Mata Manusia, adalah Nikmat ALLAH yang sangat luar biasa !!!

ALLAH dengan segala kuasanya menciptakan manusia lengkap dengan panca indera agar manusia dapat berhubungan dengan lingkungan sekitarnya. Semua indera manusia memiliki peranan yang sangat penting bagi manusia, salah satunya adalah mata.

Mata adalah salah satu yang paling besar peranannya. Dalam kehidupan sehari-hari manusia menggunakan mata sebagai indera penglihatan. Manusia melihat sesuatu yang menurutnya menarik hingga akhirnya manusia tersebut terus memandanginya dan terus memperhatikannya.

mata12

Apapun yang tertangkap oleh mata manusia akan menjadi sensasi dan masuk ke dalam memori otak manusia. Setelah informasi masuk ke dalam otak, otak akan mulai mengolah, menyusun, mengenali dan menafsirkan informasi yang diterima oleh mata hingga akhirnya manusia dapat menyimpulkan dan memunculkan respon terhadap informasi yang telah tertangkap oleh mata.

Dengan indera penglihatan pula, manusia dapat membedakan warna, merekam perilaku seseorang, dan melihat hal-hal menarik sehingga manusia dapat menyimpulkan mana yang disebut dengan keindahan, kebaikan, maupun kecantikan. Sebaliknya, mata manusia juga dapat meyimpulkan hal yang buruk, jelek, dan lain sebagainya. Hanya dengan sekali melihat dan menangkap suatu objek manusia dapat memunculkan berbagai tanggapan serta respon yang bermacam-macam.

Allah SWT memberikan manusia sepasang mata pada tempat yang aman dan melengkapinya dengan berbagai sarana penjagaan. Di bagian depan, mata dilindungi oleh kelopak yang memiliki reflek menutup yang sangat cepat sehingga sepersekian detik saja sudah dapat menutup ketika ada sesuatu yang akan masuk, seperti debu. Mata juga dilengkapi dengan bulu mata yang menjadikan mata aman terhadap partikel-partikel padat maupun cair.

Di sudut bagian samping atas dari rongga mata terdapat kelenjar penghasil air mata, yaitu kelenjar Lakrimaris. Kelenjar ini senantiasa memproduksi air mata yang akan membasahi permukaan mata dan mencuci mata dari debu-debu serta partikel kotoran yang masuk. Air mata sangat banyak manfaatnya, selain membunuh kuman-kuman yang masuk, air mata juga mengatur tekanan dalam bola mata dan memberikan nutrisi kepada bagian mata paling luar, yaitu kornea.

Perbandingan Mata Manusia dengan Kamera

Kehebatan mata lainnya adalah jika dibandingkan dengan kamera, mata manusia jauh lebih unggul. Di belakang pupil mata terdapat lensa mata yang berfungsi untuk memfokuskan objek yang sedang dilihat manusia. Jika manusia melihat sekitarnya dan mengukur seberapa jauh jaraknya dengan benda yang dilihat, secara otomatis lensa mata akan menyesuaikan fokusnya. Bandingkan dengan kamera yang butuh beberapa detik untuk mengukur jarak satu dan lainnya.

Mata Manusia Berkedip Kira-Kira 15.000 Perhari

Ketika mata berkedip, hal ini tidak dilakukan secara otomatis. Karena berkedip merupakan fungsi mata semi disengaja. Manusia juga dapat memaksa untuk berkedip jika dibutuhkan. Mata manusia berkedip kira-kira 15.000 kali sehari. Berkedip membantu menghilangkan kotoran pada permukaan mata dengan mengeluarkan dan menyebarkan air mata. Air mata membantu menyehatkan mata dengan oksigen dan memiliki sifat anti-bakteri yang penting.

Penyakit mata: Penyakit ‘Ain

Penyakit ‘Ain adalah penyakit yang disebabkan oleh pengaruh buruk pandangan mata yaitu pandangan mata yang disertai rasa takjub atau bahkan iri dan dengki terhadap apa yang dilihatnya. Kata ‘Ain berasal dari bahasa arab yaitu ‘ana-Ya’inu yang artinya apabila ia menatap dengan matanya.

Penyakit ‘Ain terbagi menjadi dua bagian:

  1. Penyakit ‘Ain Insaniyah, yaitu penyakit pengaruh pandangan mata yang disebabkan murni oleh pengaruh pandangan mata manusia.
  2. Penyakit ‘Ain Jinniyah, yaitu penyakit pengaruh pandangan mata karena adanya campur tangan gangguan jin.

Sebagian manusia mungkin tidak mengetahui tentang penyakit ini, tetapi secara tidak disadari penyakit ‘ain memang ada. Penyakit ‘ain ini ada jika manusia mengagumi seseorang. Jika manusia mengagumi seseorang, maka manusia cenderung akan melihatnya kemudian dengan diikuti dengan tatapan mata. Saat itulah racun penyakit ‘ain menyebar kepada orang yang dilihat.

dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.” (Q.S. Al-Falaq: 5)

Penyakit yang diakibatkan oleh pandangan mata ini ternyata dapat dikatakan sebagai sesuatu yang mendahului takdir.

Dari Ibnu Abbas r.a. Rasulullah saw bersabda: “(penyakit) ‘Ain itu benar adanya, dan seandainya ada yang mendahului takdir, niscaya ‘ainlah yang mendahuluinya. Jika kalian diminta untuk mandi, maka mandilah.” (H.R. Muslim: 5831)

Mengantisipasi Penyakit ‘Ain

  1. Manusia dapat mengatasi penyakit ‘ain dengan cara tidak menampilkan segala sesuatu secara berlebihan. Karena hal tersebut dapat menimbulkan perasaan iri dengki pada orang yang melihatnya dan dapat menimbulkan penyakit ‘ain.
  2. Jangan menceritakan kelebihan-kelebihan dari kita yang tidak dimiliki oleh orang lain hingga Allah menakdirkan terjadinya pengaruh buruk dari ‘ain.
  3. Hendaknya manusia selalu meminta perlindungan Allah SWT dari penyakit ‘ain.

Begitu banyak kehebatan mata yang diberikan oleh Allah SWT kepada para hambanya, maka hendaknya kita selalu bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang Allah berikan. Amin ya Rabbal Alamin.

Referensi:

Sumber :
dakwatuna.com

Iklan

One response to “Mata Manusia, adalah Nikmat ALLAH yang sangat luar biasa !!!

  1. harus kita jaga segala pemberian dari allah swt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s