REVISI Periode KENABIAN?

Di kalangan Rohaniawan saat ini, masih banyak yang percaya bahwa awal dari kenabian, paling lama sekitar 6.000 SM, atau 8.000 tahun yang lalu. Sebagaimana pendapat, seorang agamawan dari Irlandia, yang bernama James Ussher, yang berpendapat kemunculan Nabi Adam terjadi pada sekitar tahun 4.004 SM.

Selain itu seorang Sejarawan, yang bernama Josephus, menyatakan bahwa manusia pertama itu muncul pada sekitar tahun 5.411 SM, sementara seorang ilmuan, bernama ‘Adil Thaha Yunus, memperkirakan Nabi Adam muncul pada sekitar 5.872 SM.

Pendapat ketiga orang ini, jelas sangat bertentangan dengan fakta-fakta ilmiah. Jika kita, membuka lembaran sejarah, di India pada 6.000 SM – 7.000 SM, sudah ada Peradaban Lembah Sungai Indus. Di Iran pada 7.000 SM, manusia telah mengenal almunium. Di Cina pada 7.000 SM, manusia sudah mengenal bercocok tanam. Dan di Indonesia, tahun 6.000 SM, Barus telah didiami manusia.

Nampaknya, sudah saatnya bagi kita, untuk meninjau kembali masa kehidupan Para Nabi. Hal ini dikarenakan berdasarkan fakta-fakta ilmiah yang ada, awal kenabian ternyata sudah berlangsung sangat lama, yakni masa Pra Sejarah, puluhan ribu tahun yang silam.

Masa Hidup Nabi Adam

Berdasarkan fakta ilmiah, keberadaan manusia diperkirakan telah ada sebelum 200.000 tahun yang lalu, bahkan ada pendapat yang mengatakan, umat manusia telah ada sejak jutaan tahun yang lalu. Hal ini didukung beberapa penemuan arkeologis, sebagai berikut :

1. Didekat sungai Omo, Ethiopia (Afrika Timur), ditemukan kerangka Homo Sapiens (manusia modern) tertua, yang berusia 195.000 tahun.

2. Pada tahun1865 di pertambangan Abbey Nevada USA, ditemukan dalam satu gumpalan bijih logam berbentuk skrup besi sepanjang 2 inci (= 5 cm). Benda hasil karya manusia ini, telah ber-oksidasi dan meninggalkan bentuk fosil, yang diperkirakan berusia jutaan tahun.

3. Di Desa Schondorf Austria di-temukan besi bentuk kubus (panjang dan lebar kurang dari 1 cm)di dalam gumpalan batu-bara yang pecah. Kubus ini beralur disekelilingnya dan tepi alurnya rata. Benda ini seolah – olah merupakan bagian dari peralatan mesin, dan diperkirakan ber-umur jutaan tahun (silahkan baca : Teori Darwin, Nabi Adam dan Piramid Giza dan MISTERI ARKEOLOGIS, di tengah PUING reruntuhan TEORI EVOLUSI ).

Dari fakta-fakta ilmiah di atas, pendapat yang menyatakan keberadaan Nabi Adam adalah pada sekitar 8.000 tahun yang lalu, nampaknya sudah tidak relevan lagi. Nabi Adam sebagai leluhur semua umat manusia di bumi, setidaknya telah ada di bumi, sejak sebelum 200.000 tahun yang lalu.

Masa Hidup Nabi Idris

Beberapa sejarawan ada yang mengidentifikasikan Nabi Idris, sebagai Akhnukh (Enoch), yang menurut mereka diperkirakan masa kehidupannya, pada sekitar tahun 4.500 SM. Selain itu ada juga yang memperkirakan masa hidup beliau, pada sekitar tahun 4.350 SM – 4.250 SM.

Namun, sepertinya kita harus meninjau kembali masa kehidupan beliau. Berdasarkan temuan arkeologis berupa Huruf Hieroglyph, diketahui bahwa pada masa Mesir Purba ada seseorang yang membawa ajaran Tauhid, yang dikenal dengan nama Oziris. Menurut Syaikh Thanthawi Jauhari, Oziris tidak lain adalah Nabi Idris.

Berdasarkan masa Peradaban Mesir Purba, yang dihitung dari saat berdirinya Piramid Cheops, diperkirakan masa kehidupan Nabi Idris, adalah sebelum 70.000 tahun yang lalu, yang oleh para sejarawan di anggap sebagai periode zaman Pra Sejarah (silahkan baca : Misteri HURUF HIEROGLYPH, mengungkap Kisah NABI IDRIS, dalam Peradaban MESIR PURBA?).

Masa Hidup Nabi Nuh

Nabi Nuh, menurut sebagian Rohaniawan, memiliki nama lengkap Nabi Nuh bin Lamak (Lamech) bin Matusyalah (Mathuselah) bin Akhnukh (Enoch atau Nabi Idris) bin Yarid (Jared) bin Mahla’il (Mahalaleel) bin Qinan (Cainan) bin Anusy (Enos) bin Nabi Syits (Seth) bin Nabi Adam, hal ini bermakna jarak antara Nabi Nuh dengan leluhur umat manusia (Nabi Adam), tidaklah begitu jauh hanya berjarak sekitar 9 generasi, benarkah demikian ?

Keberadaan Nabi Nuh tidak lepas dengan peristiwa global, banjir Nuh, yang melanda seluruh dunia. Para sejarawan klasik memperkirakan, peristiwa bencana itu terjadi pada sekitar tahun 3.000 SM. Akan tetapi, sepertinya kita harus me-revisi tahun kejadian bencana Nuh tersebut. Hal ini dikarenakan, pada sekitar masa 3.000 SM, tidak ditemukan fakta-fakta ilmiah, yang memberi petunjuk pernah terjadi Banjir Besar di permukaan bumi.

Berdasarkan temuan Geologi, ternyata peristiwa tersebut terjadi pada sekitar 13.000 tahun yang lalu, dan ini semakin diperkuat dengan temuan arkeologis, berupa Patung Sphinx di Mesir (silahkan baca : Patung Spinx, bukti arkeologis bencana Nuh 13.000 tahun yang silam dan Kapal Nabi Nuh, Misteri Sejarah Peradaban Manusia). Dengan demikian, masa kehidupan Nabi Nuh, ribuan tahun lebih tua dari yang kita pahami selama ini.

Ditemukannya temuan-temuan ilmiah, yang memberi petunjuk keberadaan Para Nabi, semakin memberi keyakinan kepada kita, bahwa ajaran Tauhid (Monotheisme) adalah sumber dari semua keyakinan di dunia, sehingga tidaklah mengherankan jika ajaran Tauhid, ternyata terdapat di seluruh keyakinan besar dunia (silahkan baca : Monotheisme, warisan Syariat Nuh).

Dan sesungguhnya Kisah Para Nabi yang ada di dalam Al Qur’an, bukanlah sekedar cerita mitos atau legenda, melainkan suatu kisah nyata, yang bisa kita ambil suri teladannya, serta dapat dibuktikan secara ilmiah.

Artikel Terkait
01. Siti Aisyah RA, menikah di usia 19 tahun
02. Rasionalisasi, Kisah Syaikh Siti Jenar
03. Meninjau Kembali Masa Hidup Rasulullah

Iklan

90 responses to “REVISI Periode KENABIAN?

  1. DARI MANA ANDA MENDAPATKAN REFERENSI ILMIAH ATAS TULISAN ANDA INI? APAKAH PENELITIAN? CERITA TURUN TEMURUN? HIPOTESA PRIBADI? ATAU….

    • Using a microscopic date and tracking marker passed along uniquely in women, scientists were able to determine that Eve, the women whose DNA is found in every living female today, was born some 145.000 years ago…

      Sumber :
      In Search of Eve and Adam – Male and Female DNA – Atheist Nexus

  2. Jika kita, membuka lembaran sejarah, di India pada 6.000 SM – 7.000 SM , sudah ada Peradaban Lembah Sungai Indus . Di Iran pada 7.000 SM , manusia telah mengenal almunium . Di Cina pada 7.000 SM , manusia sudah mengenal bercocok tanam . Dan di Indonesia , tahun 6.000 SM , Barus telah didiami manusia . >> ini adalah periode yang sama dg Qabil dan Habil putra Adam a.s, yg mana mereka sudah bercocok tanam dan berternak.

    1. Didekat sungai Omo, Ethiopia (Afrika Timur) , ditemukan kerangka Homo Sapiens (manusia modern) tertua, yang berusia 195.000 tahun . >> apakah mereka keturunan Adam a.s? Kalo Qabil dan Habil saja sudah bertani dan berternak, mereka masih berburu binatang dg batu ???

    Periode masa kenabian yg anda sampaikan sangat terpengaruh dg cerita israelit dimana Adam a.s adalah manusia pertama. Di ayat mana Al Quran menyebutkan hal itu? Adam a.s diciptakan sebagai khalifah di bumi (Q.s. al-Baqarah: 30-31). Allah SWT menciptakan manusia tdk “mak budundung” tiba2 ada, tetapi melalui proses. Bukankah Allah SWT sering menggunakan kata “Kuciptakan”? Sebagaimana Allah SWT mengabarkan kepada Zakaria a.s akan diberikanya putra yaitu Yahya a.s

    • mungkin, maksudnya itu apa penemuan rangka manusia umurnya 195.00 thn lalu, jadi Nabi Adam a.s pasti udh hidup jauh sebelumnya. kan di Al-Qur’an jg ada yg menyatakan bahwa tinggi Nabi Adam a.s tu 60 hasta/30 meter jd ya mungkin manusia dulu sama sekarang bentuknya beda, jadi yg nemuin tu gk tau klo itu manusia modern, kecuali klo tuh rangka bisa ngomong baru jelas deh, kita kan ngomongin sejarah, cuma bisa meraba-raba dari sumber-sumber yg ada jadi gk bisa tau pasti.

      • mungkinkah dulu Allah pernah menciptakan generasi manusia, kemudian punah atau dimusnahkan, kemudian menciptakan generasi pengganti diawali dengan satu pasang manusia kemudian beranak pinak menjadi suatu generasi, demikian seterusnya entah berapa kali sehingga Adam ini sudah generasi yang keberapa. jadi Adam adalah menusia pertama dalam generasinya.

