Belajar Hidup Sehat dan Panjang Umur dari Budaya Masyarakat Jepang

Pada saat ini, Jepang dikenal sebagai salah satu negara tersehat di dunia. Penduduk negara ini memiliki tingkat harapan hidup yang tinggi.

Salah satu rahasia hidup sehat masyarakat Jepang, ternyata berakar dari upaya pencegahan penyakit yang dikenal dengan istilah Mibyou Control.

sumber: erdekesvilag.hu

Menurut Dr Yoshihisa Asano PhD DPH, seorang peneliti medis sekaligus ahli biokimia, Mibyou Control bersumber dari sebuah buku kedokteran Cina di masa lampau bernama Honzoukoumoku. Buku kesehatan ini diselesaikan pada sekitar periode tahun 1545-1590.

Inti dari buku ini mengajarkan bahwa fokus terbaik dalam layanan kesehatan adalah dengan melakukan pencegahan (Mibyou Control) bukan pengobatan.

Lebih jauh, Asano mengungkapkan ada empat upaya Mibyou Control yang bisa diadopsi oleh siapapun demi menjaga kesehatan. Sebagaimana dilansir republika.co.id (8/8/2017), keempat upaya itu adalah :

Upaya pertama adalah pencegahan obesitas. Upaya ini dinilai sangat penting bagi kesehatan karena kondisi ini memiliki kaitan yang erat dengan beragam risiko penyakit.

Upaya kedua adalah mengontrol tekanan darah. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengontrol tekanan darah diantaranya dengan berhenti merokok dan mengurangi asupan garam.

Upaya ketiga adalah mengontrol kolesterol jahat dalam tubuh. Salah satu cara yang dianjurkan adalah dengan mengurangi konsumsi lemak.

Upaya keempat adalah olahraga. Asano menerangkan jalan kaki cukup membantu dalam menjaga kesehatan serta mencegah penyakit. Upaya ini harus juga diiringi dengan minum air putih yang lebih banyak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s