Arya Wiraraja, Pendiri Kerajaan Islam Tertua di Tanah Jawa ?

Dakwah Islam di Tanah Jawa, sejatinya telah ada ratusan tahun sebelum masa Wali Songo. Di wilayah Lumajang, Jawa Timur pada sekitar abad 12-13 Masehi, dikenal sosok Penyebar Islam yang terkemuka, yaitu Syeikh Abdurrohman Assyaibani.

Syeikh Abdurrohman merupakan cucu dari sepupu Imam Ahmad bin Hambal, dan sekaligus juga menantu keluarga dinasti Kerajaan Lumajang (sumber : Syeikh Abdurrohman Assyaibani).

wiraraja
Arya Wiraraja, Pendiri Kerajaan Islam Lumajang

Pada abad ke-13, di Tanah Jawa telah berdiri Kerajaan Islam, tepatnya di daerah Lumajang. Fakta ini sekaligus membantah, Kesultanan Demak yang berdiri pada abad ke-15, sebagai Kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa.

Pendiri Kerajaan Islam Lumajang (Lamajang Tigang Juru) adalah sosok yang dikenal sebagai mitra Raden Wijaya (Pendiri Kerajaan Majapahit), yakni Arya Wiraraja.

Klan Pinatih di Bali, percaya bahwa leluhur mereka Arya Wiraraj adalah seorang Muslim. Hal ini terbukti dengan keberadaan makam leluhurnya itu, di dusun Biting (benteng), Desa Kutorenon, Kec, Sukadana, Kab. Lumajang (sumber : Lumajang, Kerajaan Islam Tertua di Jawa, Foto Situs Biting, Kawasan Situs Biting).

wiraraja1
Arya Wiraraja adalah kerabat Kerajaan Singasari, ibunya bernama Nararya Kirana merupakan puteri Penguasa Singasari Prabu Seminingrat Wisynuwarddhana.

Pada sekitar tahun 1269, Arya Wiraraja sempat menjabat sebagai Rakryan Demung Singasari, kemudian diangkat menjadi adipati Sumenep Madura (sumber : Antara Arya Wiraraja Dan Sri Kertanegara).

Ketika menjadi Adipati Sumenep, Arya Wiraraja ikut membantu Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit. Atas jasanya itu pada tahun 1296, ia mendapat hak menjadi penguasa di daerah sekitar Lumajang, Probolinggo hingga ke timur sampai Banyuwangi (sumber : Antara Raden Wijaya, Arya Wiraraja, Sampai Kebo Anabrang).

Kedekatan keluarga Penguasa Lumajang, dengan para ulama Islam terbilang sangat dekat. Hal ini terbukti salah seorang bibi dari Penguasa Lumajang, Arya Menak Koncar (Pengganti Arya Wiraraja) yang bernama Roro Wulandari menikah dengan  Syeikh Abdurrohman Assyaibani.

Pada Raja yang ke-5 Arya Tepasana, kedua puterinya menikah dengan keluarga Wali Songo. Puterinya bernama Nyimas Ayu Tepasari diperisteri oleh Syarif Hidayatullah (Sunan Gunungjati), sementara puterinya yang lain Nyimas Ayu Waruju diperisteri Raden Mahmud Pangeran Sapanjang putera Raden Ali Rahmat (Sunan Ampel).

WaLlahu a’lamu bishshawab

Artikel Sejarah Nusantara :
1. [Misteri] Panglima Arya Damar bukanlah Adipati Arya Dillah ?
2. Teori Migrasi Manusia, untuk menjawab asal usul Bangsa Melayu?
3. Mengungkap Legenda Prabu Damarwulan, berdasarkan fakta Sejarah ?
4. Misteri Pasukan “Lebah Emas”, dalam kemelut kekuasaan Kerajaan Majapahit ?

Iklan

7 responses to “Arya Wiraraja, Pendiri Kerajaan Islam Tertua di Tanah Jawa ?

  1. di daerah saya demak ada makam panjang yg dari beberapa ulama yg faham soal rahasia makam. … isi makam itu syeh abdurahman asyaiban katanya tokoh awal . klue nya yg di dapat cuma itu.

    saat mau di bongkar di tentang orang banyak.

    teman akrabku pun pernah kejang kejang kaget siang hari melihat sosok berjubah putih jenggot panjang sampai lutut di area makam itu.

  2. Tulisan yang bagus..mengungkap sejarah awal kerajaan islam di nusantara

  3. request ttg kerajaan banjar dong infonya

  4. ternyata di lumajang yang tertua ,saya kira di daerah kutai ..

    Terima kasih menambah wawasan tentang sejarah kerajaan di tanah air,,,

  5. Azizan hakim lukman

    Baguslah buat pengetahuan

  6. lumjang sebagai kesultanan pertama di tanah jawa kalo ndak keliru aalnyadari tafsir kyai agus sunyoto. hanya teori itu harus dibenahi karena terlihat sanga janggal. coba bayangkan arya wiraraja punya anak MENAK KONCAR. silakan dicek dulu MENAK KONCAR itu hidup pada periode kapan?

    Lalu menghubungkan arya wiraraja dengan nararya kirana hanya lantaran keduanya kebeulan ernah jadi penguasa di lumajang juga tidak berdasar. tidak semua tokoh yang memimpin satu daerah itu ketunan tokoh di daerah itu sebelumnya.

    Kita ta kertanagara itu pernah jadi raja di Daha. Apa kertanagaa anak dari raja daha sebelumnya? jelas tidak. inijuga berlaku untuk wiraraja dan nararya kirana. Lagian Nararya Kiraitu dalam prasasti mula malurung bukan anak kandung seminingra.

    Menurut saya, LUMAJANG bukan daerah yang menjadi kesultanan islam perama di tanah Jawa.

    Kesultanan Islam pertama di tanah jaa adalah kesultanan Islam DEMAK.

    Dan satu lagi, arya wiraja itu bukan ayahnya RANGGALAWE.

    demikian.

  7. identifikasi arya wiraraja sebagai putra NARARYA KIRANA raja lamajang tahun 1255M juga perlu dicek ulang.

    satu satunya naskah yang menyebutkan ayah arya wiraraja hanya serat pararaton. barangkali ini layak jadi rujukan. dalam serat pararaton menyebutkan arya wiraraja keturunan seorang buyut dari desa NANGKA.

    Entah di mana desa nangka itu. yang pasti berdasarkan serat pararaton, arya wiraraya bukan keturunan seorang raja apalagi keturunan keluarga raja singasari.

    Jika arya wiraraja keturunan seorang raja atau masih keluarga maharaja singasari seminingrat, tentunya dia akan termuat dalam prasasti mula malurung 1255M. karena prasasti ini menulis seluruh keluarga kerabat dekat maharaja singasari seminingrat.

    Sebagai catatan, nararya kirana bukan anak kandung seminingrat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s