    • masalah Nabi Adam a.s adalah manusia pertama ya sepengetahuan saya, cerita manusia dalam Al-Qur’an ya bermula dari Nabi Adam a.s, kemudian diceritakan nabi-nabi setelahnya, gk ada yang nyeritain emak bapaknya, Allah SWT menciptakan Nabi Adam a.s dari tanah, sekali lagi ingat, para nabi bukanlah manusia biasa seperti kita, Mereka adalah manusia-manusia pilihan Allah SWT.

      • jamin amora

        AndA SALAH.Nabi adam dilahirkan oleh seorang wanita.Persis seperti NABI ISA AS dilahirkan oleh MARYAM.Lihat ALQUR AN surat ALI IMRON ayat 59.Apa yg diungkapkan penulis diatas,benar2ilmiah dan sesuai dgn QUR AN.Dan berdasarkan ayat tsb,jelaslah sudah bahwa nabi ADAM bukanlah manusia pertama.Itulah sebabnya para malaikat berani” protes ” pada ALLOH SWT,ttg manusia2 pra ADAM.Manusia2pra ADAM ini hidup hanya dgn otak/akal yg cerdas.Itulah yg disaksikan malaikat2[pertunjukan bunuh2an].Sedangkan ADAM,dilahirkan ,disamping otak yg jenius,juga dilengkapi CINTA KASIH,yg berisikan IMAN TAQWA/ALFURQON.Sehingga ALLOH berfirman pd para malaikat,kalian tdk tahu apa2ttg apa yang AKU KETAHUI.Smg penulis ttp melanjutkan penelitiannya,utk mengungkap kebenaran ALQUR AN yg benar2 ILMIAH.ALLOHU ‘ALAM BISSHOWAB

  3. Itu om sugiono sering dengar cerita isra’iliyat ya.? Makanya bingung.. Di dalam Al-Qur’an dari A sampe Z jelas sangat jelas tersirat bahwa Adam adlh manusia pertama yg Allah ciptakan dari tanah.. Dari hadits jg banyak yg menyebutkan bahwa Adam adlh Bapaknya Manusia,, Bahasa Al-Qur’an gak harus gamblang nunjuk sesuatu, tp kadangkala harus disertai hadits…

  4. Kalau nggak salah ingat, jumlah nabi adalah 124.000 orang (benar nggak ya? lupa sumbernya)
    Kalau SETIAP TAHUN TURUN SATU NABI, berarti masa hidup umat manusia manusia minimal adalah 124.000 tahun…

    Masalahnya, apakah setiap tahun turun nabi? Tidak.
    Berapa tahun sekali turun nabi? Antara Nabi Isa (Yesus) dan Nabi Muhammad berselang lebih kurang 600 tahun.

    Kalau kita anggap saja jarak kenabian antara masing-masing nabi 1 abad (100 tahun), maka umur umat manusia adalah 124.000 abad atau dengan kata lain 12.400.000 tahun = DUA BELAS JUTA EMPAT RATUS RIBU TAHUN…

    • setau ane sih rasul/nabi itu berjumlah 25 mulai dari adam sampe muhammad SAW ,memang masa kenabian diturunkan itu berbeda2,ngga mesti 1 tahun sekali,1 abad sekali.semua tergantung kehendak allah dan kalau allah merasa suatu kaum butuh bimbingan sorang rasul,maka allah akan menurunkan rasulnya.

      oh iya klo menurut sains,manusia pertama itu adanya setelah jaman es berakhir yaitu sekitar ratusan ribu tahun yang lalu,yaitu setelah iklim bumi mulai menghangat seperti sekarang.

      • Kalau nggak salah ingat (sumber tolong cari sendiri, ada di hadits, cuma lupa dari siapa), jumlah nabi totalnya 124.000 orang. Mohon maaf kalau salah..
        Jarak 1 abad/100 tahun itu cuma diperkirakan/rata-rata, untuk mempermudah perhitungan usia saja.

      • Rasul kita ada 25 mas, kalau keseluruhan total Nabi seperti yang di bilang bro@tee.too sekitar 124.000 atau lebih

      • Ente salah. Wawasannya ditambah om.
        Dari bukti arkeolog udah dipastikan manusia telah ada jutaan tahun yg lalu.
        Dan ente harus ingat om. Dari bukti2 ilmiah, yg namanya jaman es sifatnya ngak mengglobal. Disatu daerah dingin didaerah lainnya menjadi hangat (subur). Banyak buktuli2 arkeologis dari berbagai macam peradaban besar yg telah ada sejak jaman es ataupun sebelum maupun sesudah jaman tsb.

        SAtu lagi. 25 rasul/nabi dalam Alquran cuma menggambarkan sosok nabi2 besar yg mempunyai derajat yg lebih tinggi diantara nabi2 kecil yang lain.
        Ada puluhan ribu jumlah nabi yg mendapat wahyu dari sang pencipta. Semuanya membawa ajaran monoteism. Salah satu contohnya adalah Amenkhotep 4 {firaun mesir (1400 tahun sebelum masehi)} yg membawa ajaran monoteism tapi dibunuh/kudeta oleh para pendeta2 politeism dikerajaannya yg yg berkinspirasi dgn prajurit2 kafir dikerajaan tsb.

        SubhanAllah.

        SEpakat dengan pernyataannya @tee.too

    • jarak antar nabi tidak linear bisa sama bisa beda2, dan dalam satu tahun bisa turun lebih dari 10 nabi tapi tempatnya berbeda beda….sumbang saran saja pak

  5. Menurut Anda :
    – Nabi Adam adalah makluk pertama yg berwujud manusia. Ada +/- 200.000 tahun lalu.

    Padahal : Nabi Adam adalah Khalifah (pemimpin) di bumi, berarti ada yg harus “dipimpin”. Yg dipimpin ini bisa dari golongan manapun (jin atau makhluk lainnya) yg bisa jadi mirip manusia yg sudah ada pada masa-masa terdahulu & sangat lampau. Jadi, jangan disimpulkan Nabi Adalah makhluk pertama. Nabi Adam bukan Homo Sapien ato apalah yg ky cerita sejarah.

    – nabi Idris hidup +/- 70.000 tahun lalu. Jarak dengan Nabi Adam hanya beda 6 generasi dengan beda tahun +/- 130.000 dengan Nabi Adam.

    padahal : Umur Nabi yg paling panjang yg saya baca itu Nabi Adam, dg umur +/- 1.000 tahun. Anggaplah keturunan Nabi Adam s.d. Nabi Idris 1.000 tahun masing2 generasi. jarak Nabi Adam-Nabi Idris hanya 9.000 tahun, bukan 130.000

    – nabi Nuh hidup +/- 10.000 tahun lalu.Jarak dengan Nabi Idris cuma 3 generasi dengan beda tahun +/- 60.000 tahun.

    Padahal : Sama seperti penjelasan Nabi Idris. Anggap umur maksimal 1.000 tahun tiap 1 generasi. Dengan beda 3 generasi, berati maksimal beda hanya 3.000 tahun.

    Waallahu a’lam bishawaf..

    • Kita gak tahu yang sebenarnya terjadi bisa jadi memang berjarak 200.000 tahun atau cuma 10.000 tahun

      Waallahu a’lam

    • Saya mencoba, menyusun Time Line Peradaban Manusia…

      200.000 – 10 juta tahun yang lalu
      Diperkirakan masa turunnya Nabi Adam

      72.000 – 100.000 tahun yang lalu
      Diperkirakan masa kehidupan Nabi Idris (Oziris) di Mesir Purba

      20.000 – 70.000 tahun yang lalu
      Peradaban Lemuria, kemudian berakhir dan mengungsi ke Planet lain

      13.000 tahun yang lalu
      Masa kehidupan Nabi Nuh

      11.600 – 13.000 tahun yang lalu
      Sebagian bangsa Lemuria, ada yang kembali ke bumi. Mereka membaur dengan Keluarga Yafet bin Nuh, dan secara bersama-sama membangun Peradaban di Sundaland. Hasil pembauran dari keduanya, dikenal sebagai Bangsa Atlantis.

      Bangsa Atlantis mencoba menata kembali bumi, yang luluh lantak oleh Bencana Global di masa Nabi Nuh, dan Peradaban ini kemudian hancur oleh bencana Banjir (catatan Plato)

      Penduduk Atlantis berpencar ke seluruh penjuru bumi. Mereka kemudian menjadi leluhur bangsa-bangsa di Asia Timur, seperti ras Mongoloid dan Altai

      4.500 tahun yang lalu (2.500 SM)
      Sebagian keturunan Penduduk Atlantis dari Kepulauan Taiwan (Teori lain mengatakan dari Yunnan Cina Selatan), pulang kampung ke Sundaland (Nusantara), dikenal sebagai bangsa Proto Melayu

      WaLlahu a’lamu bishshawab

      • Yg ente bilang asumsi doang. Sama kek evolusionis yg sedang berkhayal tentang manusia goa yg hidup dijaman batu cuma dari melihat fosil perkakas batu yg ditemuinnya. Trus bisa dirinci secara jelas sampai ke kehidupan rumah tangga tuh manusia goa. Padahal yg diteliti cuma seponggah batu doang. Gak ada manusianya.

        WKwkwkwkwkwk

    • Yah jelas aja manusia itu pemimpin dari alam. Termasuk sejenis makhluk kera/monyet didalamnya.
      Ente coba2 dah ternakin monyet/kera/gorilla/orang utan. Ntar ente jadi khalifah dari tuh monyet. Sapa tahu aja tuh monyet jadi songokong atau hanoman.

      Wkwkwkwkwkwk

      DAn satu lagi. Manusia = homosapien. Artinya makhluk berjalan tegak.

      Wkwkwkkwkw

      ADam beserta keturunannya yah itulah homo sapien menurut para evolusionis.

      Bahkan sampai sekarang aja ada manusia yg berjalan bongkok atau bertampang kek (maaf) kera or monyet. Bukan maksud sara yah.

