[Misteri] Benarkah Kota Pontianak, berasal dari kata “Kuntilanak” ?

Kota Pontianak di dirikan oleh Syarief Abdurahman Al kadrie, pada tanggal 23 Oktober 1771. Syarif Abdurrahman dikenal sebagai Sultan Pertama di Kesultanan Pontianak.

Ada beragam versi tentang asal muasal nama Kota Pontianak (Kalimantan Barat). Salah satunya mengatakan nama tersebut berasal dari sosok gaib yang dikenal sebagai “Kuntilanak”. Benarkan demikian ?


Sejarah Asal Nama Pontianak 

Bersumber dari cerita populer di masyarakat, nama Pontianak terkait dengan Syarif Abdurrahman yang sering di ganggu oleh makhluk gaib “Kuntilanak”, saat beliau menyelusuri sungai Kapuas.

Syarif Abdurahman terpaksa melepaskan tembakan meriam untuk mengusir sosok hantu itu. Bahkan kebiasaan budaya membunyikan meriam, masih kerap di lakukan warga saat acara-acara tertentu, yang gunanya untuk memerangi hantu “Kuntilanak”.
Mitos tentang Kuntilanak ini, seolah menjadi pembenar atas rencana pembangunan Tugu Kuntilanak setinggi 100 meter di Kota Pontianak. Ide aneh ini, tentu mendapat tentangan dari berbagai lapisan masyarakat di Kalimantan Barat.

Berdasarkan sumber keluarga Kesultanan Pontianak, nama Pontianak tidak ada hubungan sama sekali dengan makhluk astral “Kuntilanak”.

Nama Pontianak bermula ketika Sultan Syarif Abdurrahman berlayar menyusuri sungai kapuas, untuk memastikan apakah terdapat orang atau tidak di wilayah itu. Dan ternyata, Sultan Syarif bertemu dengan satu keluarga yang tinggal di hutan.

Keluarga tersebut membuat ladang untuk menanam padi dan pada saat itu mereka memiliki anak bayi, yang tidur di kulit kayu (dimasa itu disebut dengan ponti). Dari sinilah kemudian tercetus istilah “Pontianak”.

Sementara masalah meriam, tujuan membunyikannya agar bisa memberi tanda kepada orang yang tinggal di daerah hutan sepanjang kapuas, jadi dibunyikan bukan untuk mengusir Kuntilanak.

Referensi :
1. Misteri Kota Pontianak
2. Istana Kesultanan Pontianak
3. Tugu Kuntilanak, Setujukah Anda ?
4. Tugu Kuntilanak setinggi 100 meter

WaLlahu a’lamu bishshawab

Artikel Menarik
1.
2. 
3. Kisah Dakwah Nabi Muhammad Kepada Bangsa Jin ?
4. Masya ALLAH, inilah “batu memancarkan air”, yang diceritakan dalam Al Qur’an ?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s