Dalam prasasti Kui (840M) disebutkan bahwa di Jawa terdapat banyak pedagang asing dari mancanagara untuk berdagang misal Cempa (Champa), Kmir (Khmer-Kamboja), Reman (Mon), Gola (Bengali), Haryya (Arya) dan Keling.
Untuk kebutuhan administrasi, terdapat para pejabat lokal yang mengurusi para pedagang asing tersebut, misal Juru China yang mengurusi para pedagang dari China dan Juru Barata yang mengurusi para pedagang dari India. Mereka seperti Konsul yang bertanggung jawab atas kaum pedagang asing.
Di dalam catatan sejarah, kita mengenal gelar “Sang Haji (Sangaji)” merupakan gelar dibawah “Sang Ratu”, seperti contoh Haji Sunda pada Suryawarman (536M) dari Taruma, Haji Dharmasetu pada Maharaja Dharanindra (782M) dari Medang. Haji Patapan pada Maharaja Samaratunggadewa (824M) dari Medang. Sumber : History of Java Nusantara
Legenda Ajisaka
Dalam legenda tanah Jawa, kita mengenal nama tokoh Ajisaka. Ajisaka sangat mungkin, berasal dari kata Haji Saka, bermakna Perwakilan Negara (Duta) atau Konsul yang bertanggung jawab atas para pedagang asing, yang berasal dari negeri Saka (Sakas).
Lalu dimanakah Negeri Sakas itu?
Di dalam sejarah India, dikenal negara Sakas atau Western Satrap (Sumber : Western Satrap, Wikipedia). Pada tahun 78M Western Satrap (Sakas) mengalahkan Wikramaditya dari Dinasti Wikrama India. Kemenangan pada tahun 78M dijadikan sebagai tahun dasar dari penanggalan (kalender) Saka. Wilayah Western Satrap mencakup Rajastan, Madya Pradesh, Gujarat, dan Maharashtra.
Para raja dari Western Satrap biasanya memakai dua bahasa yaitu Sankrit (Sansekerta) dan Prakit serta dua aksara yaitu Brahmi dan Yunani dalam proses pembuatan prasasti dan mata uang logam kerajaan. Sejak pemerintahan Rudrasimha (160M-197M), pembuatan mata uang logam kerajaan selalu mencantumkan tahun pembuatannya berdasarkan pada Kalender Saka.
Keberadaan Sakas dengan Kalender Saka-nya, nampaknya bersesuaian dengan Legenda Jawa, yang menceritakan Ajisaka (Haji Saka), sebagai pelopor Penanggalan Saka di pulau Jawa.
Di dalam Naskah Wangsakerta, kita mengenal seorang pedagang dari tanah India, yang bernama Dewawarman I. Beliau dikenal sebagai pendiri Kerajaan Salakanagara. Ada sejarawan berpendapat, bahwa Dewawarman I adalah indentik dengan Haji Saka (Ajisaka). Akan tetapi apabila kita selusuri lebih mendalam, sepertinya keduanya adalah dua orang yang berbeda.
Ajisaka (Haji Saka), tidak dikenal sebagai pendiri sebuah Kerajaan, melainkan dikenal membawa pengetahuan penanggalan, bagi penduduk Jawa. Sebaliknya Dewawarman I adalah pendiri Kerajaan Salakanagara, dan tidak ada riwayat yang menceritakan, bahwa beliau pelopor Kalender Saka.
Dewawarman I di-indentifikasikan berasal dari Dinasti Pallawa (Pahlavas), beliau berkebangsaan Indo-Parthian, yang berkemungkinan salah satu leluhurnya adalah Arsaces I (King) of PARTHIA. Dan jika diselusuri silsilahnya akan terus menyambung kepada Artaxerxes II of Persia bin Darius II of Persia bin Artaxerxes I of Persia bin Xerxes I “The Great” of Persia bin Atossa of Persia binti Cyrus II “The Great” of Persia (Zulqarnain). Sumber : The PEDIGREE of Arsaces I (King) of PARTHIA dan Menemukan Zul-Qarnain, dalam Sejarah
Sementara Ajisaka (Haji Saka), di-identifikasikan berasal dari Sakas (Western Satrap), beliau berkebangsaan Indo-Scythian, dimana susur galurnya besar kemungkinan, menyambung kepada keluarga kerajaan di India Utara (King Moga/Maues). Sumber : Indo-Scythians dan Maues, Wikipedia
Namun ternyata, kedua Leluhur masyarakat Sunda dan Jawa ini, memiliki satu persamaan, yakni : Dewawarman I (Indo-Parthian) dan Ajisaka (Indo-Scythian), sesungguhnya merupakan Zuriat (Keturunan) dari Nabi Ishaq bin Nabi Ibrahim (Bani Ishaq), yaitu melalui dua anaknya Nabi Yakub (Jacob) dan Al Aish (Esau). Sumber : THE TWO HOUSES OF ISRAEL, Who were the Saxons/Saka/Sacae/Scythians? Sons of Isaac, Komunitas Muslim, dari Bani Israil dan (Connection) Majapahit, Pallawa dan Nabi Ibrahim ?
WaLlahu a’lamu bishshawab
Artikel Lainnya…
01. Misteri Leluhur Bangsa Jawa
02. Sejarah Melayu, Teori Sundaland dan Naskah Wangsakerta
03. Jejak Nabi Nuh, dalam Gen Leluhur Nusantara (Haplogroup O1aM119)
Nyimak aja…
Nitip ya :
http://storyza.wordpress.com/2011/05/09/diantara-dua-cinta-mencumbu-jenggala-berkalang-jeram/
apa yang akan terjadi jika kita ini benar-benar keturunan nabi Ibrahim/Abraham??? Emmmm…………
Berarti akan ada seorang juru selamat dari nusantara.
tentu ada … krn spirit mrk juga msh hidup..
sejarah akan kembali terulang.
bukannya alexander the great itu gak punya anak?
Kalender SAKA itu adalah kalendernya Nabi Isa.
Ajaran Nabi Isa itu tertulis dalam Isa Upanishad.
Nabi Isa itu berasal dari India Selatan.
Dimakamkan di India Utara bersama Nabi Musa dan Harun.
Semua nabi itu berkulit coklat gelap.
Manusia pertama terbuat dari Lumpur Hitam.
Adam (Advaita, Adi Shankara, Adi Yoga, Adma)
Nu (Manu di India, Nusantara, Nubian, Papua Nu, Nu Zealand, Ainu)
Jawa itu simbahnya Bani Israil (Hebrew) dan American Indian.
Semua Kitab dan Agama itu sebenarnya berkonfrontasi dengan Yunani-Romawi alias bangsa Barat (Non-Adam)
Bagian-bagian perlawanan itu dihilangkan oleh Illuminati.
Susah mencari teman yang level pengetahuannya sudah sampai di sini.
hebat banget level pengetahuannya om…
Luar biasa pengetahuannya..tetapi kalau Bangsa Barat (Yunani-Romawi) adalah NON-ADAM. Lantas mereka keturunan siapa? bukankah juga berarti ada manusia pertama yang lain selain ADAM?~~~~~Bukankah seluruh dunia mengakui kalau Adam & Hawa adalah pasangan manusia pertama di muka bumi?…Mohon penjelasannya, karena saya sangat tertarik dengan semua artikel yang ada di blog ini.
adam manusia pertama yang Allah ciptakan untuk menjadi khalifah di bumi menurut Qur’an, tidak menutup kemungkinan sebelum adam telah diciptakan makhluk serupa manusia namun khittahnya bukan sebagai khalifah di bumi kan?wallahu’alam
Mhn mf sblmnya ..aku ikut nimbrung ..soal sosok yg dicipta sblm adam muncul kebumi memang aku prnh dengar itu ada ,katanya adlh sang hyang parijan tercipta sblm adam diwujudkan ke bumi ..jadi sosok itu lah yg lbh dulu ada . Tp mf aku blm bs crita panjang atau menjabarkan sosok sang hyang parijan dan kaitannya dgn Adam ..skn aja trm ksh
Kalau mau lebih jelas pelajarilah sejarah dan asal usul tanah Jawa, karena semuanya berasal dari sini.
Om bagi-bagi ilmunya dong om, i’m always open minded, jd gak usah kuatir…
Om Bocah Angon, ada gak referensi situs, ato buku/bacaan buat kita-kita.
Ato kontak orang2 yang tau (klo boleh tau).
Supaya kita bisa ngejar levelnya Om Bocah Angon.
