Kisah HOAX dibalik Foto Pengorbanan Induk Rusa, Ini Klarifikasi Sang Fotografer

Pada 22 Desember 2018 yang bertepatan dengan peringatan “Hari Ibu Nasional”, di media sosial beredar pesan mengharukan dari keterangan sebuah foto seekor induk Rusa yang sedang dikerubuti oleh segerombolan Cheetah.

Pesan tersebut berbunyi:

Tahukah Anda kenapa Rusa yang di makan Segerombolan Cheetah nampak Tenang dengan menatap Tajam ?


Foto tersebut adalah hasil jepretan dari seorang fotografer asal Kanada.
Foto ini memenangkan award untuk kategori best foto dekade tahunan di Jepang.

Cerita di balik foto ini, yaitu: Rusa yang Anda lihat adalah seekor Rusa betina yang memberikan dirinya mati dimakan cheetah.

Alasannya, karena awalnya cheetah mengincar kedua anaknya, si Induk yang tahu akan bahaya pada kedua anaknya berusaha menarik perhatian cheetah-cheetah itu sampai dia harus merelakan dirinya dimangsa, agar fokus cheetah tertuju padanya sehingga kedua anaknya bisa lolos.

Induk Rusa ini tak terlihat sedikit pun melawan, memberikan dirinya di mangsa sampai kedua anaknya luput dari bahaya. Induk Rusa hanya terlihat tenang sambil matanya terus mengawasi kedua anaknya yang terus berlari meninggalkannya.

Kasih Ibu sepanjang jalan, kasih anak sebatas galah, di dunia ini hanya Kasih Ibu yang Terbaik. SELAMAT HARI IBU

Kisah HOAX Pengorbanan Induk Rusa 

Kisah mengharukan dari pengorbanan seekor induk Rusa Impala di atas ternyata hanya cerita hoax yang dilebih-lebihkan.

Foto yang populer di media sosial tersebut merupakan hasil jepretan fotografer Alison Buttigieg. Sang fotografer melalui situs dnaindia.com telah memperingatkan tentang cerita palsu yang beredar terkait foto tersebut.

Menurut Alison Buttigieg foto itu diambil pada bulan September 2013 di Maasai Mara, Kenya. Dimana sejatinya berawal dari seekor induk cheetah, sedang mengajar anak-anaknya cara membunuh mangsa.

Namun mereka agak lambat dalam belajar dan malah bermain-main dengan mangsa mereka. Induk cheetah berupaya menunjukkan cara meraih leher Rusa Impala namun sepertinya anak-anaknya tidak bisa mendapatkan cara untuk mencekik impala secara efektif.

Terkait dengan tenangnya impala itu di sepanjang cobaannya. Alison Buttigieg mmperkirakan karena rusa impala itu syok dan lumpuh karena ketakutan. Dan momen itu dimanfaatkan sang fotografer agar mendapatkan pose sang induk Rusa dalam kondisi tetap cantik dan bangga sampai akhir.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s