Menyelusuri masa kehidupan NABI ADAM, berdasarkan Genetika, Arkeologi, Astronomi dan Geologi

Berdasar penyelusuran Genetika, diketahui Y-chromosomal Adam (Y-MRCA), diperkirakan Adam “Manusia Modern”, hidup di bumi pada sekitar 237,000 sampai 581,000 tahun yang lalu.

Fakta ilmiah ini didukung, atas penemuan fosil manusia modern, di Sungai Omo Ethiopia yang berusia sekitar 195.000 tahun. Serta hasil penyelusuran Mitochondrial Eve, yang diperoleh hasil telah ada di bumi pada sekitar 200.000 tahun yang lalu.

Dalam ilmu geologi, masa 237,000 sampai 581,000 tahun yang lalu, di sebut sebagai Era Middle Pleistocene (126.000 sampai dengan 781.000 tahun yang lalu).

middle

Beberapa Bantahan

1. Penyelusuran Genetika, baik Y-chromosomal Adam (Y-MRCA), maupun Mitochondrial Eve, berdasarkan sampel manusia modern, yang hidup saat ini.

Sementara berdasarkan catatan sejarah, sangat banyak bangsa-bangsa yang pernah hidup di bumi, mengalami kepunahan.

Untuk salah satu contoh, saat terjadi Letusan Gunung Toba, manusia hampir diambang kepunahan.Dengan demikian, manusia yang ada sekarang, adalah keturunan dari segelintir manusia yang dahulu selamat dari bencana Letusan Gunung Toba.

Gunung Toba meletus diperkirakan terjadi pada 74.000 tahun yang lalu. Ada yang menduga letusan ini 20.000 kali lebih dahsyat dari Bom Atom yang meledak di Hiroshima dan Nagasaki. Letusan Gunung Toba ini, menjadi letusan yang paling membunuh sepanjang masa, sehingga hanya menyisakan sekitar 30.000 orang yang selamat.

Hal ini memberi kita alasan, masa peradaban manusia, tentu akan jauh lebih lama, seandainya penyelusuran Genetika, juga memperhitungkan bangsa-bangsa yang telah punah.

2. Ditemukan benda-benda arkeologi, peninggalan umat manusia yang telah berumur jutaan tahun.

Peninggalan Arkeologi itu, antara lain :

Jembatan Penyebrangan (Rama Bridge) yang dibikin pasukan kera, untuk Sri Rama, menyeberang ke Alengka, setelah di tes dengan kadar isotop sudah berumur 1.700.000 tahun.

– Penelitian oleh Richard Leicky, di tahun 1972, terhadap sedimen Pleistocene di daerah Old Govie Jourg (Kenya), yang memperoleh kesimpulan telah ada peradaban umat manusia pada sekitar 1,7 juta tahun yang lalu (Sumber : Para Penghuni Bumi, sebelum Kita, hal.17-18, tulisan Muhammad Isa Dawud).

sedimen

Perkiraan masa hidup Nabi Adam

Ada yang memperkirakan, masa kehidupan Nabi Adam telah berumur milyaran tahun. Namun pendapat ini, tentu harus diselaraskan dengan keadaan bumi, berdasarkan penelitian para ilmuwan.

1. Menurut Ilmu Astronomi, Bumi mulai terbentuk sekitar 4,5 milyar tahun yang lalu. Dan Bumi berdasarkan pendapat para ilmuan, baru layak ditinggali makhluk hidup “mamalia” pada sekitar 70 juta tahun yang lalu. Dimana pada masa itu, oksigen yang sangat dibutuhkan makhluk hidup, sudah sangat bersahabat.

2. Berdasarkan informasi dari Al Qur’an, dimasa Nabi Adam telah ada teknologi pertanian dan peternakan. Hal tersebut tergambar melalui korban, dari anak-anak Nabi Adam yang bersengketa, yaitu berupa hasil-hasil pertanian dan peternakan.

Dan salah satu bentuk korban yang dipersembahkan adalah hewan mamalia jenis Qibas (Kambing), jadi bukan binatang purba seperti “dinosaurus” atau lainnya.

Berdasarkan temuan Fosil di wilayah Nevshir, hewan Kambing telah ada di bumi pada sekitar 8 juta-10 juta tahun yang lalu (Sumber : Harun Yahya)

3. Adanya pertanian dan peternakan di masa Nabi Adam, menunjukkan pada masa itu, disekitar padang arafah, yang merupakan tempat tinggal pertama umat manusia, merupakan wilayah yang subur.