Klo sy lihat, ini pengetahuan agama Hindu-Budha-Yahudi, buktinya masa semua nabi berkulit coklat? Ada nabi yg tampan tapi kulitnya berwarna coklat, Nabi Yusuf namanya. Kok ngebelain agama Hindu dari india sih? Agama itu terlalu susah dan menyusahkan. Nabi Isa, Isa lahir di Asia Utara bukan di Selatan,
heh…. Ada apa dgn kawan Hindu kita yg satu ini?
Pengetahuan masih Ъќ ada spucuk jarum diluas samudera ilmu Allah saja kok sudah sombong ngger2..
Pada dsr.nya semua manusia berasal dr keturunan nabi Adam
levelnya udah level 9 ya gan,ga ada lagi kayae gan yg bisa sama levelnya,abis susah sih,..,hebat banget,..sipp….
Gabung aja Gan ma turangga seta atau KH. Fahmi Basya…
Haji Saka atau dikenal dengan aki tirem atau sang hyang mugni pancaniti atau aki luhur mulya atau yang disebut aki aren atau sang hyang mandiri adalah satu orang yang mendirikan kerajaan salakanagara tidak ada kaitan dengan aji saka.
Salam sejah tera bagi kita Smua Kpada semua pihak di seluruh dunia di manapun berada yg telah mempublikasikan cerita mbah uyut,.. Sy.. mbah uyut Aji Saka sy ucapkan banyak terimakasih smoga Allah SWT membalas nya aminyarobalalamin…???
Mengenai cerita mbah uyut Aji Saka jika Allah sdh mengijinkn sy utk mempubliksikn kebenaran cerita yg sebenar2nya suatu saat nanti sy akan membagi cerita tentang silsilah keturunan dn asal usul mbah uyut aji saka yg bergelar maha dewa sakti…
Dewa yg pertama kali turun k bumi sebelum Nabi Adam siti hawa mbah uyut aji saka yg bergelar Maha Dewa Sakti belio adlh Dewa Utusan Allah SWT suatu saat nanti sy akan membagikan cerita sejarah mbah uyut aji saka yg sebenar-benarnya atas. Ijin *Allah SWT* kebenaran sejarah Asal usul silsilah keturunan mbah uyut Aji Saka pertama x turun dr langit..dn .Sampai Tercipta nya Aksara Huruf Jawal… Dn Tujuan Dari Penulisan Huruf Jawa.. Kmudian sampai k jayaan belio d Pulau Jawa dn sampai wafatnya mbah uyut Aji Saka yg bergelar . Maha dewa Sakti kmudian di mana tmpat pusaran makamnya.
Suatu saat jika Allah sdh memberi restu kpd sy utk menceritakan Kisah Kebenaran Yg Sesungguhnya tentang Legenda Cerita Sejarah Mbah Uyut Aji Saka Maha Dewa sakti… Insyaallah sy akan ceritakan yg sebenar2nya tentang kisah Cerita Sejarah Kehidupan Mbah Uyut. Sy Aji Saka yg bergelar Maha Dewa Sakti Trms…
Wah keren … saya tunggu .. semoga segera dapat ijin Allah SWT.
Jeng sasi sampeyan ngawur opo ora, kita sama2 keturunannya, menurut eyang putri saya aji soko datang dr negeri sabrang(thailand skrg). dari kecil beliau sdh sakti, nancepkan sodo lanang dibumi ga ada yg bisa nyabut. nama aslinya bukan aji soko, tapi penduduk yg menyebutnya begitu, karena dia selalu berpesan terutama keturunannya kalau belajar ilmu(agama) jangan kepada manusia tapi sama tiang rumah (soko). rahasianya baru aq pecahkan di thn 1997 dan beliau datang memberikan hadiah, karena hanya aq yg berhasil memecahkan teka teki yg hampir 2000 thn. termasuk aq disuruh mengambil 2 pusakanya yang ternyata namanya nogo geni dan nogo sosro, jika kedua benda tersebut disatukan maka bisa menyapu jagat, tapi aq tdk mampu, terlalu berat n berbahaya.jika pengin keterangan lebih lanjut sms aq. di no. 0821 5510 6616. ok. tks
maap2..”Suatu saat jika Allah sdh memberi restu kpd sy..” maksutnya gimana niih??
Kata AJI dengan HAJI sudah sangat jauh berbeda, kata aji berasal dari bahasa jawa yg artinya mantera/ilmu. Sedangkan haji adalah gelar bagi orang yg sudah menunaikan rukun kelima islam.
Aji saka bukanlah orang india, tetapi orang dari pesisir asia selatan yg sekarang dikenal dengan daerah thailand, myanmar, vietnam dan cina. dan ini dapat anda lihat dari kebudayaan yg mereka bawa keindonesia, mempunyai sedikit persamaan.
AJI SAKA bukanlah nama, hanya merupakan gelar yg diberikan oleh penduduk, karena beliau sering memberikan nasehat kepada keturunannya maupun para penduduk jika ingin belajar ilmu (aji) belajarlah sama tiang rumah (soko). Kata ajisoko mempunyai makna yg merupakan teka teki yg hampir tidak terpecahkan selama 1900 tahun oleh keturunan AJI SOKO. Kelender SAKA dibuat berdasarkan kalender lunar/kalender cina dengan perhitungan lima dan perputaran bulan, sedangkan kalender ISA dengan perhitungan 7 dan perputaran bulan mengelilingi matahari. Tidak ada hubungan antara aji saka dengan cerita nabi adam dan hawa,
karena nabi adam dan hawa hanya cerita fiksi untuk menjawab kebuntuan tentang asal usul manusia, cerita2 fiksi tersebut sdh dapat dimakllumi seperti hujan adalah naga menyemburkan air, pelangi adalah jembatan bidadari, gempa bumi naga sdg menggeserkan tubuh, bumi ini tanah yang rata dll. yang dapat dibuktikan ternyata semua itu hanya sebuah jawaban yg asbun. Kata manusia sendiri berasat dari bahasa sansekerta mannusa (jawa; menungso) yg artinya binatang yg bisa berfikir. Walaupun teori Darwin menyatakan manusia adalah hasil evolusi dari monyet, ini adalahTEORI YG ASBUN juga, Manusia memang satu spesies dengan monyet, tapi manusia bukan monyet. Kucing satu spesies dengan harimau, tap apakah kucing bisa berevolusi jadi harimau ? Di Indoseia sering terjadi pemutar balikkan fakta sejarah. Sebagian org menyatakan aji saka belajar dari org ARAB, tapi merupakan KEBALIKKANNYA yg sebenarnya org arab BELAJAR dari KETURUNAN aji saka. BUKTIKAN SENDIRI BANDINGKAN KALENDER SAKA DENGAN KALENDER ARAB , CATAT NAMA BULAN DAN KEGIATAN DI BULAN ITU, MAKA ANDA DAPAT MENYIMPULKAN SIAPA YG MENJADI ” PLAGIAT ‘. Demikian sedikit penjelasan saya sebagai keturunan aji soko. tertitip salam untuk BLEKOK, dan mohon maaf untuk jeng SASI cos salah alamat. trim,s
“…….karena nabi adam dan hawa hanya cerita fiksi untuk menjawab kebuntuan tentang asal usul manusia…..” OPO LAGI iki dasar orang yg belum ngerti dirinya saja yg bisa bilang begini…ha…ha…ha ( JAUH )
“…..Susah mencari teman yang level pengetahuannya sudah sampai di sini…..” ( IKI APA LAGI merasa ilmunya sundul langit, CARI dulu ilmu sejati sana …ilmu sangkan paraning dumadi sejati agar kamu ngerti derajat leluhurmu dari siapa sumbernya, NDAK usah nyari tahu yg NAMANYA ADAM HAWA dulu biar itu menjadi urusannya KITAB dan warosatull al anbiya
AJI dengan HAJI memang beda maksud, tapi kalo dihubungkan dengan penulisan jawa karya AJISOKO. huruf HO sama dengan O. mau nulis ADHI juga pake huruf HO DHO dikasih WULU diatas huruf DHO, bacanya tetap ADHI. demikian pula dengan AJI dan HAJI. sekali lagi ini dari sisi huruf ato penulisan BUKAN MAKSUD antara AJI dengan HAJI. sebaiknya mbah juga tidak ASBUN. bagaimana bicara ADAM HAWA nggak asbun, yang ngakunya keturunan AJISOKO tapi dengan tulisannya aja nggak PAHAM.
