Rahasia Tubuh Ideal Rasulullah, dan Program Diet OCD Deddy Corbuzier ?

Di dalam beberapa riwayat, diperoleh informasi bahwa postur tubuh Rasulullah tidaklah terlalu gemuk atau terlalu kurus, namun cenderung berperawakan baik, manarik dan kekar.

Bara’a bin Aazib (ra) meriwayatkan: “Rasulullah (saw) tingginya sedang, dengan tulang belikat (pundak) yang bidang. Rambut beliau cukup tebal, panjangnya sampai batas telinga. Saya belum pernah melihat sesuatu yang lebih menarik dari beliau. (Hadits Bara’a bin Aazib)

Ali bin Abi Thalib (ra) juga meriwayatkan: Rambut Rasulullah lurus dan sedikit berombak. Beliau tidak berperawakan gemuk dan tidak pula tampak terlalu berat, beliau berperawakan baik dan tegak. Warna kulit beliau cerah, mata beliau hitam dengan bulu mata yang panjang. Sendi-sendi tulang beliau kuat dan dada beliau cukup kekar, demikian pula tangan dan kaki beliau… (Riwayat dari Ali bin Abi Thalib).

Ada beberapa analisa, mengapa Rasulullah memiliki tubuh yang ideal, salah satunya adalah beliau tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan serta memiliki pola makan yang baik.

diet1

Pola Makan Rasulullah

Dari beberapa sumber, pada lepas dari subuh, Rasulullah biasa memulai dengan segelas air yang dicampur dengan sesendok madu. Kemudian pada waktu Dhuha, beliau makan tujuh butir kurma ajwa` (matang).

Menjelang sore hari, menu makan Rasulullah selanjutnya adalah cuka dan minyak zaitun. Tentu saja bukan hanya cuka dan minyak zaitun saja, tetapi di konsumsi dengan makanan pokok, seperti roti misalnya.

Di malam hari, menu utama Rasulullah adalah sayur-sayuran. Dan sesuai dengan kaidah “waktu berbuka puasa”, makan malam dilakukan setelah waktu maghrib sampai dengan sebelum Shalat Isya.

diet3

Program Diet OCD (Deddy Corbuzier)

OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet), adalah sistem diet yang dipopulerkan oleh Deddy Corbuzie, yang tujuannya untuk membentuk tubuh yang ideal.

Dalam penerapannya, Sistem OCD ini menggunakan cara berpuasa, yaitu tidak makan, namun diperbolehkan minum, dengan pola 16 jam, 18 jam, 20 jam dan 24 jam.

Seseorang yang memilih pola 16 jam, berarti ia memiliki “jendela makan” sekitar 8 jam. Dengan demikian, yang bersangkutan, diperkenankan makan dalam rentang waktu 8 jam, dan setelah itu ia harus berpuasa makan (hanya boleh minum), selama 16 jam.

Berdasarkan berbagai sumber dari media massa, diberitakan telah banyak orang yang berhasil menurunkan berat badan, dan memiliki postur tubuh yang ideal, setelah mengikuti Program Diet OCD ini.

Program Diet dengan cara berpuasa bukan hanya milik OCD, sebelumnya juga pernah ada, yang dikenal dengan nama Program Intermittent Fasting (IF), kemudian ada juga Diet 05:02, diperkenalkan oleh Dr Michael Mosley, dalam buku berjudul `The Fast Diet, The Simple Secret of Intermittent Fasting. Lose Weight, Stay Healthy, and Live Longer`.

diet4

Program OCD Deddy Corbuzier, bila kita perhatikan dengan seksama, ternyata ada kemiripan dengan Pola Makan Rasulullah.

Dimana dalam Pola Makan Rasulullah, jadwal makan beliau adalah mulai sekitar waktu Dhuha, sampai sebelum waktu Isya, yang memiliki jarak waktu sekitar 8-9 jam. Dan ini sangat mirip dengan istilah “jendela makan” dalam Program OCD Deddy Corbuzier.

Apakah ini merupakan jawaban dari rahasia, yang menjadi sebab Rasulullah bisa memiliki tubuh yang ideal ?

WaLlahu a’lamu bishshawab

Referensi :
1. ikutan … OCD (Deddy Corbuzier), dengan Pola Makan RASULULLAH
2. OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet) #DietCorbuzier
3. Diet 05:02, Mirip Diet ala Diet Deddy Corbuzier, Ada Puasanya

Iklan

57 responses to “Rahasia Tubuh Ideal Rasulullah, dan Program Diet OCD Deddy Corbuzier ?