Berdasarkan pendapat Profesor Alfred Kroner (seorang ahli ilmu bumi (geologi) terkemuka dunia, dari Department Ilmu Bumi Institut Geosciences, Johannes Gutenburg University, Mainz, Germany), ia menyatakan dataran Arab pernah menjadi daerah yang subur, di masa belahan bumi lain, mengalami Era Salju (Snow Age).

qibas11

Dengan mengacu kepada dalil-dalil diatas, diperkirakan Nabi Adam hidup di bumi dengan rentang waktu antara 1,7 juta sampai 10 juta tahun yang lalu.

Nabi Adam hidup di sekitar Padang Arafah, yakni di masa Era Salju (Snow Age), yang berdasarkan Penelitian Geologi, terjadi pada sekitar 2,6 juta tahun yang lalu.

Apakah di masa 2,6 juta tahun yang lalu, adalah masa kehidupan Nabi Adam dan keluarganya ?

WaLlahu a’lamu bishshawab

Catatan :

1. Masa kehidupan Nabi Adam mungkin bisa lebih lampau lagi. Hal ini terkait dengan ditemukannya “kawasan Al Gharbia” yang berada di Uni Emirat Arab, yang dipekirakan pada masa 8 juta tahun yang lalu, merupakan daerah yang subur.

2. Di temukannya jejak kaki, yang diduga jejak kaki manusia, yang telah berumur sekitar 3,6 juta tahun, di Laetoli, Tanzania.

Sumber :
1. nationalgeographic
2. Mitochondrial Eve
3. Y Chromosomal Adam
4. Middle Pleistocene
5. thenational.ae
6. Gunung Toba
7. Ice Age

57 responses to “Menyelusuri masa kehidupan NABI ADAM, berdasarkan Genetika, Arkeologi, Astronomi dan Geologi

  1. Kemungkinan lebih lama dari itu…
    Mungkin dalam <5juta tahun yang lalu, wallahualam

  2. pengamat purba

    Perkiraan Timeline Alam Semesta :
    sumber : http://www.facebook.com/groups/islamicufo/doc/521691607892306/
    (Dokumen Grup Islamic UFO. Irfan Rasyid)