Begitulah kesombangan manusia, merasa bisa mengetahui siapa yang menciptakankan, sampai detik ini siapa yang pernah melihat Tuhan ?. Yang diketahui manusia hanyalah ” WAHYU “. bisakah anda pastikan bahwa WAHYU tersebut dari TUHAN atau wahyu tersebut mungkin saja dari PARA IBLIS atau SETAN GENTAYANGAN ?
Sebagai manusia jangan ‘MERASA’ hebat, yang perlu kita ketahui, nyawa manusia dan seekor cicak tidak ada bedanya
dihadapan Tuhan, jadi jangan merasa hebat dan melebihi Tuhan. Semua kitab suci ditulis oleh manusia walaupun itu dituntun oleh “WAHYU”. sadarlah !!.
dihadapan Tuhan, jadi Jangan ” sombong “
allohu akbar x3
bagus sekali cerita aji saka
Semakin kedalam semakin mumet, referensi yang kurang mungkin ya ?????
Ada penjelasan yang lebih nalar ga sih tentang Aji Saka ini ?
dari beberapa kisah atau hikayat aji saka, sebetulnya hampir sama, cuman silsilahnya yang kurang jelas, banyak kepentingan dengan kisah aji saka ini, prasasti2 atau petunjuk2 yang ada saat ini sebetulnya ada ga sih ? jadi mumet…………..
banyak petunjuk di kab.grobogan
aji saka,aji ya aji,saka itu itungan,disitu ada kehidupan disitupula ada hitungan atau hukum, kita dulu juga pernah denger dari sesepuh kita ilmu kejawen/jawa kuno, jadi kalau menurut saya ajisaka itu lebih congdong dengan hitungan,kalau kejawen belum paham dengan itungan,tapi ngerti adanya tuhan itu ada,kitab primbon,kitab mujarobat,kitab batal jemur,itu mana yg lebih dulu?coba ilmu sare,at,ilmu makrifat,atau tahtikul wujut,mana yg lebih tinggi,?kalau kita ingin mengetauhi/INGIN TAU YA KITA PELAJARI BUKU KUNO JUGA,
Barusan saya diceritakan oleh guru spiritual saya. Intinya Ajisaka adalah manusia yang pertama kali membuka (babad) tanah Jawa setelah bumi ini mengalami bencana besar dalam sejarah banjir bandang Nabi Nuh AS.
Memang, suatu saat nanti ada juru selamat, atau biasa dikenal dalam dongeng ialah akan ada Ratu Adil yang berasal dari Jawa yang akan mampu membawa Nusantara menjadi mercusuar dunia, dan PASTI itu akan terjadi. Sesungguhnya, nusantara ini adalah peradaban tertua sekaligus tertinggi di dunia. Namun, hal itu tertutup argumentasi dari mancanegara.
Coba fikirkan, negara manakah yang mempunyai bahasa sekaligus aksara terlengkap kecuali Indonesia dan Jawa khususnya? Negara manakah yang mempunyai adat, kebudayaan tertinggi kecuali Indonesia dan jawa khususnya? Negara manakah yang mempunyai fosil terlengkap kecuali Indonesia/ Jawa khususnya? Negara manakah yang mempunyai benda peninggalan purbakala selengkap Indonesia?
Di sebuah Gunung kecil timur Nusakambangan dekat pantai selatan lah, kami disini sedang berupaya merancang kembalinya budaya adiluhung Indonesia yang telah tertutup oleh doktrinasi ajaran Mancanegara. Di sinilah, 2 Pemimpin besar Indonesia (Ir.Soekarno & Soeharto) pada waktu itu pernah melakukan laku spiritual hingga mampu membawa Indonesia dengan kondisi hampir sejahtera.
Jika semua bangsa indonesia mempunyai visi seperti anda, indonesia akan menjadi negara termakmur di dunia, indonesia dianugerahi oleh Tuhan tanah yg subur, semua bahan tambang dan mineral melimpah, Apa yang tidak dimilki indonesia? Cuma karena pengaruh budaya asing dan sebagian besar bangsa ini lebih bangga dengan bangsa asing dari pada moyangnya sendiri. sekarang bisa anda rasakan. coba bertanya kepada bangsa asing, apa komentar mereka terhadap indonesia? Yang saya herankan bangsa ini seperti katak dalam tempurung yg tidak tau bagaimana perkembangan dunia. Menurut jangka jayabaya, maka usia negara ini hanya sampai ditahun 2163 Saka atau 2234 Masehi, yg selanjutnya hanya merupakan sejarah bahwa bangsa ini pernah ada.
tks.
Mantap
Setuju saya kangmas Sastra….begitulah kenyataanya Nusantara PURBA ( JAWA khusunya ) pada jaman dahulu dan nanti akhir jaman NEGERI ADILUHUNG…NEGERI SUPERIOR tapi tetap lembah manah..rendah hati rakyatnya ( suka prihatin (qhalwat ), sedih kalau bangsa lain tertindas walau orang jawa senantiasa hidupnya selalu prihatin namun DI KERDILKAN oleh bangsa penjajah dan ” ANTEK-ANTEKNYA “, penghayat ilmu bathin pasti paham hal demikian karena pada sekian waktu sekali dalam tempo berapa waktunya dalam setahun “mereka ( pengahayat batin ) pasti bertemu dalam alam batin juga untuk sekedar membicarakan para “anak cucunya/keturunannya/(NUSANTARA ASLI ) “
Koq banyak miripnya dengan dongeng yang pernah saya dengar dari almarhumah Nenek saya. Maaf, saya masih menganggapnya sebagai dongeng. Karena saya tidak punya referensi lain yang mendukung secaraq ilmiah. Tapi saya percaya bahwa setiap kisah, hikayat dan dongeng, diambil/disusun atas kejadian nyata.
Salam damai bagi anda semua.
setiap kurun waktu selalu ada perubahan peradaban….. belajar dari sejarah…. tidak ada yang kekal di muka bumi ini…..
manusia pertama adalah nabi adam as,,,biak dia manuasia jht/baik,ptih/hitm…kt tetap anak ccu dr adam hnya syaitanlah yg membuat mereka ingkar kpd tuhnx….jd g ad tu teori evlusi yg mngktn manusia brsal dr kera (hnya org yg dngkal pikirn yg mengtakan begtu krn mrk g prcya adx tuhan) mnrut pkirnq mgkn sj para nbi prnh mngijakn kakix d sni,,,krn istri nbi ibrhim yg brnm kethura brasal dr ktjaan agkor bgtu ksahx yg prn q bca ….
mudah2 kt mengungkp ap yg sbnrar trjdi ……
bngkit wahai ummt muslim….
peradapan manusia. Adam dan hawa adalah manusia pertama dijagad ini raya ini, sebelum adam ada mahluk lain iblis setan jin. Adam hawa punya anak40, selain itu adam jg mempunyai keturunan tidak melalui ibu namanya nabi ses sedang hawa punya anak sihiran dari iblis namanya sang hyang ses, yg nabi ses td entah berapa turunanan sampai kependowo limo salah satunya unto dewo alias prabu darmo kusumo yg gak bisa mati sampai ratusan tahun karna memiki aji kalima sada. Diutus dewanya untuk mencari orang yg bisa mengartikan kalima sada tadi, trus dia berjumpa sunan kali jaga, trus di islamkan kanjeng sunan br dia bisa mati. Trus yg sang heyang ses tadi entah berapa turunan sampai ke orang yg namanya semar, jd semar itu manusia setengah jin bisa mencolo putro bisa mencolo putri begitulah silsilahnya. Allah hu aklam, kebenaran hanya milik Allah.
Mengenai aji saka dahulu sy diceritakan alhm.simbah yg menyatakan aji saka adalah keturunan sang prabu bala dewa yang meninggalkan india sebelum adanya perang bratayuda di kuru setra. Banyak hal yg hilang dalam jejak ceritanya,maka wajarlah kita semua otak atik gatuk mengenai sejarah aji saka ini.
saudara2ku,kita semua boleh berpendapat, bercerita dsb, hanya smg tdk menjadi ajang perselisihan yg menajam, harus saling harga-menghargai, ambillah yang baik-baik, buang yg tdk baik (sekedar share).
toh masa itu sdh berlalu, hanya Tuhan yg tahu, karena Allah maha rahasia. kita masings punya pedoman agama, ikutilah, karena sebaik2nya mahluk adalah yg paling bertaqwa kpd Tuhannya. Maka setelah kita mengenal diri kita, dia akan mengenal Tuhannya, maka… Jika semua itu sdh dilakukan, mudahlah bagi-Nya utk membuka hijab siapa Anda, Aji Saka, Nabi Adam bahkan yang lain.
demikian, smg bermanfaat, mhn maaf lhr dan bathin.