      KIta beserta makhluk gak berakal lainnya termasuk monyet, ular beludak, naga bonar dll itu diciptakan secara semak. Serempak diciptakan dgn keprubadian masing2. Manusia yg paling sempurna dan yg paling beradab diantara lainnya. Khalifatul fil ardh.

  6. nabi adam as umur nya 1000 thn….?.tp dalam catatan sejarah tidak pernah di ceritakan nabi adam sudah wafat ataw belum.bahkan ada ceritera klo nabi adam sampai saat ini belum meninggal………..Waallahu a’lam

    • Dan telah berlalunya nabi2 sebelum kamu.
      Berlalu = telah tiada/habis masa kenabiannya.

      INi tafsiran para ulama terhadap kalimat dalam Alquran.

      Wayhu ini secara tidak langsung menegaskan bahwa semua nabi telah belalu dan telah tiada saat Rasulullah membawa kabar penyempurnaan dari ajaran monoteism.

      Pikir lagi kalau ente bilang Alquran ngak pernah mengatakannya.

      • Ayat tsb penekanannya secara tegas. Tidak bermaksud kiasan/implisit.

        Nabi Adam telah tiada.

  7. sejauh yang saya pelajari :
    1.ADAM adalah MANUSIA pertama, tapi memang bukan MAHKLUk berakal pertama…
    2.ADAM mulai di turunkan ke planet bumi +/- 8.000 thn yg lalu dan wafatnya dlm usia 950 thn dgn tinggi badannya 60 hasta ( 27,5 mtr ). Seblmnya dia sudah hidup di surga dgn SITI HAWA selama beberapa ratus thn waktu bumi.
    3. Jarak antara ADAM s/d NUH adalah 9 generasi ( 1.600 thn )
    karena ADAM msh hidup s/d keturunannya yg ke 6. Jadi jaraknya ngga sampe 9000 thn ato lebih.
    4. Adapun peradaban lembah indus,dll adalah peradaban mahkluk berakal sblm ADAM.
    Jadi klo ada pninggalannya, yah wajar aj..mereka juga mahkluk berakal, wlopun ngga secanggih akal keturunan ADAM-HAWA.
    5.Pada zaman NUH manusia sudah sempat mencapai tingkat peradaban yg tinggi, tapi musnah krn banjir besar, jd kembali ke zaman batu. Tapi NUH dan org2 yg beriman selamat. Dari masa inilah awal titik pnyebaran manusia ke seluruh penjuru dunia serta ukuran tubuh manusia semakin mengecil dari setiap generasinya, akibat Genetical bottleneck ( kata dr. Lesser ) dan pngaruh gravitasi bumi.

    • Ini adalah komentar yang paling bener.

    • Komentar paling ngaco. Gak ilmiah.
      Banjir nuh bukan banjir global.
      yg ente bilang ngawur gak sesuai bukti arkeologis. Baca2 lagi hasil2 riset dari kejadian banjir nuh. Paling bagus baca karya Harun Yahya. Itu ilmiah.
      Nuh tinggal didaerah cekungan dibagian armenia. Dan ada bukti2 banjir besar didaerah tsb setinggi gunung yg mengelilingi daerah tsb.

      Perlu diingat juga. Banjir nuh diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi. Dan dalam fenomena siklus hujan, jumlah hujan dan menguapnya air laut selalu stabil dalam siklus tahunan. Maksudnya jumlah yg naik sama dengan jumlah yg turun. Itu bahasa awamnya.

      Jadi gak ada isyilahnya banjir global. Jikapun ada, kemana airnya. Sedangkan tinggi permukaan air laut itu selalu konstan.

      ADa2 aja teori ngawur ente om.

      HEheheheheh

      ^^

      • lho, benar. banjir besar itu terjadi karena perubahan kutub magnet bumi yang menyebabkan tsunami dan pergeseran lempeng bumi secara besar, hingga posisi mesir itu dulu awalnya sbelum banjir , berada di kutub. banjir ini terjadi secara singkat, cuma merendam sesaat karena gempa yang di akibatkan pergeseran kutub magnet bumi itu, mungkin kalo tinggal di pinggir pantai, akan terlihat seperti tsunami, tapi karna tinggalnya ditengah daerah pegununggan, makanya, air terlihat seperti air bah banjir saja.

    • Tambah lagi. Adam itu khalifah atau pemimpin. Kata lainnya makhluk berakal pertama yg mampu memimpin alam yg ditempatinya. Dan Allah udah menyatakannya melalui Alquran.

      BAgaimana mungkin ada peradaban sebelum Adam AS. Sedangkan Adam adalah makhluk pertama yg diciptakan oleh Tuhan yg mampu mengenal berbagai macam nama2 benda. Ketimbang makhluk ciptqan lainnya.

      Tuh paku baja atau kubus metal seperti mesin bor udah ditemukan para arkeolog. Umurnya berkisar jutaan tahun lalu. Bukankah hanya makhluk berakal yg bisa berfikir dan menguasai nama2 benda yg mampu membuatnya?

      Berarti ada telah ada jutaan tahun lalu. Perlu dikaji lagi interpretasi ente terhadap surrah Albaqarah ayat 30.

      Jangan sampai salah menafsir.

      • Berarti Adam telah ada jutaan tahun lalu. Perlu dikaji lagi interpretasi ente terhadap surrah Albaqarah ayat 30.

    • ga masuk akal ente bro.. umur nabi adam aj 1000 tahun dan nuh gen ke 6 atau 9 juga umurnya mendekati 1000 tahun. mestinya gen ke 100 juga umurnya msh diatas 500 tahun. kl berdasarkan umur yg panjang ini berarti rata2 manusia umurnya 500 tahun skrng karena kemungkinan msh generasi 100-150 dari nabi adam. pdhl skrng umur manusia rata2 65 tahun. sepertinya masuk akal kl nabi adam diturunkan di bumi sejak lbih dari 50.000 tahun yg lalu.
      rasulullah sampai skrng aj udh skitar 40-50 generasi dan tinggi badan ataupun umur juga sama dg kita.
      kl jarak nabi adam dg kita kurang dari 10.000 tahun berarti anak cucu nabi nuh langsung mengecil tingginya selutut nabi nuh dan umurnya tinggal 200-300 tahun?
      dlm al quran juga tidak disebutkan jarak nabi nuh atau nabi adam dg rasulullah jadi kita yg wajib menghitungnya sndiri dg bukti arkeologi dan akal

  8. Hmm.. Saya sudah baca tulisan anda. Saya sendiri belum berpikir sampai sana. Namun jika disuruh mikir, saya akan merujuk pada saat raja firaun berkuasa di mesir dengan pyramidanya.

    Sedikit ralat tulisan anda, yang benar adalah nabi musa dengan firaun, bukan nabi nuh dengan spynx, karna jaman piramida adalah jaman nabi musa.

    Dan menurut beberapa situs yg terpercaya umur piramida adalah (meski berbeda tapi rentang nya) 2000-3000 SM bukan 13000 (11000SM) seperti kata anda.

    Oya, saya lebih sepakat berusia ribuan tahun masa kenabian. Sebenarnya tidak disebutkan berapa tahun sejak ada adam. Namun jika mau meruntutkannya, gampang kok gan.

    Misal paling mudah dan bisa dibuktikan alquran dan peneliti usia piramida, kemudian saat piramida adalah nabi musa. 
    Nabi Musa telah beristerikan dengan puteri Nabi Syuaib yaitu Shafura. Jadi sebelum nabi musa adalah nabi syuaib. Jadi kalo kira2 pukul rata 1 nabi berumur 1000tahun, jadi nabi syuaib masanya 4000SM karna piramida adalah 3000SM.

    Terus pendekatan lewat alquran tentang nabi ibrahim dengan 3 putranya yang juga nabi bisa juga diruntut hingga ketemu kapan adam ada.

    Sepertinya anda perlu lebih update lagi dalam membaca dan menganalisa. Thx u.

    Oya,ini ada bacaan mengenai adam dan manusia purba. Threadnya ramai sih dan banyak yg setuju.
    http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15131137

    • Trit kaskus ente ngawur. Yg setuju juga pada ngawur. Karna yg baca rata2 orang awam.

      CKckckckckck

    • Penelitian di ancient aliens yang tayang di channel history, piramid dan sphinx umurnya bukan ribuan tahun tapi lebih tua lagi sehingga mereka menyimpulkan yang membangun adalah alien bukan manusia

  9. yang dimaksud manusia yang berusia lebih dari 200.000 tahun mungkin manusia purba (neandhertal). nabi adam sekitar 8000 tahun yng lalu

  10. Teori Darwin tidak salah, manusia memang berevolusi, tapi bukan dari kera melainkan dari besar menjadi kecil. Coba difikirkan jika Kaum Nabi Hud berjalan maka tanah bergetar, itu bisa terjadi kalau bobotnya diatas 1000 ton dan tingginya 20 m, jika Nabi Adam 60 hasta atau 30 m, pasti masa evolusinya jauh lebih lama, karena semakin cerdas suatu makhluk maka makin lama masa evolusinya, kuda saja berevolusi selama 58 juta tahun untuk bisa seperti sekarang. Menurut saya, dinosaurus punah 65 juta tahun yang lalu karena hujan meteor, 10 juta tahun kemudian atau 55 juta tahun yang lalu hewan hasil evolusi dari hewan purba yang tersisa di dalam lautan mulai kembali menghuni daratan, seiring diturunkannya Adam dari Surga ke Bumi, lalu keturunan Adam setiap 1 juta tahun berkurang tingginya 1 hasta atau 0,5 m. Sedangkan Nabi Nuh jaraknya 3 juta tahun setelah nabi Adam dan tingginya 27 m, artinya ketika banjir bandang terjadi, binatang yang dimuat perahu nabi Nuh yang berbentuk rakit dari kayu bulat itu sangat sedikit, karena sebagian besar binatang waktu itu masih berbentuk ikan, seperti anjing laut dan pinguin yang ada sekarang. Evolusi dari kera pohon menjadi kera yang berjalan tegak di tanah baru terjadi 1 juta tahun yang lalu, ketika keturunan Adam tingginya tersisa 2 m. Memang keduanya berevolusi, tapi di jalan masing-masing dan tidak ada hubungan.