    20.000.000.000 – 15.000.000.000 : Peristiwa Bigbang
    14.500.000.000 : Bintang pertama terbentuk
    13.500.000.000 : Bintang pertama terbentuk di Bakal Galaksi Milkyway
    13.300.000.000 : Galaksi pertama terbentuk
    12.800.000.000 : Tata Surya Pertama terbentuk
    10 Milyar ————————————————-
    10.000.000.000 : Galaksi Bimasakti / Milkyway terbentuk sempurna
    5.000.000.000 : Sistem Tata Surya kita terbentuk
    5.4 Milyar ————————————————-
    4.600.000.000 : Bumi terbentuk
    4.000.000.000 : Bulan terbentuk
    4.000.000.000 : Kehidupan di Mars
    3.800.000.000 : Bumi mengeras
    1.1 Milyar ————————————————-
    3.500.000.000 : Makhluk organisme sederhana muncul
    3.200.000.000 : Bulan mulai terlihat
    3.000.000.000 : Proses fotosintesis pertama alga
    2.400.000.000 : Oksigen mulai bertambah
    1,5 Milyar ————————————————-
    2.000.000.000 : Terjadinya fisi nuklir alamiah di Gabon (tambang Oklo sekarang)
    1.500.000.000 : Organisme sel Eukariotik pertama berkembang
    590.000.000 : Periode Kambrium (munculnya cabang-cabang spesies makhluk hidup)
    570.000.000 : Fosil organisme Ediakaran terbentuk
    490.000.000 : Perkembangan hewan ikan, hewan vertebrata pertama terbentuk
    1,55 Milyar ————————————————-
    450.000.000 : Terjadi kepunahan masal oleh bencana alam – 440.000.000
    430.000.000 : Waxy coated algae begin to live on land
    415.000.000 : Millipedes have evolved–first land animals
    400.000.000 : Seedless vascular plants evolved
    375.000.000 : Appearance of primitive sharks
    375.000.000 : Kepunahan masal oleh bencana alam – 360.000.000
    360.000.000 : Seed bearing gymnosperm plants evolved
    340.000.000 : Primitive insects have evolved
    150 Juta ————————————————-
    300.000.000 : Perkembangan Reptil
    298.000.000 : Asteroid 10-20 km jatuh di timur laut Australia Selatan
    280.000.000 : Semua benua bergabung bersama dalam satu daratan (Pangaea Continent)
    251.000.000 : Gelembung metana raksasa bawah laut menyebabkan ledakan besar, meracuni atmosfer dan memusnahkan lebih dari 96 persen dari semua kehidupan di Bumi
    230.000.000 : Roaches and termites have evolved
    360.000.000 : Break-up of Pangaea begins
    213.000.000 : Bermulanya masa Dinosaurus
    100 Juta ————————————————-
    200.000.000 : Buaya primitif berkembang
    200.000.000 : Terjadi kepunahan masal oleh bencana alam
    136.000.000 : Kanguru primitif berkembang
    130.000.000 : Angiosperms — flowering plants
    110 Juta ————————————————-
    90.000.000 : Modern sharks have evolved
    65.000.000 : Komet jatuh di Chicxulub Mexico mengakhiri masa Dinosaurus
    60.000.000 : Rats, mice, and squirrels have evolved
    55.000.000 : Kembali terjadi bencana oleh Gelembung metana
    40 Juta ————————————————-
    50.000.000 : Primitive monkeys have evolved
    28.000.000 : Koalas have evolved
    25.000.000 : Brassica-Arabidopsis split
    30 Juta ————————————————-
    20.000.000 : The chimpanzee and hominid lines evolve
    15.000.000 : Kemunculan jenis tikus
    10 Juta ————————————————-
    10.000.000 : Gorilla-Human-Chimp split from Orangutans
    5 Juta ————————————————-
    5.000.000 : Human-Chimp split
    1 Juta ————————————————-
    4.000.000 : Development of hominid bipedalism
    1 Juta ————————————————-
    2.600.000: Zaman Es – 300.000
    2.600.000: Zaman Batu Tua (Paleolitikum)
    2.000.000 : Pemanfaatan batu pertama kali
    1 Juta ————————————————-
    1.010.000 : Pertama kali penggunaan api oleh manusia purba

  3. Terliunan thn alam ini ada,bru ada yg nmx manusia prtma…

  4. Adam turun kedunia sekitar 12 juta tahun yang lalu gan…..

    Buktinya aj jumlah nabi dan rasul sampai ratusan ribu orang kan???

  5. uraian yang menarik, komentar balik ya ke blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

  6. gan kupas dong tentang kisah ibu nabi ibrahim

  7. gan setau ane manusia pertama yang ada di bumi nabi adam, tapi ada beberapa penelitian tentang pertama kali orang menemukan api, alat berburu dan obat obatan apakah nabi adam telah mengetahiu itu semua .. hehe maaf banyak tanya tapi saya benar benar penasaran tentang peradaban nabi dan manusia purba yang mana yang lebih dulu ada di muka bumi ini trms 🙂

  8. Mengenai keadaan tanah Arab, yang pernah menjadi daerah yang subur, pernah di ungkapkan oleh Rasulullah 1400 tahun yang lalu…

    لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَعُودَ أَرْضُ الْعَرَبِ مُرُوجًا وَأَنْهَارًا.

    “Tidak akan tiba hari Kiamat hingga tanah Arab kembali hijau penuh dengan tumbuhan dan sungai-sungai.”

    Shahiih Muslim, kitab az-Zakaah, bab Kullu Nau’in minal Ma’ruuf Shadaqah (VII/97, Syarh an-Nawawi)

    Dan Isyarat Rasulullah itu, ternyata saat ini bisa dibuktikan secara ilmiah.

  9. merarik dan logis gan. wallahu alam

  10. mohon setiap pendapat , di sisipin dengan sumber yang akurat semoga benar2 menjadi blog khazanah ilmiah bagi pembaca yang budiman,,,,,,,,,,,,,,,,,,moga bermamfaat sll…..amin

  11. LAKSANAKAN AJA APA YG ADA DI AL QURAN . . . OK ? BANYAK MAKNA DARI AL QURAN KLO KITA BISA MENYADARI NYA . . . BANYAK ORANG PINTAR DI DUNIA INI TAPI SANGAT SEDIKIT ORANG YG SADAR !!!!!!!

