Kisah Mualaf Ayana Jihye Moon dan 600 Tahun Sejarah Islam di Semenanjung Korea

Masyarakat Korea Selatan sempat dihebohkan dengan masuk Islamnya salah seorang mantan member girl group F-VE Dolls, Ayana Jihye Moon. Dan tidak tanggung-tanggung, wanita kelahiran 28 Desember 1995 itu juga langsung memperbaiki penampilannya dengan mengenakan hijab.

Sebagaimana dilansir tribunnews.com dan okezone.com, ketertarikan Ayana terhadap ajaran Islam bermula karena minatnya mempelajari kebudayaan Timur Tengah. Dan setelah Ayana banyak bertemu dengan teman-teman yang beragama Islam semakin membuka hatinya menjadi mualaf.


Pada umumnya diketahui era modern Islam diperkenalkan ke Korea Selatan pada tahun 1950-an, namun para ilmuwan mengatakan bahwa hubungan lintas budaya di antara kedua belah pihak sebenarnya sudah terjadi dari sejak abad ke-7, yakni pada saat masa Kerajaan Silla di Korea.

Seperti dikutip dari ganaislamika.com, pada masa keemasan Islam di Timur Tengah, ajaran Islam membentang mulai dari Filipina di Timur sampai ke Semenanjung Iberia di Barat.

Menurut Lee Hee-soo, pakar budaya Islam terkemuka dan profesor di Departemen Antropologi Budaya Universitas Hanyang, pertemuan pertama Korea dengan Islam murni dikarenakan urusan komersial (perdagangan).

Pengaruh Islam di Korea terjadi pada sekitar 600 tahun yang lalu di masa Dinasti Joseon, dimana banyak kaum muslim yang diangkat menjadi penasehat dalam urusan sains dan teknologi. Pada saat itu, orang-orang Arab dikenal memiliki ilmuwan terbaik di dunia, dan mereka berkontribusi pada inovasi Korea.

Kehadiran orang-orang Islam pada waktu itu cukup membuat rakyat Korea tertarik dan penasaran. Akan tetapi, pada tahun 1427 di bawah kepemimpinan Sejong Agung, Dinasti Joseon mengeluarkan sebuah dekrit kerajaan yang melarang dilakukannya praktek ritual dan penggunaan pakaian Muslim.

Peraturan tersebut merupakan salah satu rangkaian dari kebijakan isolasionis Dinasti Joseon yang dimaksudkan untuk membatasi kontak warga Korea dengan orang-orang dari negara asing.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s