    • Teori Darwin salah, ente lihat, kepiting dari berjuta2 tahun lalu, gx berubah2 tuh. Memang, si Darwin ini. Coba Darwin itu berpendidikan, pasti jadinya gx seperti ini…

    • What the hell…

      INi lagi tanggapan ngawur hasil bedah otak antek2 darwin.
      Dari besar menjadi kecil itu namanya bukan evolusi. Tahu ngak arti evolusi yg dimaksud darwin?
      Yg besar jelas lebih mudah untuk bertahan hidup ketimbang yg kecil.
      Apa tujuan manusia menjadi kecil? Untuk bertahan hidupkah?
      Ada2 aja ente. Tuh diatas udah disebutkan ada yg namanya genetical bottleneck. Apa itu evolusi?
      Jaman sekarang aja ada manusia dewasa yg tingginya cuma 140-150 cm. Ada yg tingginya 180-210 cm. Bahkan jaman sekarang ada juga orang2 tertentu yg mempunyai tinggi hingga 3-4 meter.

      Kera dari jaman badut udah gitu bentuknya. Cheetah, rusa, kambing, sejenis anjing liar di afrika (bukan serigala yah coz gw lupa namanya) dll. Itu udah ada bukti2 fosilnya dari 10-60 juta tahun lalu.

      OTaknya dipake om. Tambah tuh wawasan. Teori evolusi itu bullshit. Udah terbantahkan.

    • Oh.. ya. Gw baru ingat. Sejenis anjing liar tuh maksudnya Hyena. Fosilnya yg berumur jutaan tahun lalu. Apa hyena berevolusi?
      Apa jerapah berevolusi? Apa cacing berevolusi? Apa manusia dalam kandungan dari zigot hingga kebentuk manusia itu namanya berevolusi? Atau dari telur ayam berubah menjadi ayam itu namanya evolusi?

      Jawabannya TIDAK!

      Semua makhluk hidup bersifat semak. Muncul dgn bentuk dan kepribadian masing2 secara bersamaan. Tidak melalui proses evolusi!

      Tambah wawasan ente om!

  11. Satu lagi tambahan fakta Pada tahun1972 di oklo,gabon Afrika temukan Reaktor nuklir yang telah berusia 1,8 milyar tahun.berarti Nabi Adam ada jauh sebelumnya.

    • Yaelah.. om. Itu reaktor nuklir alami. Reaktor yg dibentuk alam. Ente baca blog ngawur tuh yg bilang reaktor oklo hasil ciptaan manusia!

      PEnemunya aja ngak pernah klaim bahwa itu buatan manusia. Tapi terjadi secara alamiah. Air salah satu unsur yg mempengaruhi reaktor tsb.

      Ckckckckckck

  12. Assalamu’alaikum ikhwah..

    Klo soal usia, mo cari via google, coba cari ttg peninggalan prasejarah tertua, baik itu artefak, kuil, maupun sejenis itu, tp bahasanya orang bule..
    Baru2 ini, klo gak salah linknya mnunjukkan di postkan skitar bulan Juni 2012, para peneliti mnemukan patung kecil dari gading bentuk kuda & mammoth di sebuah gua, daerah jerman yang usianya 33.000 SM..
    ‘SM’/ ‘BC’, Sebelum Masehi/Before Christ, yaitu hitung2an tahun klo mnurut SM/BC itu dimulai dari setelah Nabi Isa as lahir (itu jg klo gk direvisi, krn klo Before Christ, brrti sblm Yesus lahir)..
    33.000 SM, ditambah pertimbangan ttg masa hidup Nabi2 sblm Isa as lahir, berarti bisa jd Nabi Adam as diturunkan ke bumi ratusan ribu/jutaan thn SM..
    (yg blg Nabi Adam lahir dari rahim wanita, antum pny bukti? tlg bwa ksni, kita liat sama2 sejarah yg meriwayatkannya)..
    Dan, di slh 1 ayat QS. Al Mu’minuun itu ad mnyebutkan ttg Tannur (baca sndr ya, ad di awal2 surat hehe), yaitu smcm alat pemanggang roti dari tanah liat, jaman Nabi Nuh..
    Klo soal 124.000 Nabi, biiznillah antum benar, tp ada Nabi2 yang hidup di satu masa yang sama, cuma daerah tempat tinggalnya ada yang berbeda2..

    Penasaran ya, klo soal usia..
    Yang jelas, ana percayanya bhw Allah menyisakan & menyimpan bekas2 sejarah orang2 yg terdahulu supaya kita bisa mengambil hikmah dari itu semua..
    Mksd ana menyimpan :krn ad yg sudah terungkap, ad yg belum. Contoh yg sudah terungkap ttg Piramida di Bawah Laut Jepang, dketemukan setelah tsunami kmren.
    Gak kebayang apa lagi yg ada di bwh bumi & diatas langit..
    Subhanallah

  13. Misteri yang belum terpecahkan
    Tinggi nabi Adam 30 meter (dr hadist nabi)
    Tinggi manusia sekarang kurang lebih 2 meter
    Diperlukan waktu berapa lama ya, perubahan tinggi manusia
    Yang tadinya 30 meter menjadi rata2 2meter di zaman yang sekarang kita kenal.

  14. sudah jelas bahwa nabi Adam bukan manusia pertama, coba simak AL-QURAN ALBAQARAH:30 “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (Albaqarah: 30)

    Tidak mungkin malaikat bisa bicara seperti itu tanpa melihat sendiri kejadian yg telah lalu.

    • Adam itu manusia pertama sbelum allah menciptakan manusia dy sudah menciptakan iblis,jin dan malaikat

    • kasan azmatkhan

      Inilah urut2 an penciptaan Makluk ( yg memiliki jiwa dan berbudi ) oleh Alloh Swt :
      1. Makluk pertama : Malaikat yg mana malaikat telah mendiami bumi untuk yg pertama kali, bukti arkeologinya adalah Ka’bah yg dibangun oleh malaikat.
      2. Makluk Kedua : Iblis adalah makluk kedua yg menghuni bumi. Iblis adalah menurunkan atau bapak dari para Jin.
      3. Makluk Ketiga : Adam dan Hawa sebagai bapak dan Ibu dari manusia.

      >> Makluk yg menghuni bumi sebelum manusia adalah Iblis dan Jin, mereka senang berbuat kerusakan di bumi dan saling menumpahkan darah. Makluk ini adalah yg dikatakan oleh Para Malaikat pada surat Al Baqarah ayat 30.
      >> Karena para Iblis dan Jin suka berperang dan menumpahkan darah, maka Alloh menugaskan para malaikat menumpas Iblis dan Jin. Maka banyak dari Iblis dan Jin yg lari sembunyi di pegunungan dan gua2. ( Oleh sebab Iblis dan Jin suka berbuat kerusakan dan saling bunuh membunuh di bumi, maka Alloh memutuskan menciptakan Adam sebagai pengganti Iblis dan Jin.
      >> Adam diturunkan di bumi sebagai pemimpin manusia ( keturunannya ) dan Jin sebagai anak keturunan Iblis.
      >> Dalam Islam dilarang keras perkawinan dalam satu keluarga ( INCEST ). Oleh karena itu Anak – anak Adam generasi pertama dikawinkan dengan golongan JIN ( Ini adalah tafsiran dari ulama SUNNI ). Sedangkan pendapat yg mengatakan bahwa Anak – anak Adam generasi pertama dikawinkan SILANG dengan saudaranya ( Perkawinan INCEST ) adalah pendapat ulama SYIAH yg menyesatkan.
      >>Perkawinan antara manusia dan jin tak jarang terjadi di dunia ini. Beberapa kali media pernah memberitakan anak hasil pernikahan Jin dengan manusia,

      • Ckckkckcck…

        PAke tuh akal om. Jangan ngaco. Ente tahu materi?
        MaNusia makhluk materi. Dari tanah yg menjadi segumpal daging/darah.
        Jin diciptakan menggunakan unsur yg berlainan dgn manusia. Tanah x api kok bisa mempunyai keturunan?

        Tanah x tanah aja (manusia x monyet/kuda/anjing/hewan) jelas kalo berhubungan badan gak akan menghasilkan keturunan karna perbedaan fundamental dari struktur yg diciptakan (gen/dna, dll).

        Apalagi jika berhubungan badan dgn jin yg jelas mendiami alam yg berbeda dan struktur tubuh/wujud yg berbeda juga. Ulama sunni yg mengatakannya jelas2 ngak berakal. Gak menggunakan otak nya. Masih berpikiran mistik dan Melawan sunatullah yang talah ditetapkan oleh Allah.

        UNtuk menyiasati perkawinan sedarah, justru adam memberikan contoh. Anak kembarnya yg pertama dikawinkan silang dgn anak kembar berikutnya dan berikutnya. Allah telah membuat rahim siti hawa untuk melahirkan anak kembar setiap kelahirannya.

        Ckckkckkckc

        Yg ente bilang gak berdasar alquran.
        Alquran bersifat saintifik.

      • Tambahan lagi. Jika diteliti berdasar faktor kelahiran kembar dalam rahim siti hawa, penyebab utamanya adalah Adam. Seperti kata Alquran. Manusia (setelah Adam) diciptakan dari air mani yg dipancarkan. Berarti secara tidak langsung, tingkat kesuburan rahim Siti Hawa dan kualitas sperma dari Adam AS benar2 mempunyai kualitas diatas rata2. Manusia pertama loh.

        RAhim Siti hawa setiap saat mampu dibuahi oleh dua sperma yg membawa kromosom x dan y.

        Segitu kuatnya kualitas sperma Nabi Adam AS.

        SubhanAllah.

    • Ini lagi diatas pernyataan gak berdasar dari si @alan. Perlu dikaji lebih komprehensif lagi tuh ayat om. Harus ada dalil2 sahih juga yg mendukung.