  1. Syukron katsiir…..

  2. Diet OCD ketika puasa boleh minum berapa kali?

  3. Mau tny tentang OCD..
    sy baru mulai blajar yg 24jam..
    Kalau hanya minum kopi blh tdk..
    di ocd kan dianjurkan untuk diet kalori..
    sedangkan yg sy minum kopi itu..trnyata ada kandungan kalori’n sbesar 110 kalori persaset..nah itu gmn ya..apa mungkin berhasil/tdk

  4. bagian tubuh yg mna yg dpat di lihat dari manfaat ocd

  5. info ini sangat bagus semoga,sukses terus gan ,terima kasih kujungan pagi gan

  6. Kutipan: “….Program OCD Deddy Corbuzier, bila kita perhatikan dengan seksama, ternyata ada kemiripan dengan Pola Makan Rasulullah.

    Dimana dalam Pola Makan Rasulullah, jadwal makan beliau adalah mulai sekitar waktu Dhuha, sampai sebelum waktu Isya, yang memiliki jarak waktu sekitar 8-9 jam. Dan ini sangat mirip dengan istilah “jendela makan” dalam Program OCD Deddy Corbuzier.

    Apakah ini merupakan jawaban dari rahasia, yang menjadi sebab Rasulullah bisa memiliki tubuh yang ideal ?”

    Komentar saya: “kenapa lebih pinteran Dedi daripada Rasulullah? Seolah-olah Dedi lebih duluan hidup daripada Rasulullah. Pernyataan antum itu terbalik ya akhi… (senyum)”

    • Rasulullah jelas lebih dahulu mas…
      Hanya saja, apa yang beliau lakukan, terkadang belum mampu kita pahami rahasianya…

      • setuju banget sama mimin.
        Pernyataan dari mimin tersebut bukan berarti deddy lebih dulu,

        Salut buat mimin, 🙂

      • Salah besar semuanya..Coba kalo ente tahu para bhikkhu dalam ajaran Buddha tidak makan setelah tengah hari(jam 12) sampai besok pagi(jan 6) tapi boleh minum. Dan ingat Islam dengan Buddha lebih duluan Buddha dari rentang waktu

  7. sebenarnya jika kita cermati lbh dlm lagi diet ocd ini mirip dg puasa sunah senin – kamis dimana rosulullah sll melakukan Hal itu, sekedar share pengalaman sj, selama -+ 4th, puasa sunah sdh menjadi bagian dr rutinitas (kcuali sdg berhalangan) berhenti krn hamil anak ke2, dan sy rasakan efek positifnya bener2 luarrr biasa, ternyata jk puasa senin kamis ini dilakukan secara rutin akan lebih byk manfaatnya baik untuk menjaga kesehatan maupun untuk menjaga berat badan ideal, nah…..untuk mengingatkan dr sdr jg nih……cemungut puasa sunah saja dech selain lebih sehat dpt bonus berat bdn ideal dan……pahala tentunya 🙂 tp saat ini sy blm bs mulai lg krn sikecil br berusia 4bln

  8. bener, cukup kita puasa sunah senin – kamis utk menjaga berat badan stabil, saya udh buktikan…

  9. yaelah gan, jaman rasulullah ga ada mobil, jadi menurut ane hampir semua orang pada jaman itu badannya bagus..

  10. Untuk kami2 yang balita (bapak atas 50 th) OCD apa bisa dilakukan, seberapa besar pengaruhnya untuk kesehatan?
    makasih

  11. Kl ocd tnp olahraga gimana?tp ikut yg 18 jam dan 24jam bs cpt trn engk berat badannya?

  12. Diaz Bagus shaputra

    ternyata terbukti juga ya
    Berat badan q turun 5 kg dlam wktu 2mingu,,

  13. Nah, klo ini ga ragu.. 🙂 Should try this..

  14. berapa jarak dari bangun tidur brp jam utk memulai makannya?

  15. Makan saat lapar, berhenti sebelum kenyang

  16. bukan masalah makan atau tidak nya sih,
    lebih ke kontrol kalori, ya seperti yg dicontohkan rasulullah,
    malah sebenarnya kalau kita tidak makan lebih baik kita puasa saja sekalian, ketimbang kita harus melampiaskannya dengan minum air, karna bisa memicu asam lambung berlebih yg efek nya sakit maag,
    berbeda jika kita benar2 puasa, maka asam lambung bisa berkurang karena perbandingan antara makanan dan air seimbang, (maka nya berdasarkan penelitian puasa bisa perlahan menyembuhkan maag akut)..
    saya juga pernah diet, tapi dengan pola yg lebih sehat dan teratur,
    kurangi konsumsi kalori secara bertahap, olah raga teratur (untuk jaga kepadatan tulang), perbandingan porsi makanan di piring adalah 1/3 karbohidrat, 1/3 protein, dan 1/3 sayuran/serat. dan jangan lupa dipembukaan makan buah terlebih dahulu..
    dan hasilnya selain berat badan turun, nafsu makan jadi lebih berkurang, karena lambung telah menyesuaikan dengan jumlah kalori yg kira kurangi secara bertahap tadi..

  17. Bukannya om Deddy jelas2 mengatakan di acara bukan empat mata klo dia menganalisis & menyimpulkan info dari temannya yang muslim dia menyampaikan klo nabi daud dan rasulullah saw itu berpuasa berdasarkan kurun waktu tertentu.

    Om Deddy juga melakukan mix dgn metode yg didapatnya dari china gitu si yg ane denger pas nonton bukan empat mata. Jadi udah jelas tuh om Deddy ngambil mudarat dari perilaku yg dicontohkan Rasul SAW & nabi Daud AS.

  18. jika ingin menerapkan OCD cek dahulu kesehatan tubuh anda

  19. Nampaknya Diet yang telah dianjurkan bisa memiliki hasil yang luar biasa sekali, dan terbukti para artis banyak yang menjalankan program diet tersebut,,

  20. “Apakah ini merupakan jawaban dari rahasia, yang menjadi sebab Rasulullah bisa memiliki tubuh yang ideal ?”
    Iya, salah satunya adalah karena faktor makanan.
    Namun, jangan lupa pengaruh pikiran yang tenang juga berpengaruh pada metabolisme tubuh.

    Sekarang kan banyak yang makan dalam keadaan pikiran sedang galau. Semakin galau, semakin banyak makanan yang dilahap sebagai pelampiasan. Akibatnya sistem pencernaan mempengaruhi berbagai fungsi metabolisme tubuh.

    Konsep pikiran yang tenang, sebagai refleksi jiwa yang tenang merupakan bagian ending ajaran Rasulullah. “Hai jiwa yang tenang…” QS.89:27

  21. keren,. mau coba deh,. 🙂

  22. Embbb..coba ahh…
    .sklian hemat(maklum anak kost) 🙂

  23. aduuuuuuhhhhhhhh artikelnya bagusssss beeeeeeeeeeeuuuuuuuuuuudddddddd
    rahasia diet dikaitkan dengan kebiasaan Rasulullah, subhanallah

    aldydipe.student.ipb.ac.id

  24. hmm,,,,, pengen cobaa…cman gdaan bnyak..

  25. luar biasa info nya nih…

  26. Terimakasih inof nya ni, tetapi Dari pada ikutan OCD mendingan puasa senin kamis atau puasa Daud,- dengan catatan: jangan ‘mindahin’ makan, buka dan sahur secukupnya – hasil nya dijamin lebih bagus dari OCD, dapte dunia dan akhirat

  27. yang lebih penting puasa ramadhan yang bolong di qodoin ( di bayar ) ngikut ocd bisa tapi puasa ramadhannya pada bolong. pola makan aja yang di atur, yang manapun baik metodenya, tapi anjuran saya puasanya di rutinkan insyaallah hasilnya maksimal

  28. sing komen pada nda mutu, kl mau ya jalanin kl nda mau ya nda usah protes.

  29. wah iya lg coba program ocd nih..tapi berat jg ya

  30. betulkan mungkin hanya kebetulan. ikuti sunnah rosulullah jelas berpahala dan dapat tubuh ideal. OCD siapa yang bilang dan garansi dapat pahala …….

  31. Mardona_imansyah

    jelas2 yg diajari rosul itu lbih baik, karena sesuai dgn ajaran agama islam, cuma terkadang umat muslim sendiri tidak menerapkannya.malah prcaya dgn hal2 yg baru yg blum tau kebenarannya.

  32. simpel dan sangat bermanfaat…terimakasih infonya

  33. Saya baru tau sekarang pola makan rasul seperti itu.

    Terima kasih banyak, sangat bermanfaat sekali

  34. Terima kasih banyak artikel bermanfaatnya

  35. nahh di antara cara di atas manakah yang paling benar aturannya gan?
    terimakasih 😉

  36. berpuasalah, maka kamu sehat. puasa bisa juga diet, jadi selain sehat, juga beribadah.

  37. Artikel yang sangat bermanfaat, sunnah rosul memang tidak pernah ada yang salah… terima kasih atas artikel ini, semoga bermanfaat bagi banyak orang.

  38. Silahkan mempraktekan program diet yang anda sukai. Yang penting tekhnikny aman . Semoga bisa mendapatkan tubuh yang langsing dan sehat.
    Selamat berjuang!!!

  39. Info menarik, akan saya coba

  40. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat
    gaya hidup sehat

  41. Pola makan terbaik memang yang dicontohkan Nabi Saw. Terima kasih artikelnya ya

    cara membuat rumah

  42. terimakasih untuk tips nya om dedi 😉

  43. terimaksih om, saya pengin punya tubuh idela nih dari dulu 😀
    salam ….

    Info Gejala Jantung

  44. ane ikut baca aj ya,, thanks min

  45. Pola makan rasulullah memang harus kita contoh

  46. dulu gw pernah maen ocd gan…6 bulan dengan makan porsi 1/2 turun 8 kg…pek muka gw teris. niat nya seh sixpack in tp haha susah…gemuk lagi sekarang banyak yang komplain soal nya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s