(sas)
SIAPA MENGENAL DIRINYA
DIA MENGENAL TUHANYA
Begitulah kehebatan dan ” kesombongan ” manusia, hanya diberi sedikit ” kelebihan ” sudah merasa lebih ” hebat ” dari Tuhan. Sudah sering didengar ditelinga kita, bahwa dalam diri manusia adalah roh Tuhan, sehingga ada orang yang berani mengaku bahwa dirinya adalah ” Tuhan ” dan ada lagi yang mengaku ” Nabi ” sementara arti kata Nabi saja dia belum mengerti, sehingga dia berusaha memaksa kehendak agar pengikutnya mengakui dia sebagai ” Nabi “. Semua manusia dan seluruh makhluk hidup di muka bumi ini adalah utusan Tuhan, apakah semua manusia dan makhluk hidup tersebut bisa jadi ” Nabi ” ?. Sedang bangsa Jin yg kehebatannya jauh di atas kehebatan manusia saja tidak bisa mengetahui siapa Tuhan yang menciptakan seluruh semesta alam ini, jadi sudah saatnya kita sadar, karena moyang bangsa ini sudah selalu mengingatkan bahwa kita mesti eling ( sadar sesadarnya ) agar tidak terjebak dalam permainan para ” IBLIS ” agar kita menentang Tuhan. Yang perlu di ingat sifat utama iblis adalah ” JANJI DAN ANCAMAN “. Silahkan anda menyimak kembali apakah ajaran yang anda pelajari selama ini ” terbebas dari kedua sifat iblis ” tersebut ?. Tapi anda jangan kecewa, karena untuk mengalahkan iblis, hanya dengan ajaran iblis itu sendiri. Jadi pada intinya ” ambillah ajaran yang baik, buanglah ajaran yang tidak baik “. Jangan dipercayai seluruh ajaran iblis walaupun mereka mengatakan itu adalah ajaran Tuhan. Yang perlu kita ingat Tuhan tidak pernah berjanji, tapi Dia sudah ” MEMBERI SEMUA KEBUTUHAN MANUSIA DAN SELURUH MAKHLUK HIDUP DI ALAM SEMESTA INI “. Jadi jika ingin sebagai pemenang, pergunakan logika yang ” SUDAH DIBERIKAN TUHAN ” bukan mencari yang tidak ada. Tks.
Wassalam. Joyokencono.
ijin nyimak aja ya, bro… soalnya pengetahuan saya cethek utk sejarah ini… yang saya tahu cuma legenda ajisaka berhubungan dengan huruf jawa itu… hehehe
Orang Wali pasti sakti
Orang sakti belum tentu Wali
Reblogged this on iwanb86.
Aji saka itu orang jawa asli dan dia bersahadat langsung dg kanjeng nabi, dan beri pelajaran pertama sifat wajib dan mukhalnya ALLAH, tapi karena blm menemukanya atau gagal dan ЪªªK̶̲̅ sakti2 maka dia ( aji saka ) belajar dg caranya sendiri dan yg dia temukan adalah sifat mukhal dari 20 sifat itu. Coba teliti lebih lanjut arti dari hanacaraka tersebut, artinya adalah ada 2 utusan yg samA2 sakti dan berperang hinGga keduanya mati, itu adalah perang hak dan batil yg ada dlm diri manusia. Setelah dia mencapai kesaktianya berjumpalah lagi dg mbah nawawi banten atau yg dikenal dg nama nawawi al-bantani dan beliau memperingaþkan bahwa apa yg dia dapatkan adalah sesuatu yg batil, lalu dg kesaktian yg didapatkanya dari olah sifat 20 yg salah itu dia dibertenpur dan dia dpt dikalahkan dg mudah dan pada akhirnya dia berjanji bahwa siapapin orang jawa yg beragama islam dia akan ikut mewujud melalui sedulur papat itu. Aji saka vs dewata cengkar is seri. Hak dan batilnya masih seimbang. Mbah nawawi itu jg seorang wali dari tanah jawa asli, tepatmya adalah daerah banten, itu kenapa nama belakangnya adalah al-bantani. Beliau wali dari generasi terakhir umat nabi isa as, dan berjumpa nabi muhammad, bersahadat dan menjadi umat muhammad saw. Huruf jawA itu ada 20 dan masing2 adAlah perwujudan dari sifat wajib allah serat mukhalnya allAh. Cermati aja, ini sejarah bukan didapat dari jin, tapi dari seorang yg sudah mengalahkan dirinya sendiri dan sudah mentok di bagian sifat 20, serta keimanan yg tidak akan luntur karna dialah kekasih yg maha tunggal. Adam manusia pertama dg istri ibu hawa adalah mutlak adanya. Istilah para nabi dikaitkan dg orang jawa itu tidak ada benarnya sama sekali. Kalo ada nabi dijawa tentunya tidak mungkin nama mereka pakai bahasa arab pastilah nama jawa yg digunakan, sebagai contoh adalah, paimin,tukimin, parjo mumgkin paijo. Sejarah yg mengatakan nabi adalah orang jawa adalah sejarah dari para jin yg akan menyesatkan orang orang bodoh, ini didapat dari hasil ritual, bukan dari hasil ibadah ke allah, atau melaksanakan sunah nabi allah muhammad saw. Berfikirlah yg yg jernih dan ĴªnϞǵªnϞ menghubungkan bahasa al-qur’an dg bahasa jawa, tidak bakal nyambung, sedangkan bahasa arab saja itu tidak sepenuhnya mengandung arti seperti di bahasa qur’an. Inilah yg jadi bahan argumen orang2 bodoh ahli ritual, bukan ahli ibadah atau ubad, bahwa nabi adalah orang jawa itu adalah salah besar. Apakah jin bisa dipercaya sehingga mereka mengambil ilmu daripanaya? Dan apakah manusia itu harus pusing memikirkan sejarah hingga dia lupa untuk apa dia diciptaka? Tudaklah kuciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyebahku. Ingatlah firman itu dan ingat kita akan dimintai pertanggung jawaban dg apa yg kita perbuat didunia! ĴªnϞǵªnϞ sekali2 mengikuti kegiatan ritual orang2 sesat yg mengatas namakan allah dan nabinya, ikutilah allah dan nabinya, sesungguhnya sebaik2 penolong adalah allah. Trims…. MuAh,,,,
Mas, yg bodoh itu siapa ? Gimana aji saka bersahabat dengan orang yg belum direncanakan atau belum memasuki proses produksi (selisih 502) tahun. Jadi sebenarnya bangsa asing sudah membodohi bangsa ini, dengan doktrin2 yang tidak disaring oleh otak bangsa ini, sehingga percaya dengan kebohongan2. SEkedar contoha, Nabi adam anaknya laki2 semua lantas istrinya dari mana ? dari tulang rusuk masing2kah?. setelah air bah yg diceritakan oleh nuh. Manusia tinggal sepasang, terus anak mereka menikah dengan anak perempuan siapa lagi ? Diambil dari tulang rusuk lagikah? diceritakan lagi pada zaman sebelum nuh manusia menyebar keseluruh penjuru dunia dan terjadi perubahan warna maupun bahasa dan pada zaman nuh manusia ini masih adakah? . Berdasarkan cerita nuh jelas punah karena terjangan air bah. Oke. Cobalah pergunakan logika anda yang sudah diberikan Tuhan. Jika manusia tidak mempergunakan akalnya untuk berpikir apa bedanya dengan hewan? karena kata manusia berasal dari bahasa sansekerta manussa yang artinya binatang yang bisa berfikir. TTd. Joyokencono
hahahahahahahaha,……….ngawur.com wong iki,lambene lusak la tw diamong2i,…al quran adlh sebenar2nya kitab,ga ada keraguan sama sekali didalamnya,islam adalah agama penyempurna,berarti sebelum islam banyak agama allah yg telah diturunkan,jadi kalo ada kebenaran dalam suatu agama lain trus dlm islam juga dibenarkan ya memang harus begitu,bangsa apapun ya memang dari nabi adam,dan hawa,hadeh,……ampun deh gan,….ojo ngawur gan,polae wong jowo ae karepe njalok diunggulne,seng paling apek kui yo seng paling beriman,paling taqwa,dll KALOPUN ORG ARAB PLAGIAT PADA ORG JAWA PASTILAH PADA LELUHUR JAWA YG JAUH SEKALI,YG INSYAALLAH JUGA TERMASUK PARA NABI,BUKAN PADA SAMPEAN GAN,..? NABI UMAT ISLAM MUHAMMAD SAW TIDAK PERNAH KEJAWA KO GAN NEMUA SAMPEAN,…..kalo ada beda pendapat ya dibahas aja,ga sah menghina bangsa lain,aku moco artikel iki pengen nambah wawasan,eh ketemu postingan koyo ngene,ga ngajari apek ngeneki,piye lek suro sesok diruwat ben waras,…?
KEBANYAKAN MANUSIA SOMBONGNG DG SEDIKIT PENGETAHUANNYA,ATI2 GAN LEK POSTING,..
hadewhadewhadew…………………angele golek ilmu………..
Mas Terate, umur sapeyan sdh 1400 thnkah? sehg sampeyan yakin benar bahwa org arab junjungan sampeyan tdk pernah ke jawa ? Faktanya apa mungkin org yg menyarankan org lain utk belajar ke cina tapi dia sendiri tdk pernah ke cina? cina dan jawa tdklah jauh amat. ok. Menurut sampeyan penyempurnaan agama. Apakah sampeyan sdh mengerti ” ARTI AGAMA ? “. klu bselum silahkan bertanya kepada seluruh pakar agama yg sampeyan kenal dan kemudian sampeyan RANGKUMKAN jawaban mereka, supaya sampeyan mengerti BETAPA HEBATNYA ORG2 YG MENGAKU PAKAR AGAMA, TETAPI TIDAK TAHU MAKNANYA AGAMA. jadi gimana bisa menyempurnakan agama sementara artinya saja tidak di mengerti. Untuk membuktikan siapa yg PLAGIAT, silahkan sampeyan buktikan sendiri dengan cara kumpulkan kalender JAWA DAN ARAB SELAMA 5 TAHUN BERTURUT-TURUT, CATAT MNAMA BULAN DAN JUMLAH HARINYA, KEMUDIAN BANDINGKAN KALENDER SIAPA YANG TIDAK KONSISTEN, jadi pada intinya siapa yg tidak KONSISTEN DIALAH YG PLAGIAT KARENA TIDAK MENGETAHUI CARA PEMBUATAN KALENDER. TKS. TTD Joyokencono.
Yambahan lagi mas Terate, kalende Saka sekarang tahun 1935 dan Kalender Arab 1434H. Jadi Siapa yg membuat kalender DULUAN. JAWA ATAU ARAB ?.
Salut pd pak joyokencono. Sip
menambahi mas kucluk,…aji saka memang ratu tetapi memiliki kekurangan, sebenarnya sifat ratu itu ada 21, makanya tertulis bahwa ajisaka hanya memiliki 20 sifat,..hal ini yg merancukan tafsir mitologi jawa,..karena sebenarnya ajisaka dapat menguasai jawa dengan sistem perjanjian dengan ratu jawa yg asli dgn memiliki sifat 21,.. pembahasannya siapa yg memiliki sifat 21 dengan penyebutan ratu jawa yang asli???
berart aji saka itu org muslim ya gan.
orang indonesia ternyata pinter2 yaa…..
pantesan negara ini maju,makmur,sejahtera….madaaangggg muollll!!!!!
Siapakah Makhluk Sebelum Adam?
“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat; “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi”. Mereka bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan itu dengan berkata): “Adakah Engkau (Ya Tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan), padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memujiMu dan mensucikanMu?”. Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya”
bisa klik link berikut;
http://www.rasyashare.com/2012/09/misteri-makhluk-penghuni-bumi-sebelum.html
Bgitu bnyak orang pndai tp gk da orng mngerty,jd asal ngomong doank,tidak d bekali pngetahun yg mndukung,
Cukup brpedoman pd alQur’alh kbenaran yg hakiki.Bukn dr yg lainnya.
Thank’s
menurut saya nabi adam bukan manusia pertama di bumi .
tapi manusia pertama yang sempurna yang di ciptakan allah. arti sempurna disini tentu mungkin dari bentuk dan dengan segala kelebihan. di antaranya kelebihan berpikir untuk membuat aksara atau bahasa .itulah kenapa semesta alam harus bersujud ketika nabi adam di ciptakan.tak terkecuali malaikat dan iblis.-
teguh rahayu slamet in the Bhineka Tunggal Ika
Heran ya !!!! Sbenarx apa sih yg d ributkan,,wong sm2 gk tau aja,,mana yg bnar n salah,,mending makan bakso pake gorengan dan sambel maaantaappp,jgn bertengkar ya!!! Damai damai damai
Saya sangat setuju dengan pendapat-pendapat anda semua. Tentunya andalah yg mengerti atau yg ahli dalam bidang sejarah tanah jawa ini. Anda atau para Master-master tentunya tidak hanya sembarang mengeluarkan pendapat anda. Tetapi akan lebih baik jika menghormati dan menghargai pendapat dari para master2 yg lain. Saya juga disini belajar untuk menemukan titik terang dr permasalahan ini. Dari semua master yg ahli dalalam bidangnya masing2 , saya ber argument bahwa telah di tegaskan di atas bahwa kita bisa saja telah “di bodohi oleh bangsa lain” yang kita tahu adalah dr buku. Sedangkan saya disini berbicara mengenai logika, yg berkesimpulan adalah ilmu itu kita dengar hanyalah dari “katanya orang dan katanya orang dan katanya orang lagi”. Jika dalam bhs jawa “mung jarene wong-wong thok”. Dan saya sangat setuju dr pendapat para master yg menyimpulkan bahwa aji saka bukan lah yang sempurna melainkan beliau menonjolkan perlambangan aksara jawa itu berjumlah 20 bukan 21 (belum termasuk sandhangan). Dan saya sangat menyukai filosofi” orang jawa jaman dahulu yg masih memegang teguh tentang adanya aji-aji. Satu lagi yang perlu di ingat tentang budaya jawa yg adiluhung itu maka saya menegaskan “Ojo Kuminter
Mundak Keblinger,
Ojo Cidra Mundak cilaka.”
trimakash
Saya iri dengan tulisan/artikel ini. Karena berhasil menghadirkan komentar-komentar yang membuka aras wacana yang begitu luas.
Saya tertarik dengan komentar dari Mas Sastra (http://sastraculture.com/) yang memiliki kisah Ajisaka yang agak mirip dengan dongeng yang pernah saya dengar dari almarhumah Nenek saya.
Salam damai bagi anda semua.
Reblogged this on NUSWANTORO.
Siapa yang paling nyata menghormati warisan AJI
SAKA sampai sekarang.?.berdebat??? Untuk apa?
Kalau anda” merasa yakin dngan islam yakinlah bhwa alloh swt mnciptakan MANUSIA prtama d muka bumi bernama ADAM dan d tgaskan alloh swt sbg khalifatulloh..kalaupun ada cptaan mhkluk selain ADAM itulah yg nmanya IBLIS ..dan iblis d tgaskan untuk mggoda anak adam termasuk keyakinan anda” semua
Berarti jawa dengan jew msh satu ras. Tampk dr kbudayaan jewish yg berbau jawa. Mis topi rabbi yhdi yg bergmbr rumh joglo. Bhkn bngunn sinagoga brcork joglo.
Tak prnh/ blm prnh trjdi klo yahudi mbunuh orng etnik jawa.
Sprtny mrk brpntngn mmbunuh manusia yg msih satu ras dgn mrk.
Cm bkn brt sm persis. Watk yhudi brupaya menduduki bumi. Hl yng mnybbk Allah murka dan mnusia mngusir yahudi dn bncj mreka.
Sedang jawa berkaraktr mangku bumi. Tfk rakus dan dsayang bangsa lain. Mreja diijinkan Allah mnempti tanah surga/dreamland/sundaland;/tnh jawa.
Wallhu alam
yang jelas aji saka tak sama dengan saka aji,karna banyak aji waskita namun sulit mewaskitani aji…….JOWO MULYO SAMPURNO
Jangan berdebat masalah yang nggak kamu tahu asal usulnya
Assalamuallaikum wr.wb
Aji saka kui Muridte Syekh Subakir , Syekh Subakir pulang ke Persia Muridnya tetep tinggal di tanah jawa untuk menyiarkan agama . Manusia pertama kali ya Mbah Adam tapi orang yg pertama ya Beliau Kanjeng Nabi besar Muhamad saw.
Ma’af mas mbak aku yo ra ngerti ilmune iki mung Menganalisa dan Logika kalo tanah jawa ada penghuni setelah ada agama masuk.
Wkwkwkwkwkwk
sepurane uron Rembok aku yo ra mudeng blas.
Aji saka keturunan siapa ? Aji saka ya syekh Subakir Mungkin.
Wassalam
Mas yg nama syehk belum lahir dizamannya aji saka mohon jangan diputar balikkan. Tks.
Sampeyan terlalu banyak nonton wayang kalee. Tuhan menciptakan segala sesuatu jug a melalui proses
Tambahan lagee.. org arab benci sama org kafir, sementara 24 org nabi yg dipuja puja org arab ternyata itu nabinya org kafir semua. Mungkin gara2 mengakui nabinya org kafir sbg nabinya org arab, maka sampai detik ini org yahudi dg arab ga pernah akur, jangan jangan benar kata org yahudi bahwa diatas kabah itu gambar salibnya nabi yesus alias isa. Hanya bangsa ini saja yg percaya dgn bangsa penipu dsn licik….
joyo kencono hehehheehh joyo joyo aksara hanacaraka yg kamu katakan berasal dari aji saka itu aksara baru setelah aksara palawa dan aksara jawi kuna baru aksara ha na caraka muncul dan di gunakan dan prasasti di tanah jawa khususnya di jawa tengah dan jawa barat di tulis dengan aksara palawa bukan aksara hanacaraka jadi kalau mau bicara sejarah fahami dulu disiplin2 ilmu sejarah dan masuk ke group2 sejarah jangan sekedar membalas comen2 di blog ini saja heheheehhehh silahkan tinggalkan akun fb mu nanti akan saya gabungkan ke group2 sejarah nasional dan internasional dan kita bisa discusi dengan membawa fakta2 sejarah yang ada
dari cerita rakyat berlanjut ke perdebatan antar agama, dari berbagi pengetahuan sampai terjadi peperangan, ya beginilah INDONESIA di awali “dari Sabang” dan di akhiri “sampai Merauke”
nabi Isa masih hidup bosss,,,
sampurnaning perkoro sirnaning warno lan rupo!
jgn kita memperdebatkan sesuatu hal yg itu bisa menyakiti orang lain,karna orang yg berilmu tidak akan menampakkan
Kalau orang jawa sama berdebat..masalah ilmu..singkabeh podo semune..koyo ibarate wong perang..seng menang yo loro seng kalah yo loro..yen kabeh poda rebutan bener…terus sing ra bener sopo..ilmu jowo utowo pangerten jowo..yen di wedar sak ambane jagat gak bakal enek enteke…dulurrrr…!.seng baku ayo podo guyup tukar kaweruh…ora ono manuso iku duwur ilmune..kejobo gustine..nangeng jembar pangertene..yen podo hormati sak padane…karo ngerti lelakune uripe dewe..seng dadi titah…lan dadi kurungane howo lan nepsu…mongo sami budi pangerten sebab manuso lahir iku tanpo kisinandangan ilmu….salam guyup rukun…dulur….
Uwis uwis aja pada ribut… Kabéh kabéh ya wis dadi PANDUME GUSTI… Sing kepénak dadia wong sing LEGOWO NRIMO ING PANDUME GUSTI KANTHI MANAHIPUN PANJENENGAN… Insya Alloh uripmu bakal adem ayem kepénak tur bahagia… Belajaro mumpung ésih urip..!!!
Nuwun-nuwun kulo nuwun….
Poro sedulurku kabeh…. luwih becik siro tansah manembah marang Gustimu kanthi pranatan kang wis katoto seko leluhurmu sing adi luhung…Tansah eling lan waspodo ugo waskitho marang gung lewang lewunging jagad. Andap lan asor manah bakal handadekake pepadhaning kablu…Kanthi dedasar muncaring cokro ing buwono terusing sukmo den pinaringan gesang kang rahayu…
DZAT INGSUN JATI, JATININGSUN URIP SEJATI, HIYO INGSUN SEJATINING URIP.
Hayu-hayu rahayu…Joyo wijayanti ( Kawulo Alit )
Mo tanya ni, ada ga kahanan yg dilihat, satunya yg paling jauh dg yg paling dekat? trus gimana masuknya kekahanan itu? soale q org bodo
perdebatan bagus itulah suatu keragaman (tnpa emosi ) semua ada -+ itulah yng menjadikan keseimbangan….maju semangat sedulur se INDONESIA
sy percaya awal kehidupan di INDONESIA (bukan yakin ) ,,,tp dengan semakin kematangan dn kesiapan kita semua terlahirlah INDONESIA jaya sbgai panutan lainnya ….tp sy yakin dengan semakin matangnya dan kesatuan kita semua sang pertiwi akan bicara ” lantang ” hingga semua terpana
aji kuwi maknaya ilmu sejati….
saka..kuwi maknane tiang.atau satu ayau alif..
aji saka…berarti mencari ilmu yang pasti pada diri..sejatiya diri
Jajal podo semedi o,podo meditasio lan podo khusuko donga,delok neng jero sejatine ati sopo sing bakalan paling disek jebur nroko goro2 posting iki(termasuk aku) “rahasia GUSTI ALLOH sok dingerteni hahahaha,taun iki sing do komen wes do mati durung???
Saya tertarik, di atas ada yang bilang kalo nabi tidak ada yang namanya jawa, ada nama nabi diawali dengan Su…Sulaiman As…mohon dibahas. Terimakasih
Kalau saya mendapat pengetahuan kalau Nabi Zulkifli ada diJawa, yg peninggalanya borobudur.
Sblum india,dll brlayar jauh sblumny nenek moyang ‘nusantara’ sudah brlayar,mnggmbara,mrantau,dsb ke india,srilanka,madagaskr,dll. Bnarkh nenek moyang dinasti pallawa org2 india asli?
dari komentar2 di atas itu juga merupakan salah satu contoh makna dari tulisan jawa ho-no-co-dst.. yg artinya ada beberapa pendapat yg setiap yg berpendapat saling kuat memegang dan mempertahankan pendapat mereka yg sama2 tidak mau kalah. dan akhirnya ya kalah semua,,, mo-go-bo-tho-ngo,,,hehehe
Oh, this is really nice stuff you have shared, I really impressed after reading.
Thanks
weleh2 seru jga bacanya pada perang artikel hehehee 🙂
pada dasar nya sejarah itu punya 2 bahasan. 1 : sejarah tentang masa lalu 2: sejarah tentang masa depan / masa yg akan datang atau biasa disebut ramalan. bukan kah lebih baik kalian smua yg pinter2 ini bersatu unutk membahas masa yg akan datang agar slamat dan sejahtera sluruh umat manusia …. hahahaa salam cap cus
mantaaapppp… pengen tau tetang sejarah AJI SAKA ???
datang saja ke jawa tengah, kab. grobogan, kecamatan gabus, desa banjarjo, dusun medang kamulan, disana ditemukan pondasi kerajaan dewata cengkar, krajaan tersebut yg dlunya dipimpin prabu dewata cengkar, yg terkenal jahat n kanibal, kemudian dikalahkan oleh AJI SAKA dan krajaan trsbt diserahkan kpd AJI SAKA.
masak kalian blm mendengarnya..??? indonesia sdh digegerkan dgn penemuan itu lo, dri jkrta, jogja, semarang, demak, kudus, semua sdh mengunjungi disana…. tunggu apa lg dri pd adu pendapat mending BUKTIKAN SENDIRI SECARA LANGSUNG>>>> kami tunggu,,,trimksh
mantaapppp..
Urun rembug kang…
Neng daerah ku grobogan ,semarang jawatengah
Tepatnya dusun medang kamulan ada petilasan ajisaka dan baru beberapa hari yang lalu di temukan peninggalan keraton medang kamulyan yang menurut legenda dewata cengkar sebagai penguasanya…
Saat ini lagi ramai karena ditemukan pondasi kerajaan beserta peninggalan yang lain…
silahkan datang lo mau lihat langsung biar tidak berdebat ngalor ngidul…
sekalian dicocokan sama referensi yang ada pada kalian…
Salam Damai…..
ada yg bilang bahwa Syekh Subakir itu adalah Aji Saka
Sekedar info yang masih dalam rangka pengembangan
Pada 21 Juni 0078 Masehi, Prabu Ajisaka mengadakan perubahan terhadap budaya Jawa, yaitu dengan memulai perhitungan dari angka nol (‘Das’=0), menyerap angka 0 dari India, sehingga pada tanggal tersebut dimulai pula kalender Jawa ‘baru’, tanggal 1 Badrawana tahun Sri Harsa, Windu Kuntara ( = tanggal 1, bulan 1, tahun 1, windu 1), hari Radite Kasih (-Minggu Kliwon), bersamaan dengan tanggal 21 Juni tahun 78 M.
Selama ini, banyak pendapat yang mengatakan, bahwa Prabu Ajisaka ialah orang India/ Hindustan. Tetapi hal tersebut nampaknya kurang tepat, dengan fakta-fakta kisah dalam huruf Jawa, bahwa :1. Pusaka Ajisaka yang dititipkan kepada pembantunya berujud keris. Tak ditemukan bukti-bukti peninggalan keris di India, dan keris adalah asli Jawa.2. Para pembantu setia Ajisaka sebanyak 4 (empat) orang (bukan 2 orang seperti yang banyak dikisahkan), dengan nama berasal dari bahasa Kawi, atau Jawa Kuno.
Mereka adalah : a. DURA (dibaca sesuai tulisan), yang dalam bahasa Kawi berarti anasir alam berupa AIR. Bila dibaca sebagai Duro (seperti bunyi huruf O pada kata “Sidoarjo”), artinya = ‘bohong’, sangat jauh berrbeda dengan aslinya. b. SAMBADHA (dibaca seperti tulisan), yang dalam Bahasa Kawi berarti anasir alam yang berupa API. Bila dibaca dengan cara kini, Yaitu seperti O pada kata Sidoarjo, akan berarti “mampu” atau ‘sesuai’. c. DUGA ( dibaca seperti tulisan), dalam bahasa Jawa Kuno berarti anasir TANAH, namun bila dibaca dengan cara kini, akan berarti “pengati-ati’ atau ‘adab’. d. PRAYUGA (dibaca seperti tulisan), dalam Bahasa Jawa Kuno artinya adalah “ANGIN“, dan bila dibaca dengan cara sekarang akan berarti ‘sebaiknya/ seyogyanya”.
Keempat unsur/ anasir tersebut adalah yang ada di alam semesta (Jagad/ bawana Ageng) serta dalam tubuh manusia (Jagad/ bawana Alit). 3. Nama Ajisaka ( Aji & Saka) adalah berasal dari Bahasa Jawa Kuno, yang berarti Raja/ Aji yang Saka (= mengerti & memiliki kemampuan spiritual), Raja Pandita, Pemimpin Spiritual. Prabu Ajisaka juga bernama Prabu Sri Mahapunggung III, Ki Ajar Padang III, Prabu Jaka Sangkala, Widayaka, Sindhula. Petilasannya adalah api abadi di Mrapen, Grobogan, Purwodadi, Jawa Tengah.
Suber:sabdadewi
Yang penting pada rukun ya : jangan gontok”an…
Hanya aji saka yang bisa menciptakan hurup yang penuh makna, hanya dari ucapannya tercipta hurup yang adi luhung dan tidak ada tandingannya di dunia ini, coba simak tiap hurupnya :
HO NO CO RO KO = ADA UTUSAN
DO TO SO LO WO = SALING BERKELAHI
PO DHO JO YO NYO = SAMA-SAMA SAKTINYA
MO GO BO THO NGO = MENJADI BANGKAI/ BATANG/ MATI
ITU ADALAH PENGGALAN LEGENDA AJI SAKA PADA BAB AJI SAKA MENYURUH PENGIKUTNYA UNTUK MENGAMBIL PUSAKA YANG DI TITIPKAN PADA PENGIKUT YANG LAIN DI TEMPAT LAIN, CERITA LEGENDANYA NANTI AJA, PERHATIKAN, SEMUA HURUPNYA HIDUP, KARENA AJI SAKA INGIN MENGHIDUPKAN PARA PENGIKUTNYA YANG GUGUR AGAR TETAP HIDUP SEPANJANG MASA, JADI HANYA HURUP JAWA LAH YANG BENAR-BENAR SAKTI DAN AKAN HIDUP SEPANJANG MASA, seperti nama anak saya NUZULA HUDA YUDAKA, yang artinya TURUNNYA PETUNJUK UNTUK BERJUANG atau BERJUANG KARENA AGAMA atau PEMIMPIN PERANG atau PANGLIMA PERANG atau RAJA.
Emang makam/ kuburanya sudah di temukan blum..dan dimana…trus sampa sekarang siapa keturunan yang terkenal….aji saka..awal orang sakti di jawa…keturunan nya syeh subakir..pusat di jateng..nusantara.
Ajisaka&syeh subakir tdk sama.silakan datang ke pedang kamolan.grobogan.jateng.pak ganjar.bale arkeologi jogja udah kesana
diceritakan dalam kisah Ajisaka, setibanya di Tanah Jawa ada tokoh bernama Dewata Cengkar yang berhasil dikalahkan oleh Aji Saka.
artinya, sebelum Ajisaka sampai di tanah Jawa, di tanah Jawa sudah ada kehidupan. jadi tidak bisa kalau dikatakan bahwa Ajisaka adalah leluhurnya orang tanah Jawa.
lalu bagaimana dengan keturunan Dewata Cengkar???
Jngan mrsa pnya tngkatan bsa crta snah sinih toh kta smua lhir jauh dri smua kjadian itu smua krna kta sbagai mnusia biasa hnya bsa braday2 ges jdi jngan mrsa pling thu /pnya lvel tnggi krna smua mlik allah kta hnya bljar jdi mnusia allif jngan lammalif.
manthaaabbb. . . . , gan.
menyimak dari diskusi anda semua,,,saya menemukan pencerahan dlm diri saya.
sebenarnya smua yg disini berharap di akui bahwa sbenarnya kita orang jawa adalah kturunan orang hebat sperti ajisaka,dan kita bangga…
padahal dari dri smua yg anda diskusikan dan anda debatkan justru tdak mnunjukan anda kturunan ajisaka,…
tapi suku asli jawa adalah bangsa medang kamulan yg di dirikan oleh bangsanya dewata cengkar….paham.
pertanyaaan buat anda smua berpikir.suku asli jawa itu kturunan ajisaka,apa keturunan bangsa dewata cengkar..????
kalo anda mngatakan kturunan ajisaka,berarti anda bukan asli orang jawa,,,,…
yg mengaku asli orang jawa itu keturunan medang kamulan,dan yg mendirikan medang kamulan adalah leluhurny dewata cengkar…
kalo yg mengaku keturunan ajisaka..dia bukan asli jawa..dia bangsa pendatang…
paham,,>>>>????? dadi wong jowo ojo gengsi mengakui kalo nenek moyang kita adalah dewata jengkar..,dan kita adalah keturunan bangsa medang kamulan…kalo mau menghargai leluhur kita,jngan menolak leluhur kita yg dicatat salah dalam sejarah…
debat rebutan bener ,brarti wong2 ki urong podo bener .. udh itu aja ksimpulan saya.
weleh…weleh… wes ta ojo do gontok”an ae. kabeh ngomonge gor jarene, ceritane, opo kirane bener kabeh kui mau. jal nek emg pengen ngerti seng sak benere yo di bukteke dewe. ojo gor pinter ngomong debat sak senenge udele dewe.
yen gak iso mbukteke dewe yo digoleki ilmune.
cerito karo nyoto kui sering gk podo. lagi seng nyoto ae durung pesti le sakbenere opo meneh mong cerito.
Kok yang diributin Aji Saka melulu kan ada saudara kembarnya, aji sakti dan aji putih apakah ada yang tau cerita keduanya itu…..terimakasih…
Lhaiyo, moco komentar neng artikel ngene iki mboh kenopo kok lambe ku cengar cengir ae, bener ancen lek wong jowo iku kepingine di unggulno, sampek wegah nimbo ilmu neng menungso, lek seng gaweanane njauk petunjuk nang jin iku lho seng ancen utek e angel di warah i, di apusi kok gelem ae
indahnya berbagi informasi sejarah… kulo nyimak mawon
Mohon maaf itung itung urun rembuk saja SOAL PENGALAMAN yang saya alami, dari pada debat kesana kemari kalo bisa para senior senior yang ada di artikel ini dan komen di artikel ini datangi saja wilayah jawa bagian barat (ujung kulon) karna sejarah jawa ber ujung di sana dan petunjuknya pun ada di sana semua, salah satu bukti nya adalah 7 manusia kutukan yang sampai detik ini bisa kita saksi kan walau dalam dunia lain, tapi unik nya pintu masuknya tidak ada yang bisa melihat selain saya sama orang tua saya, banyak orang orang yang katanya hebat setiap ke situ belum pernah ketemu pintu masuk nya, tapi uniknya lagi kalo orang tua saya atau saya yang ke situ tiba tiba pintu masuk nya nongol dan bisa masuk, dulu saya beranggapan kalo saya itu sakti tapi ternyata tidak karna semua orang bisa masuk dan kenapa begitu karna saya sering mengajak teman teman saya ke sana dan bisa masuk semua sampai lokasi istana yang paling dalam di mana 7 manusia kutukan itu berada.
Dan soal Aji Saka kalo ga salah dulu pernah ada beberapa teman saya yang bertanya soal Aji Saka itu dan di sana di jelaskan seinget saya Aji Saka itu adalah Aji Sangkala Geni dan belio adalah Jin yang sakti mandraguna bisa wujut manusia dan sangking saktinya belio bisa mengalahkan musuh musuhnya apa lagi cuma seorang Dewata Cengkar ya kecil atuh, kalo kata orang sekarang mah sambil merem dan kalo seandenya ada yang cari makam nya ya ga bakal ketemu lagi wong bukan manusia ko, tapi kalo petilasanya banyak salah satunya ada di Bali atau Pangandaran yang di kasih sebutan SEMBAH AGUNG,.
Dan bagi yang mengaku keturunan Aji Saka atau kalo ga coba cari petilasan yang nyrempet nyrempet berbau nama atau sebutan Sembah Agung aja barang kali ketemu titik temunya soal Aji Saka.
Saya juga turunan tapi pas tanjakan ilang dan ga kuat karna belum dobel gardan. Hahahaa (maaf bercanda)
**
Kurang lebihnya mohon maaf karna pada waktu itu saya tidak menyimak dengan baik wejangan penunggu di sana soalnya kan yang tanya temen saya bukan saya jadi lupa lupa inget gitu, dan penunggu di sana juga bisa wujut juga dan bisa berdialog langsung soal sejarah dan keilmuan, namanya Dewi Jalja dan kalo di lihat dari pakaian yang di kenakan sih kaya Ratu gitu, kendaraan yang di gunakan juga kaya kreta kencana gitu dan di situ tuh kaya kerajaan tapi abdinya semua wanita ga ada laki laki, saya ga tau belio siapa dan sampai saat ini saya kurang berani menyimpulkan belio itu siapa takut salah omong, tapi yang pasti belio bernama Dewi Jalja dan kalo di tempat itu belio mau datang dan wujut sehingga kita bisa melihat nya dan bisa berdialog denganya, kalo ga percaya dan pengen tau hayuk kita ke sana saya siap antar, tapi kalo bisa bawa bekel yang banyak karna jauh ga ada listrik dan ga ada pedagang makanan. Terimakasih
NB : Perjalanan sampai ke dasar laut kurang lebih 8 jam karna hanya bisa di tempuh dengan ber jalan kali, berarti kita harus nginep di sana.
Saka atau Saca (bahasa Persia: lama Sakā, modern ساکا; bahasa Sanskerta: Śaka; Yunani: Σάκαι, Sákai; bahasa Latin: Sacae; Hanzi: 塞, lama *Sək, modern Sāi)[a] adalah istilah yang digunakan di sumber-sumber Persia dan Sanskerta untuk menyebut bangsa Skithia yaitu masyarakat Iran Timur nomaden di Stepa Erasia.[2][3][4] Ilmuwan modern umumnya menggunakan istilah Saka untuk menyebut masyarakat Iran di Stepa Timur dan Cekungan Tarim.[5] René Grousset menyebutkan bahwa mereka merupakan cabang dari “rumpun Skithia-Sarmatia” yang berasal dari masyarakat Iran di stepa bagian barat laut Erasia.[6] Di Cekungan Tarim dan Gurun Taklamakan, orang
Saka mendirikan daerah Khotan dan Kashgar termasuk Kerajaan Khotan yang menjadi vasal China pada masa Dinasti Han dan Dinasti Tang.
Referensi Sunting
Cosmographia Claudii Ptolomaei Alexandrini.
West, Barbara A. (January 1, 2009). Encyclopedia of the Peoples of Asia and Oceania. Infobase Publishing. ISBN 1438119135. Diakses tanggal 18 Januari 2015.
“Scythian”. Encyclopædia Britannica Online. Diakses tanggal 18 Januari 2015.
P. Lurje, “Yārkand”, Encyclopædia Iranica, online edition
Beckwith, Christopher (8 Mei 2011). Empires of the Silk Road (PDF). Princeton University Press. hlm. 68. ISBN 978-0691150345.
Grousset, Rene (1970). The Empire of the Steppes. Rutgers University Press. hlm. 29–31. ISBN 0-8135-1304-9.
Herodotus Buku VII, 64.
Naturalis Historia, VI, 19, 50.
Westermann, Claus (1984). : A Continental Commentary. John J. Scullion (trans.). Minneapolis. hlm. 506. ISBN 0800695003.
Kuz’mina, Elena E. (2007). The Origin of the Indo Iranians. Edited by J.P. Mallory. Leiden, Boston: Brill, pp 381-382. ISBN 978-90-04-16054-5.
“The sons of Gomer were Ashkenaz, Riphath,[a] and Togarmah.” Lihat pula entri Ashkenaz di Young, Robert. Analytical Concordance to the Bible. McLean, Virginia: Mac Donald Publishing Company. ISBN 0-917006-29-1.
George Rawlinson, memberikan catatan di terjemahannya untuk History of Herodotus, Buku VII, p. 378
Kurkjian, Vahan M. (1964). A History of Armenia. New York: Armenian General Benevolent Union of America. hlm. 23.
J. M. Cook (6 Juni 1985). “The Rise of the Achaemenids and Establishment of Their Empire”. Dalam Ilya Gershevitch. The Cambridge History of Iran, Volume 2. Cambridge University Press; Reissue edition. hlm. 253–255. ISBN 978-0521200912.
Briant, Pierre (29 July 2006). From Cyrus to Alexander: A History of the Persian Empire. Eisenbrauns. hlm. 173. ISBN 978-1575061207.
M. A. Dandamayev. History of Civilizations of Central Asia Volume II: The development of sedentary and nomadic civilizations: 700 BC to AD 250. UNESCO. hlm. 44–46. ISBN 978-8120815407.
Muhammad A. Dandamaev, Vladimir G. Lukonin (21 Agustus 2008). The Culture and Social Institutions of Ancient Iran. Cambridge University Press. hlm. 334. ISBN 978-0521611916.
“Haumavargā”. Encyclopedia Iranica.
The Cambridge Ancient History, Volume IV. Cambridge University Press. 24 November 1988. hlm. 173. ISBN 978-0521228046.
Briant, Pierre (29 Juli 2006). From Cyrus to Alexander: A History of the Persian Empire. Eisenbrauns. hlm. 178. ISBN 978-1575061207. This is Kingdom which I hold, from the Scythians [Saka] who are beyond Sogdiana, thence unto Ethiopia [Cush]; from Sind, thence unto Sardis.
Journal of the Royal Asiatic Society … – Google Books. 2007-04-06. Diakses tanggal 2010-12-30.
Journal of the Royal Asiatic Society of Great Britain & Ireland, Royal Asiatic Society of Great Britain and Ireland-page-323
L. T. Yablonsky. “The Archaeology of Eurasian Nomads”. Dalam Donald L. Hardesty. ARCHAEOLOGY – Volume I. EOLSS. hlm. 383. ISBN 9781848260023.
SALAM SEHAT BAHAGIA DAMAI DIHATI
SEMOGA YG MASIH KETURUNAN DLM SEJARAH DAN YG TIDAK KETURUNAN, YG KOMEN DAN YG TDK KOMEN YG NYIMAK YG MUDENG DAN YG TIDAK MUDENG SEMUA DI BERI KESEHATAN, UMUR PANJANG BERKAH MANFAAT, MUGA DI TAMBAH REJEKI ARUPO DUIT
AAMIIN…. mau mengingat sejarah, luar biasa semua jenengan