      Albaqarah ayat 30 bercerita ttg masa depan. Bukan kah alquran juga bercerita kejadian2 masa yg akan datang? seperti kemenangan bangsa romawi terhadap persia di surrah ar-room ayat 1-3. Ayat itu turun 7 tahun sebelum kemenangan kembali oleh bangsa romawi timur/bizantium terhadap bangsa persia.

      Tuhan telah mengatakannya 7 tahun sebelum kemenangan bangsa romawi tsb.

      Hadis2 nabi juga bercerita ttg kemenangan islam merebut kekaisaran kristen bizantium (turki) +/- 800 tahun sebelum kemenganan itu terpenuhi.

      BEgitu pula dengan surrah albaqarah ayat 30. Yg dikatakan malaikat adalah kondisi masa yg akan datang ketika manusia itu diciptakan.
      Gak usah jauh2. Lihat sejarah berbagai perang yg terjadi diantar peradaban manusia.
      Dari jaman babilonia bahkan jauh sebelumnya hingga ke world war 2 sampai ke kondisi saat ini (perang terhadap terorism) ataupun berbagai pertumpahan darah antar etnis di bosnia, palestina, jerman, afrika, asia tenggara dll.

      ITu arti dari ayat tsb. Kondisi yg akan datang!

      • Albaqarah ayat 30 juga bercerita :
        Selain menumpahkan darah antar sesamanya, manusia juga merusak bumi.
        Dan ini terjadi sekarang. Seberapa besar sumber2 alam yg digali oleh berbagai persahaan tambang trans nasional? Seberapa besar polusi udara yg diakibatkan oleh negara2 industri besar? Seberapa banyak perusahaan yg mengeksploitasi sumber daya alam yg gak sesuai dgn amdal? Berapa juta kubik jumlah kayu yg telah ditebang oleh perusahaan2 kayu yg kemudian menggunduli hutan baik yg legal maupun ilegal? Mengapa ada berbagai bencan longsor atau erosi? Seberapa banyak manusia dan alam yg terkena dampak radiasi akibat percobaan2 nuklir dari kelompok2 tertentu?

        SEmuanya udah digambarkan oleh perkataan malaikat secara tegas dalam surrah albaqarah. Tapi tuhan tetap menciptakan manusia karna hanya Dialah yg mengetahui Maksud dari segala maksud. Dialah yg menciptakan sebab akibat

  15. Silakan dibaca hadits riwayat Hakim berikut ini. Dpt disimpulkan bhw berdasarkan hadits ini umur manusia sejak nabi Adam diturunkan ke bumi tidaklah lebih dari 8000 tahun. Dari Ibnu Abbas, dari (cerita) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam (kepadanya), kemudian ia berkata: “Umur Adam adalah 1000 tahun”. Kemudian ia berkata: Antara Adam dengan Nuh adalah 1000 tahun, dan antara Nuh dengan Ibrahim adalah 1000 tahun, dan antara Ibrahim dengan Musa adalah 700 tahun, dan antara Musa dengan Isa adalah 1500 tahun, sedangkan antara Isa dengan Nabi kita adalah 600 tahun.
    [HR. Hakim]

    • Hadis2 itu menjadi doif ketika tidak sesuai dgn kenyataan atau hasil penemuan ilmiah. Bukankah alquran bersifat ilmiah. Keilmiahan alquran justru menguatkannya sebagai firman Allah SWT.

      Sama seperti berbagai hadis tentang pernikahan Rasulullah dengan Aisyah. Yg menjadi kontradiksi adalh antara hadis yg bercerita ttg umur pernikahan Aisyah yg katanya 6 dan 9 tahun dibandingkan dgn waktu kelahiran Aisyah.

      DAlam hadis, jika dikaji berdasar kelahirannya, maka umur ketika Aisyah menikah adalah sekitar 15-19 tahun. Sedangkan hadis lainnya (yg berdasar satu sumber) mengatakan Aisyah menikah saat berumur 9 tahun dan dijodohkan saat berumur 6 tahun.
      Bukankah ini kontradiksi antar hadis.
      Didalamnya terdapat keragu2an. Bersifat floating atau ngambang. Maka kepercayaan akan umur 9 tahun saat aisyah menikah wajib ditinggalkan. Ini bisa menjadi bulan2an oleh kaum kafir terhadap Rasulullah (yg katanya pedofil).

      ENte tahu bias makna kan om. Hadis dikumpulkan berdasar ucapan lisan yg bisa saja maknanya tereduksi tiap generasi.
      Hadis bukan catatan. Tapi perkataan yg disampaikan secara lisan maupun tingkah laku Rasulullah yg pernah dilihat oleh para sahabat. Lisan ini kemudian dikumpulkan dan dicatat oleh Bukhari/muslim dll. Ada yg sahih dan ada yg doif. Sekalipun yg sahih tsb berdasar orang2 yg terpercaya (bias makna atau misinterpretasi sangat mungkin terjadi). Setiap ulama berbeda pandangan terhadap hadis2 tsb.

  16. kasan azmatkhan

    Generasi pertama dari Nabi Adam dan Ibu Hawa adalah Qobil ( meninggal ) , Habil, Labuda dan Iqlima.
    1. Kita tidak mengetahui berapa banyak manusia yg diturunkan dari 3 anak generasi pertama tersebut.
    2. Nabi Syits bukanlah generasi pertama keturunan Nabi Adam. Jadi kita tidak mengetahui berapa generasi yg ada di atas Nabi Syits ( JADI ADA JARAK antara Nabi Syits, dan 3 anak pertama tersebut , bisa jadi ribuan bahkan ratusan ribu tahun )
    3. Data silsilah yg ada selama ini, yg menyebutkan bahwa Nabi Nuh adalah bin Lamik bin Metulsalekh bin NABI Idris bin Yarid bin Mahlail bin Qinan bin Anwas bin NABI Syits bin NABI Adam ADALAH SILSILAH GARIS BESAR SAJA ( NAMA2 yg dimunculkan adalah nama2 dari orang yg terkenal saja. . Bila silsilah ASLI DIBUAT…maka silsilah dari ADAM sampai ke NABI IDRIS akan menghabiskan puluhan buku TEBALNYA. Mungkin SILSILAH yg menyebutkan bahwa NABI IDRIS adalah keturunan GENERASI KE-ENAM dari NABI ADAM adalah cara Alloh agar manusia bisa mempelajari dengan SIMPLE/MUDAH mengenai jalur KETURUNAN PARA NABI. BAYANGKAN bila semua nama2 dari NABI ADAM SAMPAI NABI IDRIS ditulis, maka akan menjadi puluhan buku dan hal ini akan bahaya karena banyaknya buku akan RENTAN HILANG oleh bahaya BENCANA ALAM dan lainnya yg mengakibatkan umat selanjutnya tidak dapat mengetahui jalur keturunan Nabi dengan benar. Wallohu Alam.

    • Nah.. ini ana sepakat dgn ente om.
      Contohnya Siti Maryam. Dalam Alquran, Siti Maryam dikatakan saudara nabi Harun As.
      Padahal jarak eksistensi antar keduanya sangat jauh berbeda.

      Kenapa Maryam dikatakan saudara perempuan nabi Harun?
      Seperti yg termaktub dalam surrah Maryam ayat 28.

      JAwabnya karna Maryam lahir dari garis keturunan Harun As. Jadi Istilah saudara perempuan Harun mengacu pada klan keluarga Siti Maryam tsb. Dalam pohon keluarga, maryam dan harun mempunyai jarak yg berbeda jauh sekitar 1300 tahun.

      Harun nabi Musa AS hidup dijaman yg sama.

      INi contoh yg mengacu pada rentetan silsilah para nabi. Jaraknya bisa ribuan, puluhribuan bahkan ratusan ribu tahun antar keturunan yg disebutkan dalam kitab2 yg diturunkan Allah. Penetapan tahun dalam bible maupun hadis hanyalah hasil olah otak manusia pada saat itu. Yg jelas alquran tidak menyebut rincian angka tahunan seperti yg tertulis dalam bible.

      Seperti juga waktu penciptaan. Dalam bible di sebut secara explisit bahwa alam semesta diciptakan selama 6 hari. Hitungan harinya menggunakan hitungan hari manusia?

      Tapi tidak dengan Alquran. Alquran menjelaskannya dengan 6 masa. Kata masa berarti mengacu pada periode tertentu. Bisa saja antar periode berjarak milyaran tahun.
      Maka, alam semesta tercipta dgn periode2 yg berjarak milyaran tahun setelah bigbang terjadi.

      BEgitu pula dgn silsilah para Nabi dalam kitab2 suci.

  17. kasan azmatkhan

    DARI SILSILAH yg ada saat ini :Nabi Nuh adalah bin Lamik bin Metulsalekh bin NABI Idris bin Yarid bin Mahlail bin Qinan bin Anwas bin NABI Syits bin NABI Adam :
    Bila silsilah di atas diteliti, maka :
    1. NABI ADAM berusia 1000 tahun, dlm rentang waktu tersebut, seharusnya KETIKA Nabi Idris lahir Dan berdakwah, Nabi ADAM kemungkinan harus masih hidup bersama dengan Nabi Idris. ( tapi ini tak terjadi )
    2. Nabi Nuh adalah CICIT dari Nabi Idris. Bila Nabi Idris usianya ratusan tahun, seharusnya beliau masih hidup dan satu kapal dengan Nabi NUH. ( Tapi ini tak terjadi ).
    JADI…SILSILAH di atas adalah SILSILAH GARIS BESARNYA SAJA ( Hal ini di takdirkan oleh Alloh Swt agar manusia mudah mengingatnya ). Wallohu Alam,

  18. Aslm.. haha,, maaf saudara2.. berbicara sangatlah perlu seperti bahasa presiden pertama kita “jangan mernah melupakan sejarah”.. akan tetapi berbicara mengenai sesuatu yeng jauh di belakang tentunya kita butuh cermin atau memutar badan.. hingga dapat melihat apa yang ada dibelakang kita.. wassalam..

  19. Tidak ada yg salah dgn bukti ilmiah ttg keberadaan peradaban manusia ratusan ribu tahun yg lalu melebihi usia Adam yg diteliti 5.000 SM – 7.500 SM. Yang salah adalah paradigma tunggal manusia kebanyakan yg mengatakan Adam adalah manusia pertama. Memang dlm agama samawi terutama Nasrani melalui kitab mereka berpendapat bahwa Adam adl manusia pertama. Tapi Al-Qur’an sendiri tdk pernah mengatakan Adam sbg manusia pertama.., yg ada hanya mengatakan akan menjadikan Adam sbg Khalifah.., itu saja !! Khalifah pertama bolehlah.., namun manusia pertama belum tentu. Tuhan itu Zat yg maha pintar.., manusialah yg pintar – pintar Bodoh !!! Mana mgkn bs zat yg maha pintar tsb menjadikan Adam Khalifah namun Khalifah di dunia yg kosong Tidak ada Dabbah ( makhluk yg mempunyai strugle of life spt manusia salah satunya ) utk dipimpin. Bila mmg begitu.., berarti Tuhan sdg bercanda.., atau bicara pepesan kosong !! Jelas sdh ada peradan Dabbah waktu itu.., namun terjadi kerusakan di muka Bumi. Lalu ALLAH akan menjadikan Khalifah sbg pengatur.., cikal bakal Nabi ( Rasul) di Bumi. Dan mmg begitulah mmg Para Nabi diturunkan / diutus.., utk memperbaiki kerusakan.., entah kerusakan fisik ataupun psikis.., bila terjadi kerusakan dimuka Bumi maka akan diutuslah seorang Khalifah (Rasul, Nabi, etc ).., tak terkecuali Nabi penutup.., Muhammad ! ” Khalifah “.., kata itu sendiri berarti pemimpin suatu kaum / umat /.sekelompok makhluk yg berdedikasi. Bicara pemimpin.., tentu Monyet, singa, bahkan semut pun punya pemimpin.., .tp mrk tdk terkategori spt yg dijelaskan diatas. Mereka itu ekosistem yg sempurna sunatullah yg amanah.., rantai makanan yg adil.., siklus yg seimbang.., tatanan yg bersimbiosis.., makhluk yg tdk berlebih2an.., tidak akan merusak BUMI. Sementara sdh terjadi kerusakan & pertumpahan darah di Bumi saat Adam blm dijadikan Khalifah.., sesuai berita para Malaikat di surat AL baqarah.., yg awalnya mempertanyakan Adam (yg mrk tau dr golongan manusia) utk dijadikan Khalifah diBumi… krn mrk tau justru manusia lah yg pada saat itu merusak Bumi. Ini jelas tertulis di Qur’an saat Malaikat berkata “…, UNTUK APA KAU JADIKAN KHALIFAH DARI GOLONGAN MANUSIA PADAHAL MEREKALAH YANG BERBUAT KERUSAKAN DAN PERTUMPAHAN DARAH…, (Qur’an surah Al-baqarah ayat : 30) ” Dari mana Malaikat tau bahwa ada makhluk semacam manusia yg membuat kerusakan di bumi.., apakah Malaikat sedang meramal masa depan.., atau dia justru tahu sesuatu yg ghaib ??? (jawab sendiri). krn sesuai lanjutan ayat di surah Al-baqarah tadi.., Bahwa hny pada ALLAH kunci ghaib.., bukan Malaikat !! Dan kalimat Malaikat di ayat tsb bukan FUTURE tense.., melainkan kalimat simple present tense ( “past” & “present” pd saat itu ).
    Masih panjang penjelasan utk pemahaman ini.., namun waktu tdk memungkinkan.., harus melakukan sesuatu yg lain.., mudah2an besok atau lain waktu bs share lagi. ( to be continued.., )

    • Ini perkataan ana diatas:

      =======================
      “Ini lagi diatas pernyataan gak berdasar dari si @alan. Perlu dikaji lebih komprehensif lagi tuh ayat om. Harus ada dalil2 sahih juga yg mendukung.

      Albaqarah ayat 30 bercerita ttg masa depan. Bukan kah alquran juga bercerita kejadian2 masa yg akan datang? seperti kemenangan bangsa romawi terhadap persia di surrah ar-room ayat 1-3. Ayat itu turun 7 tahun sebelum kemenangan kembali oleh bangsa romawi timur/bizantium terhadap bangsa persia.

      Tuhan telah mengatakannya 7 tahun sebelum kemenangan bangsa romawi tsb.

      Hadis2 nabi juga bercerita ttg kemenangan islam merebut kekaisaran kristen bizantium (turki) +/- 800 tahun sebelum kemenganan itu terpenuhi.

      BEgitu pula dengan surrah albaqarah ayat 30. Yg dikatakan malaikat adalah kondisi masa yg akan datang ketika manusia itu diciptakan.
      Gak usah jauh2. Lihat sejarah berbagai perang yg terjadi diantar peradaban manusia.
      Dari jaman babilonia bahkan jauh sebelumnya hingga ke world war 2 sampai ke kondisi saat ini (perang terhadap terorism) ataupun berbagai pertumpahan darah antar etnis di bosnia, palestina, jerman, afrika, asia tenggara dll.

      ITu arti dari ayat tsb. Kondisi yg akan datang!

      Albaqarah ayat 30 juga bercerita :
      Selain menumpahkan darah antar sesamanya, manusia juga merusak bumi.
      Dan ini terjadi sekarang. Seberapa besar sumber2 alam yg digali oleh berbagai persahaan tambang trans nasional? Seberapa besar polusi udara yg diakibatkan oleh negara2 industri besar? Seberapa banyak perusahaan yg mengeksploitasi sumber daya alam yg gak sesuai dgn amdal? Berapa juta kubik jumlah kayu yg telah ditebang oleh perusahaan2 kayu yg kemudian menggunduli hutan baik yg legal maupun ilegal? Mengapa ada berbagai bencan longsor atau erosi? Seberapa banyak manusia dan alam yg terkena dampak radiasi akibat percobaan2 nuklir dari kelompok2 tertentu?

      SEmuanya udah digambarkan oleh perkataan malaikat secara tegas dalam surrah albaqarah. Tapi tuhan tetap menciptakan manusia karna hanya Dialah yg mengetahui Maksud dari segala maksud. Dialah yg menciptakan sebab akibat.”
      =======================

      ENte melihat ayat hanya sepotong. Tanpa melihatnya secara keseluruhan surrah.
      Malaikat telah mengetahui kondisi yg akan datang karna manusia ditanamkan nafsu oleh Allah SWT. Nafsu ini yg bisa membuat manusia saling menumpahkan darah dan cenderung egois. Ego berdasarkan nafsu.

      Manusia pertama juga ditanamkan akal dan nalar untuk mengkaji sesuatu yg sebelumnya tidak diketahui oleh makhluk2 ciptaan sebelumnya. Ayat berikutnya bercerita tentang petunjuk Allah terhadap manusia pertama Adam akan nama2 benda sebagai syarat pengetahuan yg harus diketahui oleh bakal pemimpin/khalifah. Adam menyebutkan nama2 berbagai benda yg sebelumnya tidak diketahui malaikat/jin/iblis atau makhluk lainnya sekalipun.

      NAlar akal otak dan nafsu inilah cikal bakal terbentuknya peradaban antar bangsa.

      Perketaan ente diatas yg mencoba mensinergiskan bukti peradaban ratusan ribu atau jutaan tahun lalu yg ditemukan para arkeolog dengan ayat dalam alquran terus mengambil kesimpulan bahwa bukti2 arkeolog tsb merupakan bukti peradaban manusia/makhluk sebelum adam, lantas dimanakah hubungannya dgn ayat2 berikutnya dalam surrah albaqarah (ayat 31, 32, 33 dsb).

      SEcara tidak langsung, berarti malaikat pernah tunduk juga terhadap makhluk yg diciptakan untuk menjadi khalifah sebelum adam yg mengetahui juga berbagai nama benda2. Ini berdasar bukti peradaban yah.

      PEradaban sebelum ada adam menurut ente itu bukan peradaban bani adam!
      SALAH DAN NOL BESAR INTERPRETASI ENTE TERHADAP AYAT ALQURAN!

      menurut alquran adam lah makhluk beradap pertama yg mengetahui nama2 benda (cikal bakal peradaban). BERARTI ADAM TELAH ADA SEJAK RATUSAH ATAU JUTAAN TAHUN LALU. BISA DILIHAT DARI BUKTI PERADABAN LOH OM!

    • Ini perkataan ana diatas :

      =======================
      “Ini lagi diatas pernyataan gak berdasar dari si @alan. Perlu dikaji lebih komprehensif lagi tuh ayat om. Harus ada dalil2 sahih juga yg mendukung.

      Albaqarah ayat 30 bercerita ttg masa depan. Bukan kah alquran juga bercerita kejadian2 masa yg akan datang? seperti kemenangan bangsa romawi terhadap persia di surrah ar-room ayat 1-3. Ayat itu turun 7 tahun sebelum kemenangan kembali oleh bangsa romawi timur/bizantium terhadap bangsa persia.

      Tuhan telah mengatakannya 7 tahun sebelum kemenangan bangsa romawi tsb.

      Hadis2 nabi juga bercerita ttg kemenangan islam merebut kekaisaran kristen bizantium (turki) +/- 800 tahun sebelum kemenganan itu terpenuhi.

      BEgitu pula dengan surrah albaqarah ayat 30. Yg dikatakan malaikat adalah kondisi masa yg akan datang ketika manusia itu diciptakan.
      Gak usah jauh2. Lihat sejarah berbagai perang yg terjadi diantar peradaban manusia.
      Dari jaman babilonia bahkan jauh sebelumnya hingga ke world war 2 sampai ke kondisi saat ini (perang terhadap terorism) ataupun berbagai pertumpahan darah antar etnis di bosnia, palestina, jerman, afrika, asia tenggara dll.

      ITu arti dari ayat tsb. Kondisi yg akan datang!

      Albaqarah ayat 30 juga bercerita :
      Selain menumpahkan darah antar sesamanya, manusia juga merusak bumi.
      Dan ini terjadi sekarang. Seberapa besar sumber2 alam yg digali oleh berbagai persahaan tambang trans nasional? Seberapa besar polusi udara yg diakibatkan oleh negara2 industri besar? Seberapa banyak perusahaan yg mengeksploitasi sumber daya alam yg gak sesuai dgn amdal? Berapa juta kubik jumlah kayu yg telah ditebang oleh perusahaan2 kayu yg kemudian menggunduli hutan baik yg legal maupun ilegal? Mengapa ada berbagai bencan longsor atau erosi? Seberapa banyak manusia dan alam yg terkena dampak radiasi akibat percobaan2 nuklir dari kelompok2 tertentu?

      SEmuanya udah digambarkan oleh perkataan malaikat secara tegas dalam surrah albaqarah. Tapi tuhan tetap menciptakan manusia karna hanya Dialah yg mengetahui Maksud dari segala maksud. Dialah yg menciptakan sebab akibat.”
      =======================

      ENte melihat ayat hanya sepotong. Tanpa melihatnya secara keseluruhan surrah.
      Malaikat telah mengetahui kondisi yg akan datang karna manusia ditanamkan nafsu oleh Allah SWT. Nafsu ini yg bisa membuat manusia saling menumpahkan darah dan cenderung egois. Ego berdasarkan nafsu.

      Manusia pertama juga ditanamkan akal dan nalar untuk mengkaji sesuatu yg sebelumnya tidak diketahui oleh makhluk2 ciptaan sebelumnya. Ayat berikutnya bercerita tentang petunjuk Allah terhadap manusia pertama Adam akan nama2 benda sebagai syarat pengetahuan yg harus diketahui oleh bakal pemimpin/khalifah. Adam menyebutkan nama2 berbagai benda yg sebelumnya tidak diketahui malaikat/jin/iblis atau makhluk lainnya sekalipun.

      NAlar akal otak dan nafsu inilah cikal bakal terbentuknya peradaban antar bangsa.

      Perketaan ente diatas yg mencoba mensinergiskan bukti peradaban ratusan ribu atau jutaan tahun lalu yg ditemukan para arkeolog dengan ayat dalam alquran terus mengambil kesimpulan bahwa bukti2 arkeolog tsb merupakan bukti peradaban manusia/makhluk sebelum adam, lantas dimanakah hubungannya dgn ayat2 berikutnya dalam surrah albaqarah (ayat 31, 32, 33 dsb).

      SEcara tidak langsung, berarti malaikat pernah tunduk juga terhadap makhluk yg diciptakan untuk menjadi khalifah sebelum adam yg mengetahui juga berbagai nama benda2. Ini berdasar bukti peradaban yah.

      PEradaban sebelum ada adam menurut ente itu bukan peradaban bani adam!
      SALAH DAN NOL BESAR INTERPRETASI ENTE TERHADAP AYAT ALQURAN!

      menurut alquran adam lah makhluk beradap pertama yg mengetahui nama2 benda (cikal bakal peradaban). BERARTI ADAM TELAH ADA SEJAK RATUSAH ATAU JUTAAN TAHUN LALU. BISA DILIHAT DARI BUKTI PERADABAN LOH OM!

  20. Memang ada beberapa ayat di Qur’an yg berkata seakan Adam manusia pertama…, misalnya ” Hai bani Adam.., or.., kamu manusia berasal dari yang satu lalu kujadikan sepasang lalu berkembang biak.., dan banyak lagi ayat semisal.. ” nanti kita bahas semua itu.., ( bersambung )

    • Benar. Tuh orang yg ana tanggapi diatas gak mengkaji keseluruhan ayat2 dalam surrah albaqarah tsb.

      Orang diatas yg gw tanggapi itu cuma ASal ngomong dan ngambil kesimpulan membabi buta. Kalo ada ulama yg mengatakan bahwa adam bukan manusia pertama, maka ulama tsb wajib kita tinggalkan.

      Ana sepakat sama ente om.

      • Loh ane salah nangkap maksud ente.
        Wkwkwkwk ternyata ente orang yg sama yg ana komenin diatas.

        INtinya ente salah.

        Ana tarik lagi ucapan ana diatas komen ini.

        Ana kurang sepekat. Atau lebih tegas lagi kayaknya.

        Ana ngak akan pernag setuju dgn semua perkataan ente!

  21. Nabi Adam adalah manusia yg paling cerdas yg pernah ada. Karna mampu menyebutkan nama dari tiap2 benda, bahkan malaikat pun ga mampu menyebutkannya. Nabi Adam pernah tinggal di surga yg peradaban nya jauh lebih tinggi dari bayangan kita. Anggaplah anak turun nabi Adam dan peradaban nya musnah saat banjir di era nya nabi Nuh, dan yg tersisa hanya yg ada di bahtera nabi Nuh, mereka sempat menyaksikan peradaban yg di bangun nabi Adam cs yg mungkin jauh lebih hebat dari peradaban saat ini, karna nabi Adam manusia yg pintar. Embahe Plato cerita ke Plato waktu minum wedang jahe ke Plato kalo mbae cerita turun temurun tentang dunia Atlantis yg ilang…. Toh mbahe mbah nya Plato juga salah satu penumpang bahtera Nuh kan…. Karna Plato hobi nulis n ngayal, maka jadilah kisah Atlantis sesuai dengan akal pikiran dan imajinasi nya Plato…. Ga heran kalo org2 dulu bisa bikin Atlantis coss kepandaian dan peradaban nabi Adam masih ada sama mereka…. Beda dengan kita pusing mikirin gimana Borobudur di bangun, orang bikin kompleks olahraga di hambalang aja ambruk terus koq…. Soo berpikir dan berandai2 lah bahwa orang dulu jauh lebih pintar dari kita dan jangan menebak2 bahwa mereka bangsa primitif seperti teorinya mbah Darwin…. Kalo pemikiran saya salah yaaa mohon di sorry……

    • Ada yg benar ada yg salah om.
      Maslah adam, perspektif ente sama sepertu ana. Justru makhluk berakal dan beradap yg mengetahui nama2 benda yg bisa menciptakan satu peradaban. Dan inilah adam. Manusia pertama dan kakek moyangnya peradaban. Peradaban jutaahn tahu lalu yg berhasil digali jelas2 aja itu peradabannya bani adam yg mengetahui nama2 benda dan berakal serta mempunyai nafsu untuk saling menumpahkan darah. Karna memiliki gen adam.
      Hahahahahahah…

      Yg Salah ttg sejarah banjir nuh. Itu bersifat lokal. Alquran gak pernah mengatakan bahwa banjir nuh bersifat global. Ada kata kaum di situ. Alquran mengatakan kebinasaan kaum Nuh AS karna kekafirannya.
      Dan ini sesuai dgn bukti2 ilmiah dalam dunia arkeologi. Baca tanggapan ana yg diatas2 om.

      • Tambahan:

        Yang katakan banjir nabi nuh itu bersifat global adalah bible. Ente percaya bible om?

        Alquran ngak pernah mengatakan banjir global. Bible jelas2 ngawur dalam persoalan ini.

        JIka benar ini banjir global, berarti Nuh AS kudu keliling dunia guna mengumpulkan berbagai binatang darat agar tidak punah tergerus banjir (stunami) global. Dan kudu membuat kapal yg panjang beserta lebarnya gak bisa dibayangkan. Harus ratusan kilometer panjang dan lebar kapalnya. Serta kudu ditata baik2 biar tuh komodo, buaya, singa, sapi, cacing, semut, kuda lumping, kucing garong, ama trio macan gak saling memangsa.

        WKwkwkwkwkkwk

        ^^v

  22. muhammad efendi

    ggk usah bingung” mmperdebatkan usia hamba”ny. baik nabi atau pun wali. sdh jelas qur’an mnyampaikn smuany. bla ggk prcaya brarti ggk beriman.

  23. mnrt teori relativitas umum maupun khusus;waktu adlh relatif antar obyek+subyek+faktor2 lainnya.dlm kasus usia pr nabi,penanggalan SM/BC bersifat relatif,krn:1)adakah fakta ilmiah yg menegaskan dengan pasti+valid tidak terbantahkan dari ‘titik 0’ tgl/waktu masehi adlh ‘tgl lahirnya’ Isa/yesus? (para ilmuwan barat yang paling skeptis-rasional bnyk jg yg mempertanyakan validitas waktu SM/BC);2)jauh sblm SM/BC bangsa cina sdh mengenal tanggalan mereka sendiri yang jauh lbh tua,demikian juga bangsa india,dan masyarakat asia lainnya;3)Muslim memakai tahun hijriah,yg jk dinilai tahunnya,akan lbh muda dibandingkan tanggalan masyarakat asia, dan SM/BC…artinya,standar waktu siapa yang akan dipakai?…waktu relatif,yg jelas usia bumi+kehidupan manusia sdh selama waktu kita menunggu datangnya cinta dari kekasih hati…adios parmios…

    • kan tinggal dipilih. Make hitungan penanggalan BULAN atau MATAHARI.

      Sebenarnya dua2nya mengacu kepada jarak Hitungan berputarnya bumi ke matahari.
      TApi kalo mau lebih presisi, hitungan terhadap putaran Bulan keBumi lah yg pantas digunakan. Karna penghitungan ini lebih presisi ke Objek bulan tsb. Dalam hitungan bulan yg sebenarnya, gak ada namanya jumlah 28 atau 29 hari seperti dalam hitungan kabisat (kalender masehi). Yg intinya Cuma sebagai pelengkap terhadap margin yg didapat agar lebih presisi.
      Ckckckckc

      GAk usah dimasalahin tuh SM or BC. Itu cuma kesepakatan yg dijadikan padanan/acuan untuk menghitung periode tertentu.
      Lu kurangin aja 2013. Maka didapat 0 masehi. Jika jesus lahir sebelum 0 masehi maka itu gak jadi masalah dalam hitungan yg udah disepakati. Entah jesus lahir 4 tahun sebelum masehi atau 20 tahun sebelum masehi. Ikuti aja apa yg udah dibakukan. Gak perlu dipermasalahin.

      Pernyataan ente ttg RElatifitas waktu gak ada hubungannya dgn pro/kontra hitungan penanggalan masehi.
      Objek penelitiannya kan adalah rotasi/evolusi antara bumi-bulan-matahari. Dan itu berlaku tetap.

      Kecuali ente sering jalan2 ke dimensi or galaxy lain. Ntar tuh relativitas waktu berlaku kediri lu sendiri ama kembaran lu yg ada dibumi.

      Wkwkwkwkwk

      • Tambah lagi.

        Perbandingan antara Jarak yg ingin ditempuh dan kecepatan tempuh itu yg membuat waktu menjadi relatif. Jika objek pergerakan bulan bumi dan matahari itu sama dan berangkat berdasar dari kerangka acuan atau perspektif penilaian terhadap objek dalam materi yg sama. Gak ada kata relatif.

        INi cmiiw yah.

  24. Teori mengatakan rangka Perak Man berusia 11,000 tahun dan peralatan yang dijumpai menunjukkan manusia telah menginap digua-gua di Malaysia sekitar 100,000 tahun yang lalu. Jika kita buat pengiraan pada tahun 100,000 yang lalu hanya terdapat 2 orang manusia sahaja jadi dengan pertambahan penduduk malaysia (2.3% setahun). tapi saya buat pengiraan hanya 0.1% setahun dengan ini penduduk Malaysia sepatutnya
    50,937,968,160,051,300,000,000,000,000,000,000,000,000,000 padahal penduduk Malaysia pada 15 april 2014 ialah 29,806,400 (29 juta).Ini menunjukkan teori zaman Paleolitik hanyalah satu pembohongan barat.Berbalik kepada Zaman nabi Noh yang hidup sekitar 9000 tahun yang lalu lebih tepat dan masuk akal dengan jumlah penduduk dunia 7 Bilion. X caya kira….

  25. Sekadar mencari logik…..
    umur nabi Noh = 950 tahun
    Masa Nabi Noh Dengan Nabi Ibrahim = 2200 tahun
    Umur Nabi Ibrahim = 200 tahun
    Jarak Masa Nabi Ibrahim dengan nabi musa =900 tahun
    Umur Nabi Musa = 120 tahun
    Jarak masa nabi musa dengan Nabi isa =1900 tahun
    Umur Nabi Isa = 33 tahun
    Jarak Nabi Isa Dengan Nabi Muhammad SAW=620 tahun
    Tahun 2014- 633 Masihi = 1381 tahun

    Dari zaman nabi noh hingga 2014 = 8304 tahun

    selepas peristiwa Banjir Besar Nabi Noh manusia hidup 80 -100 orang
    pertambahan penduduk dunia setahun 0.33%
    Pengiraan yang dibuat mengandaikan 0.22% sahaja
    penduduk dunia pada tahun2014 ialah 7,000,000,000.00 (7 bilion)
    cara kira guna exell (ini menunjukkan kisah nabi tepat)
    Zaman Paleolitik 100,000 hanya rekaan barat . Sebenarnya zaman ini wujud kerana ada suku-suku yang lari dari tamadun wujudlah manusia yang menggunakan batu sebagai alat memburu…
    ….. sekadar berkongsi

  26. menurut saya Nabi Adam itu turun ke bumi pada 3 miyar trilyun tahun yang lalu, makanya para ilmuwan kesulitan untuk mencari bukti yang pasti, karena emang sudah terlalu lama sih……..

  27. Daftar Periode 25 Nabi dan Rasul yang Disebut dalam Al Qur’an

    NO. NAMA NABI/RASUL PERIODE

    1. Adam. As 5872-4942 SM
    2. Idris. As 4533-4188 SM
    3. Nuh. As 3933-3043 SM
    4. Hud. As 2450-2320 SM
    5. Shalih. As 2150-2080 SM
    6. Ibrahim. As 1997-1822 SM
    7. Luth. As 1950-1870 SM
    8. Isma’il. As 1911-1774 SM
    9. Ishaq. As 1897-1717 SM
    10. Ya’qub. As 1837-1690 SM
    11. Yusuf. As 1745-1635 SM
    12. Syu’aib As 1600-1490 SM
    13. Ayub. As 1540-1420 SM
    14. Dzulkifli. As 1500-1425 SM
    15. Musa. As 1527-1407 SM
    16. Harun. As 1531-1408 SM
    17. Dawud. As 1041-971 SM
    18. Sulaiman. As 989-931 SM
    19. Ilyas. As 910-850 SM
    20. Ilyasa’. As 885-795 SM
    21. Yunus. As 820-750 SM
    22. Zakaria. As 91 SM-31 M
    23. Yahya. As 1 SM-31 M
    24. Isa. As 1 SM-31 M
    25. Muhammad. Saw 571-632 M

    Sumber : Lampiran Daftar “Nabi dan Rasul yang disebut dalam Al-qur’an pada Bundel Materi “Training For Trainer : Pendalaman Al-aqsha & Palestina. Angkatan VI”. Minggu, 25 Rabiul Awal 1430 H atau 22 Maret 2009 M di Sekretariat Jawa Barat, “Aqsa Working Group”, di SSC cabang Diponegoro, kota Bandung, provinsi Jawa Barat, negara Indonesia.

  28. Artikel yg menarik, begitu juga dengan judulnya. referensi sesuai dengan sumber yg pernah saya baca, angka 6000 tahun dan sebagainya bersumber dari alkitab yg ditulis para ahli nasrani. cuma ulasannya terlalu singkat untuk sebuah artikel.

  29. Angka 200 ribu tahun itu berdasarkan teori out of africa…..

  30. nabi nuh ke nabi adam berjarak 9 generasi.. klo setiap generasi berumur dua kali umur generasi sebelumnya coba hitung sekitar 18rb tahun

  31. REVISI Periode KENABIAN? saya sepakat sekali, sebab periode itu juga di susun dengan asumsi sebatas jangkauan pemahaman manusia waktu itu…angka 10.000 tahun, itu sudah cukup lama untuk ukuran orang dulu.

  32. Pendapat saya merujuk semua penulis diatas, zaman nol masehi dan zaman 600 masehi masih banyak peninggalan yg msh bisa dilihat dan msh utuh disaat sekarang yg 1500 tahun kemudian. Klw misalkan nabi adam tahun 6000an sm itu tidak sesuai dengan pengembalian waktu di zaman sekarang. Sedang rentang antara nabi adam dan nabi muhammad itu rentang yg sangat jauh sekali. Kalau misalkan kita ambil kedepan, apa tahun 6000 m msh ada peninggalan piramid yg sekarang atau sudah musnah oleh alam? Apa candi borobudur jg sudah hilang oleh alam?. Saya lbh meyakini nabi adam 100ribu tahun lalu.

  33. Cuba dibaca Al-Baqarah (2): 30… Dan ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah di bumi.” Mereka berkata, “Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?”. Dia berfirman, “Sungguh. Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”.

    Daripada ayat ini, maka malaikat pernah melihat makhluk serupa manusia di bumi ini yang sikapnya suka merusak dan menumpahkan darah.

    Melalui pengalaman ini, malaikat meragui terhadap manusia baru yang akan dicipta oleh Allah sebagai Khalifah di muka bumi.

    Jadi.. sememangnya perkara ini telah diterangkan di dalam Al-Quran. Sadaqallahul Azim.

  34. Maka janganlah engkau menjadi fanatik…
    Bahwa sekalipun semua kitab disatukan (termasuk Al-Quran) maka itupun hanya sebagian kecil saja dari Misteri Tuhan dan Ketetapannya…
    Dan engkau tidak akan menemukan Kebenaran yang engkau cari jika engkau meyakini bahwa kebenaran Tuhan hanya terletak pada 1 kitab.

    Mengapa Fosil Adam dan keturunan dekatnya yang dipercaya berukuran raksasa itu tidak ditemukan? Sedangkan Fosil Dinosaurus yang berusia Jutaan tahun itu nyata dan ada?

    Karena pada masa Adam hidup, Alam Materi dan Alam non – materi belum terpisahkan. Dan manusia hidup di alam non – materi pada masa itu.

    SATURDAY = Zaman Saturnus
    SUNDAY = Zaman Matahari
    MONDAY = Zaman Bulan

    Adam hidup pada Zaman Matahari. Pada masa itu matahari masih berada di dalam bumi. Masa itulah yang disebut dengan Taman Firdaus (Bumi dan Surga adalah tempat yang sama). Adam berwujud PROTO-MANUSIA, berkembangbiak dengan membelah diri (Partenogenesis). Hawa muncul dari salah satu cabangnya. Ukuran waktu di masa ini adalah relatif.

    Zaman Bulan adalah zaman kejatuhan. Terusir dari Taman Firdaus bermakna matahari keluar dari bumi. Mulai terciptanya nafsu birahi dan manusia perlahan – lahan mulai semakin memateri (memiliki penis).

    Manusia baru memateri (ada bukti fosilnya) sekitar 200.000 tahun yang lalu.

    Ellohim (7 Roh Besar, lambang candelier / tatakan lilin di logo Yahudi) mengutus salah satu dari mereka yaitu Jehovah (Roh Besar Bulan) yang kemudian disebut Allah oleh umat Islam untuk melindungi bumi dari Venus. Bulan lalu kewalahan, Matahari lalu mengutus Jupiter untuk menolong Bulan.

    Bisa diamati di langit Ramadhan setiap H+1 – H+10 akan ada segitiga di langit setiap malam yaitu Bulan Sabit, Venus dan Jupiter. Bulan sabit bermakna bulan yang kewalahan. Dan ketika Lebaran maka Bulan menjadi Purnama (kemenangan). Itu pula makna logo Bulan Sabit dan Bintang umat Muslim.

    Akhir kata,
    Saya belum tentu benar dan anda juga belum tentu benar. Hanya setitik kecil sajalah Ilmu-Nya yang diturunkan ke manusia. Maka manusia itu lebih banyak tidak tahunya dari tahunya.

    -Salam-
    -Hanya bermaksud menambah bahan pemikiran tanpa maksud apapun-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s