Kajian

Takaran Zakat Fitrah, menurut Kyai Maksum Jombang ?

fitrah1
Di kalangan mazhab Maliki, 1 Sha’ sama dengan 4 mud, dan 1 mud sama dengan 675 Gram. Jadi 1 Sha’ sama dengan 2700 Gram (2,7 kg) ( Kitab Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Juz II hal. 910)

Sementara menurut Imam al-Rafi’i dan madzhab Syafi’i, 1 sha’ sama dengan 693 1/3 dirham ( Al-Syarqawi Juz I hal. 371. Kitab Kifayat al-Akhyar Juz I hal. 295, Kitab Tafsir al-Munir Juz II hal. 141). Dan jika dikonversi ke dalam satuan gram, sama dengan 2751 gram (2,75 kg). (Kitab Al-Fiq al Islami Wa Adilatuhu Juz II hal, 911) [Selengkapnya].

Asal Muasal Shalat Tarawih

Di dalam salah satu tulisannya, di harian umum Republika, Dr Muhammad Hariyadi, MA, menulis :

Rasulullah tercatat tiga kali melakukan shalat tarawih di masjid yang diikuti oleh para sahabat pada waktu lewat tengah malam. Khawatir shalat tarawihdiwajibkan karena makin banyaknya sahabat yang turut berjamaah, pada malam ketiga Rasulullah lalu menarik diri dari shalat tarawih berjamaah dan melakukannya sendiri di rumah.

Ada hal menarik, dari tulisan Dr Muhammad Hariyadi, MA di atas, yaitu Rasulullah mengerjakan Shalat “Tarawih” adalah disaat biasanya umat muslim melakukan ibadah Shalat “Tahajud”, yakni pada waktu lewat tengah malam.

[Selengkapnya]

ATHEIS dan LOGIKA


Apakah Atheis itu Logis ?

Mari kita ikuti cara berpikir mereka….

Mereka percaya, awal kehidupan berasal dari sejenis atom

Atom-atom ini kemudian saling berinteraksi, membentuk senyawa kimia seperti Asam Amino. Setelah itu, Asam Amino berinteraksi lagi membentuk DNA, yang merupakan komponen pembentuk makhluk hidup… [Selengkapnya]

REVISI Periode KENABIAN ?

Di kalangan Rohaniawan saat ini, masih banyak yang percaya bahwa awal dari kenabian, paling lama sekitar 6.000 SM, atau 8.000 tahun yang lalu. Sebagaimana pendapat, seorang agamawan dari Irlandia, yang bernama James Ussher, yang berpendapat kemunculan Nabi Adam terjadi pada sekitar tahun 4.004 SM.

Pendapat ini, jelas sangat bertentangan dengan fakta-fakta ilmiah.

Jika kita, membuka lembaran sejarah, di India pada 6.000 SM – 7.000 SM, sudah ada Peradaban Lembah Sungai Indus. Di Iran pada 7.000 SM, manusia telah mengenal almunium. Di Cina pada 7.000 SM, manusia sudah mengenal bercocok tanam. Dan di Indonesia, tahun 6.000 SMBarus telah didiami manusia. [Selengkapnya]

Siti Aisyah RA, menikah di usia 19 tahun


Kita selama ini mendapatkan informasi bahwa Rasulullah SAW telah melamar Aisyah RAketika berumur 6 tahun dan berumah tangga ketika berusia 9 tahun.

apa benar infomasi itu? [Selengkapnya]

Ketika POLIGAMI dianjurkan NEGARA


Pada masa Perang Dunia I, di Perancis banyak Laki-laki yang gugur. Semula mereka melarangpoligami, namun kemudian berubah menjadi menganjurkan untuk berpoligami

Hal ini dikarenakan, bagaimana nasib para janda tersebut ? dan bagaimana pula nasib anak-anak yatim itu ? Jika Poligami masih tetap dilarang…

Jadi sebenarnya ada situasi tertentu secara perorangan atau dalam masyarakat, poligami bisa dibenarkan… [Selengkapnya]

Memahami Hadis, Larangan Memotong Kuku dan Rambut, sebelum Hari Raya Qurban ?

qurban1

“Dari Ummu Salamah yang (sanadnya) ia sambungkan (ke Rasulullah). Beliau bersabda: “Apabila 10 (Dzulhijjah) telah masuk dan seseorang memiliki hewan kurban yang akan ia sembelih, maka hendaklah ia tidak mengambil rambut dan tidak memotong kuku”” (HR Muslim) [Selengkapnya]

Bidadari (Huur), yang bukan wanita cantik ?


Istilah BIDADARI dalam Al Qur’an disebut ‘huur‘.

Quraish Shihab dalam bukunya Tafsir al-Mishbah menyatakan bahwa istilah ‘huur’ tersebut merupakan bentuk kata yang bebas kelamin, artinya bisa diartikan sebagai perempuan dan bisa juga laki-laki [Selengkapnya].

Rasulullah, tidak Berpolitik


Ada yang berpendapat,
 Nabi Muhammad adalah seorang ahli politik.
Dan dengan ilmu politik yang dimilikinya, beliau bisa menjadi seorang penguasa, yang menjadikan jalan baginya, dalam menyiarkan Islam.

Akan tetapi, setelah dikaji lebih mendalam, pendapat itu sangat keliru,
bahkan, di dalam sejarah hidupnya, beliau pernah menolak untuk berpolitik [Selengkapnya].

Meninjau Kembali Kisah Isra Miraj Rasulullah


Umumnya para penceramah menerangkan hikmah dari peristiwa Isra’ Miraj adalah turunnya perintah sholat 5 waktu. Hal tersebut berdasarkan sebuah hadits isinya cukup panjang yang diriwayatkan oleh Muslim dalam shahihnya nomor 234 dari jalan Anas bin Malik.

Namun benarkah demikian ? [Selengkapnya]