  12. wallahua’lam bishawab

  13. Adam ( Ibrani: אָדָם ; Arab :
    ﺁﺩﻡ
    , berarti tanah, manusia , atau cokelat muda )
    (sekitar 5872-4942 SM) [1] adalah dipercaya oleh
    agama-agama Samawi sebagai manusia
    pertama, bersama dengan istrinya yang bernama
    Hawa. Menurut Agama Samawi pula, merekalah
    orang tua dari semua manusia yang ada di dunia.
    Rincian kisah mengenai Adam dan Hawa
    berbeda-beda antara agama Islam, Yahudi ,
    Kristen, maupun agama lain yang berkembang
    dari ketiga agama Abrahamik ini.

    (Sumber: wikipedia)

    Jadi Nabi adam turun ke bumi sekitar 8000 tahun lalu

    Adam diperkirakan bukanlah manusia pertama di bumi. ketika adam diturunkan ke bumi sudah ada manusia2 yg tinggal lebih dulu dan dikenal sebagai manusia yg selalu membuat kerusakan dan saling membunuh


    “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman
    kepada Malaikat; “Sesungguhnya Aku hendak
    menjadikan seorang khalifah di bumi”. Mereka
    bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan itu
    dengan berkata): “Adakah Engkau (Ya Tuhan
    kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yang
    akan membuat bencana dan menumpahkan
    darah (berbunuh-bunuhan), padahal Kami
    senantiasa bertasbih dengan memuji-Mu dan
    mensucikan-Mu?” Tuhan berfirman:
    “Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang
    kamu tidak mengetahuinya.” (Al-Baqarah 30)

    bagaimana para malaikat itu tau bahwa manusia akan merusak dan saling bunuh di bumi???
    Tentunya para malaikat sudah melihat kelakuan manusia sebelum adam yg perusak dan pembunuh itu. Adam ditrunkan ke bumi sbg manusia cerdas, berakhlak dan beradab yg berasal dari surga yg memilik peradaban super canggih.

    siapa saja bangsa2 keturunan adam?? dan bangsa mana yg bukan keturunan adam?
    para pembaca pasti bisa menebak bangsa mana saja yg superior di planet ini, dan bangsa mana saja yg cuma bisa ‘ngikut’ bangsa lain.

    Tetapi jangan bersedih jika anda merasa bukan keturunan adam, karena nabi muhammad diturunkan untuk seluruh manusia dan meyakinkan bahwa kaum terbaik adalah yang paling bertaqwa di sisi Allah

    • menurut saya yg dimaksud malaikat itu yg dikenal sekarang dengan manusia purba

      tentu saja kapasitas otaknya berbeda 🙂

    • Bener banget, memang dijelaskan makhluk sebelum Nabi Adam AS, dijelas kan di Al-Quran memang ada. Dan mreka dijelaskan sebagai makhluk Abu Jan,Jin,Banul Jan dan makhluk berdaging,berdarah,layaknya manusia (mungkin makhluk primitif)

      Semoga kita sharing bermanfaat.

  14. jembatan penyebarang diuji dengan kadar isotop
    bisa2 yang didapat malah umur batunya bukan saat dibuatnya

    ngomong2 saya sangat suka blognya 🙂

  15. Izin reblog, ya! Yg jelas, wallahu a’lam bishshawab.

  16. Reblogged this on adiakbar56 and commented:
    Inilah tulisan yg sy reblog

  17. Bagus sekali isi dari blog ini. Banyak hal yang menarik dan menakjubkan. Luar biasa. Hal-hal yang cukup misterius banyak diceritakan disini.

    Salam,
    bahasa-corner.com

  18. Berdasarkan Penyusutan Tinggi Tubuh Manusia, diperoleh data Masa Kehidupan Nabi Adam adalah sekitar 2.639.190 SM…

    Dengan Perincian Perhitungan, sebagai berikut :

    Perhitungan Oleh : Surjo Prabowo, di tahun 2010 M…
    [Link : https://www.facebook.com/groups/343170502375847/786249914734568/ ]

    Berikut DATA-DATA yg dijadikan rujukan penghitungan KAPAN NABI ADAM AS DITURUNKAN KE BUMI

    H.R. Bukhari dari Abu Hurairah,
    Nabi SAW beliau bersabda: Allah menjadikan Adam TINGGINYA 60 HASTA, kemudian (Allah) berfirman: Pergilah dan memberi salamlah kepada para malaikat itu, dan dengarkanlah mereka memberi hormat kepada engkau. Itulah kehormatan engkau dan keturunan engkau, lalu (Adam) mengucapkan: Assalamu ‘alaikum, maka (para malaikat) mengucapkan assalamu alaika wa rahmatullah, (para malaikat) menambahkan: warahmatullah, maka setiap orang yang masuk surga serupa dengan Adam (dalam hal perawakan/postur dan gambaran), dan manusia itu senantiasa BERTAMBAH KECIL sampai sekarang.”
    (rujukan hadis dari HR Bukhari no 3079 & no 5759 ttg tinggi Nabi Adam… sahih. http://lidwa.com/app/)

    Tinggi Nabi Adam AS = 2743 cm

    Selama 20 ribu tahun terakhir, rata-rata volume otak laki-laki berkurang dari 1.500 kubik sentimeter menjadi 1.350 kubik sentimeter atau berkurang seukuran sebuah bola tenis,” (sumber: Kathleen McAuliffe dalam majalah Discover)

    Wikipedia —> Pria (red: Amerika) umumnya lebih besar: 175 cm (69 inci) dan 78 kilogram (172 pound).

    1 hasta = 45,72 cm

    PERHITUNGAN
    175 cm / 2743 cm = 1 / 15.67
    6.38%
    100% : 6,38% = 15,67 kali
    15,67 x 1.350 cm³ = 21.159 cm³ (volume kepala zaman Nabi Adam AS)

    maka vol kepala manusia zaman Nabi Adam – volume kepala pria saat ini adalah…
    21.159 cm³ – 1350 cm³ = 19809 cm³
    (19809 : 150) x 20.000 tahun = 2.641.200 tahun
    2.641.200 tahun – tahun 2010 = 2.639.190 SM

    • Pertanyaannya : apakah pengikisan evolusi dr 60 hasta ke rata2 170cm masa sekarang cukup memerlukan 2, 6 juta tahun ?,kalau itu dikatakan Nabi, Adam yg keberapakah yg diturunkan kebumi oleh Allah, atau Adam yg 60 hasta ? Jika Adam yg 60 hasta, sudah berapa kali bumi mengalami penggantian generasi ?

  19. Dengan adanya sumber yang benar-benar lengkap maka dapat menambah pengetahuan kita tentang nabi adam, semoga wawasan kita bertambah dengan adanya artikel ini.

  20. Manusia pertama jenis homo sapien ya nabi Adam lah, gk bsa ditawar2 lagi, tp kera yg mirif manusia jga ada hidup dn berkembng, bahkan tdk menutup kemungkinan ada perkawinan silang antara kera mirif manusia ini dengan jenis manusia homosapien (prosesnya tentu tidak normal, tp bsa jdi dengan pemerkosaan yg dilakukan oleh jenis kera mirif manusia terhadap jenis homosaien/keturunan adam), makanya ada manusia yg rahangnya mirif kera (mohon maaf)

  21. .Wow. .begitu kiranya..jadi kalau menurut penelitian para pakar dari kulon sana, Nabi Adam.as, berasal dari mana? ada gak ktrangan nya.

  22. Orang bodoh yh masih percaya manusia purba …

  23. kemungkinan nabi adam lahir belum ada tuhx dinosaurus..
    karena dimana saat dimasa itu hewan2 populasi nya masih sedikit sekitar 30% dan yg terbanyak itu tumbuhan,dan sekcilnya diambil dari manusia.

  24. ADA AYATNYA TUH DALAM ALQURAN BAHWA SALAH SATU TANDA KIAMAT ADALAH TANAH ARAB AKAN KEMBALI SUBUR SEPERTI DAHULU…, BRATI MEMANG BISA DISIMPULAKN JAMAN DAHULU TANAH ARAB ADALAH TANAH SUBUR BUKAN PADANG PASIR SEPERTI SEKARANG.. DAN TNADA ITU SEKARANG SUDAH MULAI KELIATAN SUDAH BANYAK PERKEBUNAN DI TANAH ARAB DAN BANYAK RUMPUT..

