Timur dan Gunung Sinabung di Sumatra Utara. Jika Tinggi Nabi Adam hanya setinggi manusia saat ini maka betapa sulit dan kecilnya kemungkinan Nabi Adam dan Siti Hawa bertemu.

    Jarak Nabi Adam ke Nabi Isa juga bukan 6000 tahun tapi lebih dari itu mungkin ratusan ribu. Manusia saat ini memiliki etnis bermacam rupa ada bangsa Africa, Eropa, China, Arab, Melayu, Melanesia. Ada yang berkulit kuning, merah, hitam, berambut lurus keriting, mata besar, sipit, dll. Kesemuanya itu berasal dari 1 nenek moyang yang sama yaitu Nabi Adam dan Hawa, tentu membutuhkan waktu yang tidak singkat sehingga terbentuk bermacam-macam etnis seperti itu. Nabi Muhammad Saw adalah orang Arab, penggambaran orang Arab di Zaman rasullullah dengan orang Arab modern saat ini masih sama padahal jarak dari Nabi Muhammad ke saat ini kurang lebih 1300 tahun. Jadi kalau jarak baru 6000 tahun saya rasa belum ada perubahan significan terhadap perubahan fisik manusia termasuk dalam hal tinggi badan. Mumi raja Fir’aun yg hidup 5000 tahun lalu saja tingginya masih sama dengan manusia saat ini.

    Saya juga percaya bahwa situs purbakala Stonehenge dibangun oleh manusia yg hidup di zaman ketika saat itu manusia masih memiliki postur badan yang tinggi

    Wallhau ‘alam bishowab

    Komentar oleh dhani | 9 Desember 2013 | Balas

    • Kalau manusia pada saat itu tinggi ya tentu diimbangi dengan ukuran sumber makanan yg seimbang. sudah tentu pada saat itu tanaman dan tumbuhan juga berukuran besar. open your mind bro..

      Komentar oleh dhani | 17 Juni 2014 | Balas

  25. bangsa nisnas sebelum era nabi adam,
    bingung ane gan
    manusia pertama bukannye nabi adam, ape kite yg salah baca?????

    Komentar oleh Ary Tjhoa | 11 Desember 2013 | Balas

    • yoi ente yg salah baca gan, ente terjebak dengan kata “bangsa” sehingga ente langsung mengasumsikan bahwa bangsa nisnas itu adalah manusia, padahal yg dimaksud dalam tulisan ini bangsa nisnas adalah mahluk berakal (bukan manusia) sebelum zaman nabi adam

      Komentar oleh dhani | 16 Desember 2013 | Balas

  26. wahhh tambah lagi ane gan pengetahuan tentang tapak kaki yag berumur udah 200 juta tahun yang lalu, :D

    Komentar oleh Istanamurah | 5 Maret 2014 | Balas

  27. Reblogged this on sainsfilteknologi and commented:
    Nabi Adam ???

    Komentar oleh sainsfilteknologi | 5 Maret 2014 | Balas

  28. Saya bingung manusia pertama adam kita cucu buyut nya gak sebesar, itu napa mereka sebesar itu ya gan
    ??????

    Komentar oleh Castal Diagonal | 6 Maret 2014 | Balas

    • itulah yg dinamakan evolusi bro, apakah anda tidak percaya bahwa mahluk hidup itu berevolusi? kan sudah banyak bukti2 temuannya mengenai kebenaran teori evolusi ini. Mohon dimaknai lebih cerdas yg dimaksud dengan evolusi ini, jgn langsung mengidentikkan teori evolusi itu dengan teori Darwin bahwa manusia berasal dari kera

      Komentar oleh dhani | 7 Maret 2014 | Balas

      • pendek semua akal kalian. tuhan memberikan kita akal untuk berpikir bagai mana caranya hidup lebih lama bukan hidup di masalalu gimana tdk pusing kalian aja lahir dijaman skarang wajarkan klo kalian pasti gak ada yg tau gimana masa lalu itu sebelum kalian. klo pengen tau tanya ama tuhan langsung

        Komentar oleh wahyu | 15 Maret 2014

  29. Mungkin saja itu jejak kaki manusia purba…….bukan kakinya adam,
    Yang pasti sejarah perlu dibuktikan kebenaranya, untuk menambah keyakinan kita lagi.

    Komentar oleh Yusi | 23 Mei 2014 | Balas

  30. dari informasi yang saya dapat batuan di foto tsb merupakan batuan granit, yaitu batuan beku yang ga mungkin ada fosilnya/jejak makhluk hidupnya. Menurut saya jejak dibatu itu hanya sisa pelapukan alami, dan besar kemungkinan terbentuk demikian di alam. Batuan ini terbentuk di dalam gunung api dekat dengan dapur magma dan tidak mungkin ketika tebentuk terinjak oleh kaki manusia

    Komentar oleh yudha | 25 Mei 2014 | Balas

  31. mungkin bisa jadi dinosaurus itu hewan ternak kali ya? kalau dibandingkan dengan tinggi manusia dulu. pada cerita qabil dan habil klu gak salah ada persembahan hewan ternak, gak mungkin juga rasanya masa kambing/domba.. bisa jadi dinosaurus. wallahualam.

    Komentar oleh August | 13 Juli 2014 | Balas

  32. tambah bingung

    Komentar oleh rahma | 19 Juli 2014 | Balas

    • tidak perlu di perdebatkan,
      hanya ALLAH dan Rasul-Nya yang Mengetahui………..

      Komentar oleh Semmy Martin | 23 Juli 2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: