Fenomena Manusia Listrik Asal Sumsel? Jika Bukan Sulap, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Dunia maya dibuat heboh oleh seorang siswa dari SMA Negeri Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan (Sumsel). Bagaimana tidak, lewat tayangan video pelajar yang bernama Ade Putra tersebut mampu menyetrum gurunya hanya dengan menyentuh.

Sebagaimana dilansir tribunnews.com (21/1/2019), Siswa SMA yang dijuluki manusia listrik ini juga mampu membakar kertas melalui aliran energi listrik yang ada di tubuhnya, dengan perantaraan tongkat kecil miliknya.

sumber: instagram.com/p/BsubFk6F8jc/

Ade yang merupakan warga Desa Lawang Agung ini mengaku tidak ingin lagi memperagakan aksi aksinya dikarenakan tidak diperbolehkan ibunya. Menurut Ade energi yang dimilikinya memang benar benar ada, dan bisa ia kendalikan.

Namun ada kalangan menduga, aksi Ade tersebut hanyalah trik sulap biasa. Kemampuan dirinya membakar kertas dikarenakan menggunakan alat bantu yang sudah di desain khusus untuk pertunjukan sulap.

Menurut pengamatan seorang ahli, kemungkinan Ade memakai dua cairan yang jika disatukan akan keluar api. Nama cairannya adalah PK dan gliserin, dimana pada tongkat diberi cairan PK dan pada kertasnya terdapat cairan gliserin atau sebaliknya.

Penjelasan Ilmiah Listrik Dalam Tubuh Manusia 

Terlepas pro kontra apakah aksi Ade Putra merupakan trik sulap atau bukan, ternyata berdasarkan penelitian di dalam tubuh manusia memang terdapat muatan listrik.

Seperti ditulis dalam situs wattpad.com, menurut Prof Drs Physiol dan Dr Santoso Giriwijoyo, pada sel-sel tubuh manusia yang jumlahnya mencapai lebih satu triliun, masing-masing bermuatan listrik sebesar 90 v/m dengan muatan positif di luar membran sel dan muatan negatif di dalamnya.

Apabila muatan listrik antara sel satu dengan lainnya dibuat hubungan seri, maka tubuh manusia berpotensi menghasilkan tegangan listrik. Untuk menghasilkan tegangan 220 v, hanya diperlukan 2,500 sel saja dari satu triliun sel yang ada dalam tubuh manusia.

Fenomena Manusia Listrik

Fenomena yang dialami Ade, ternyata juga pernah terjadi pada tahun 1988 yakni pada seorang bernama Xue Dibo asal China. Setiap kali dirinya menyentuh orang, maka orang tersebut akan kesetrum.

Dan ketika Xue Dibo mampu mengendalikan listrik dalam tubuhnya, ia bisa menyembuhkan berbagai penyakit dengan cara mengalirkan gelombang listrik ke tubuh pasien.

Hal yang sama juga terjadi pada pria asal Australia bernama Frank Clewer. Seperti ditulis palingseru.com,  suatu hari Frank memasuki sebuah gedung perkantoran untuk memulai wawancara kerja. Dan seketika karpet yang diinjaknya terbakar.

Beruntung kebakaran bisa diatasi setelah mendatangkan petugas pemadam kebakaran.  Ketika petugas pemadam kebakaran melakukan penyelidikan secara menyeluruh, mereka menemukan kalau penyebab kebakaran tersebut adalah pakaian yang dikenakan oleh Frank.

Pada waktu itu, Frank mengenakan jaket yang terbuat dari bahan nylon sintetis dan kemeja wol. Pakaian itu telah menyebabkan Frank menumpuk listrik statis di tubuhnya. Dan saat petugas pemadam kebakaran mengadakan pengukuran dengan alat pengukur listrik, mereka menemukan aliran listrik yang ada di tubuh Frank mencapai 40.000 volts.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s