  25. Mardona_imansyah

    yang jelas gw keturunan nabi adam…

  26. Harus diketahui bersama Allah menjadikan bumi pertama kali dihuni oleh bangsa Jin/Iblis, kemudian Allah menciptakan malaikat dan akhirnya menciptakan manusia sebagai khalifahnya di bumi. Adam diturunkan ke bumi tidak hanya sekali, tetapi 7 kali ….. (Tajul Mulk)

  27. mohon maaf sebelumnya. sy mau koment sedikit aj.. pithe cantrophus erctus, megantropus palaeo javanicus dan kemudian homo sapien. Menurut sy punya masa kehidupannya masing. Ttp semua itu bukan manusia dan bukan pula hewan. Jadi bnyk ilmuwan menyamakan antara ADAM versi alqur’an dg Versi keilmuwan. Padahal jelas2 yg namanya pithecantropus erctus pernah punah, megantropus palaeojavanicus pernah punah serta homo sapien dan sejenisnya pernah punah sekitar 25.000 tahun yang lalu. Pertanyaannya adalah. Kenapa mereka menyamakan manusia purba itu sama dengan manusia yg ke turunan adam?Padahal manusia Purba jenis homo sapien punah sekitar 25.000 tahun lalu. Lah kemudian tiba2 muncul ADAM yg disebutkan dalam alqur’an di surat albaqoroh ayat 30. Kesimpulannya begini. Manusia Purba itu telah punah . Manusia purba itu belum dikategorikan sebagai manusia versi Alquran. Merka hanya makhluk ciptaan Allah yg mirip2 manusia tp juga bukan seperti hewan. Dan kerjaan mereka hanya bisa membunuh satu sama lainnya sehigga keberdaan mereka lama kelamaan punah. Allah akhirnya berfirman akan menjadikan seorang khalifah dimana penciptaannya ini berupa makhluk yg sesempurna sempurnanya yg bukan seperti makhluk sebelumnya (manusia purba) yaitu ADAM. Keturunan ADAM as. inilah yg dikatakan makhluk berupa manusia yg sekarang ini. Kenapa sempurna. 1 mereka diberikan akal yg baik dan sempurna dibandingkan makhluk manusia purba (proporsi akal lebih dominan dg homo sapiens). 2. Mereka diajarkan tentang ilmu ketuhanan. Diajarkan mengenal ttng Allah ( ilmu ketahuidan). Semua petunjuk dari ALLah. diajarkannya ilmu2 dari sisi Allah. Jadi kesimpulannya ADAM yg sekarang itu bisa jadi ada setelah kepunahan homo sapien. Dan masa jedah itulah diciptakan adam (manusia) makhluk yg sempurna sekitar 15.000 tahun yg lalu hingga 22.000 tahun yg lalu..ini menurut versi saya setelah sy baca segala macam sumber yg ada.

    • Saya setuju dgn pendapat anda. Pendapat ini lebih tepat. Jd mahluk2 yg ada d bumi sblom Nabi Adam adalsh jenis jin yg sudah mnduduki bumi begitu lama…juga mereka prperang bunuh mmbunuh sesama sendiri. Ada satu kitab saya lupa nama nya ada mnceritakan pada zaman itu trlalu huru hara sehingga d utuskan sekumpulan bangsa malaikat untuk menghapuskan bangsa jin d bumi ini. Tp akhir nya bangsa malaikat ini yg satelah dpt mengalahkan bangsa jin…mereka pula trlupa diri n tinggal d bumi dgn keseronokan hidup d bumi….mereka d beri nafsu untuk kehidupan d bumi akhirnya jd seperti bangsa jin buat onar d bumi. Saya perkira mungkin yg dkatakan segolongan bangsa malaikat ini juga dari bangsa jin yg pada mula nya taat dgn perintah Allah tetapi mula menyeleweng bila sudah duduk d bumi.

  28. nyimak B-)

  29. This is a great inspiring article.I am pretty much pleased with your good work.You put really very helpful information…

  30. Yang di maksud Manusia Purba itu dalam Al qur’an adalah AL BASYAR, sedangkan keturunan Adam AS, dan keturunnanya di Namakan Al INsan,,,perkiraan Adam AS, di Bumi ini, di kisaran 24 000 tahun yang lalu,dengan analisis sumber seperti ini.. Menurut Plato Bencana Krakatau yang terjadi 11600 SM mengakibatkan Banjir dunia yang memusnahkan Hampir semua Spesies di Muka Bumi dan membuat Manusia terpencar pencar,dari peristiwa tersebut menghancuran Atlantis,sebagai Pusat Peradaban, di kisahkan dalam Buku (Prof Arysio Santos)…kalo Banjir Semesta akibat dari Pengaruh SuperVulcano, maka kisah Nabi NUH pada saat itu, sedangkan Rentang Nabi Nuh ke nabi Adam AS, adalah 10 Generasi,,,rata rata Masa Hidup 1 Generasi pada saata itu 900 Thun- 1000 thun, kalo Mau di total, Rentang Adan ke Nuh 10000 Thn + 11600 thn penanggalan Plato yang Hidup pada Abad ke 5 SM+ 2014 thn =23 614 Tahun,,dari sekarang, di tambahkan dalam buku Arysio SAntos, Makhluk seperti RAksasa, Hobbit,hidup seblum Peristiwa tersebut tak terkecuali jenis Manusia Purba tersebut berdampingan dengan Manusia,akan tetapi Makhuk tersebut Punah Oleh Bencana Tersebut, teori Evolusipun di tolak oleh Arysio Santos,,,,Huwallahu Al lam..

  31. Bisa saja kehidupan dinosaurus pada masanya Nabi Adam dan keluarganya, apalagi postur tubuhnya yang mencapai 30 meter (60 hasta), memungkinkan hidup dengan alamnya dinosaurus, dan domba berarti sudah ada sejak zamannya dinosaurus karena kurban yang disembelih oleh puteranya Nabi Adam antara lain dengan memotong domba dan hasil pertanian, dus karena itu tentunya untuk bertani memerlukan peralatan, mungkinkah peralatan pertanian dimasa itu sudah ada. Sekali lagi “Wallahu a’lam bi showaaab”

  32. Adam itu sudah jelas manusia.homo sapien itu sd jels makluk yg berbeda, beliau nabi adam adalh makluk yg memiliki pengetahuan tinggi dan maju pemikirannya dan mungkin lebih dari kita, karna bliau dari syurga dan memakan makanan syurga.

  33. Min, kalo bencana Air Bah nabi Nuh itu 11.000 SM, kenapa nggk ada kepunahan masal ??
    Bukankah seharusnya ada kepunahan masal yang begitu besar ??

  34. Ijin share ya akhi.

  35. nuwun sewu, mohon ijin diperkenankan sharing. adam itu sesuai fakta bukti tertulis saja dengan klaim sebagai manusia pertama. yang tahu adam hanya tiga agama (yahudi, kristen & islam) beserta turunannya, di agama atau budaya selain timur tengah tidak mengenal adam, nuh, ibrahim, musa dll. berdasar fakta bukti tertulis kitab2 3 agama tsblah yang bisa diperkirakan masa hidup adam (maks 8ribu thn yang lalu), jadi jika klaim adam hidup lebih tua dari itu artinya tidak percaya dengan fakta tertulis dalam kitab 3 agama tsb. sisi lain, kadang 3 agama tsb tidak mengakui teori darwin, tetapi percaya perubahan adam yang bertubuh raksasa yang cucu moyangnya sekareng manusia modern lebih kecil & bermacam2 ras. #klaim mungkin boleh tapi jangan menggeneralisasikan karena ada manusia2 & peradaban di luar timur tengah…(contoh : indonesia patut bangga punya piramid gunung padang di cianjur yang umurnya jauh lebih tua dari peninggalan2 bangunan sejarah bangsa manapun di dunia / yang jelas bukan peninggalan manusia2 kerja)…
    #hikmahnya, boleh belajar sejarah bangsa lain tapi jangan melupakan nenek moyang asli… amin (mohon maaf sebesar2nya)

  36. kalo nabi Adam jadi patokan manusia pertama sulit dipahami karena rentang nabi Adam ke nabi Idris kalo begitu terlalu jauh. Bila ditemukan kehidupan manusia jutaan th yl dan Adam sbg patokan manusia pertama berarti beberapa juta tahun kemudian baru Idris diutus, artinya manusia sekian juta tahun tanpa bimbingan Rosul. Betulkah Adam manusia pertama? patut dikaji mendalam karena dlm Al Qur’an pun tdk ada teks yg mengisyaratkan Adam manusia pertama. Adam manusia pertama mungkin hanya mitos atau isapan jempol belaka…

  37. kenapa kalau membahas soal nabi, selalu dihubungkan dg wilayah timur tengah? emang yg ada nabi cuma di sana doang? menurut gw para nabi asal nya dari indonesia, tp bnyk yg hijrah ke timur tengah krn di sana bnyk org sesat yg perlu ditunjukkan jalan lurus.

  38. menurut gw.. adam bukan nama org tp nama kaum. kaum laki disebut adam. kaum wanita disebut hawa. menurut gw.. agama di dunia cuma ada 1 saja. kalau yahudi, kristen, islam dll. itu cuma penamaan saja. tp akar nya 1. di agama manapun pasti ada nabi tp cuma penyebutan nya beda. misal.. kalau di islam nama nya IBRAHIM, di agama lain nama nya BRAHMA. kalau di islam nama nya ZULKIFLI, di agama lain nama nya KAPILAWASU dll.

  39. Teori bigbang itu bagus, lebih bagus dari yang anda semua tulis, mereka berani melakukan analisa dan hipotesa seara jauh, beda dengan anda, analisa anda tak cukup untuk membuka pintu analisa berikutnya. Silahkan lanjutkan dengan analisa dan hipotesa yang lebih baik, yang perlu diingat adalah sebaik-baik petunjuk itu adalah kitab suci dan petunjuk dari utusanNya, dan bukti-bukti yang anda sajikan, saya tunggu, komentarnya semakin berkualitas atau makin ngawur dan emosional.

  40. manusia yang pertama menempati bumi ya adam, tapi makhluk pertama yang menempati bumi bukan adam, yang mna tertera dalam artian seorang khalifa ialah pepimpin/pengganti/penerus, dari kata pengganti dan penerus ini dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa ada yang di ganti dan ada yang mengganti siapa yang di ganti ya abal jan ban banul jan serta makluk yang berdarah dan berdaging, dan siapa yang menggantikan ya nabi Adam,as

    • Nabi yusuf memiliki perawakan dan wajah seperti nabi adam..dan tidak ada manusia purba atau manusia kera..tetapi yg ada di alquran penjelasanya sekelompok golongan yahudi yg tlah dikutuk menjadi kera..karena tlah melampaui batas..darwin berusaha meyangkal keberadaan yahudi yg tlah dikutuk tersebut..dengan mengatakan nenek moyang manusia pertama kera

  41. bisa jelaskan dijaman sejarah ketika manusia sudah bisa baca tulis…. kumpulan burung ababil dari langit yang menghancurkan raja abrahah dari yaman…??? apa sejenis malaikat bersayap…saking cepatnya dikira burung…???

  42. yang jelas sebelum nabi adam turun ke bumi,sudah terlebih dulu ada makhluk hidup,yg serupa manusia yg berotak dan memiliki kecerdasan dan peradaban,membangun kota dan berperang.
    sedangkan manusia purba kemungkinan adalah makhluk yg pertama yg di ciptakan dan mengalami perkembangan evolusi fisik sesuai alam lingkungannya,udara .tanah,dan bukan golongan kera..karena spesies kera belum ada zaman itu…

  43. tiada alasa apapun tentang kehidupan dahulu, manusia pertama di bumi adalah NAbi Adam, sesui dengan firman Allah, penelitian tanpa di lansi dengan Al-Quran adalah keliru, banyak penelitian membuktikan berdasarkan Firman Allah. termasuk di akuinya Orang-orang YAHUDI, peradaban yng ada itu semua setelah anak keturunan adam menempati seantero BUMI. jadi Alqur’an Wahyu yg tidak pernah ingkar

  44. Mungkin semua (adam, tanaman, binatang, dll) ciptaan allah swt udah diciptakan allah swt di surga mungkin dan lama sekali bahkan jutaan tahun mereka (ciptaan) tinggal disurga baru diturunkan di bumi mungkin, yang pertanyaannya kapan adam beserta yang hidup pada zaman adam dan hawa diturunkan dibumi?,

  45. knp kalau kisah kisah nabi, selalu dihubung hubungkan dg timur tengah? seolah olah para nabi cuma ada di sana.

  46. Artikel yang sangat bagus dan tentu menjadi kagum karena setiap penemuan di dukung dengan data ilmiah. Terima kasih, Semoga menjadikan ladang amal.

  47. Artikel bagus….nyimak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s