Menghitung Umur Semesta

Ada yang mencoba, menghitung Umur Semesta…

Namun, bukan melalui penelitian selama bertahun-tahun…
Akan tetapi, hanya cukup dengan beberapa ayat di dalam Al Qur’an…

Hasilnya !
Umur Semesta diperoleh angka 18,26 milyar tahun

Kok bisa secanggih itu ya?

Terus bagaimana angka  18,26 milyar, bisa diperoleh ?

(1). Berdasarkan informasi Al Qur’an, keberadaan alam dunia tidak lebih dari 1 hari. Ini termuat dalam QS. Thaha ayat 104.

“Kami lebih mengetahui apa yang akan mereka katakan, ketika orang yang paling lurus jalannya mengatakan, ‘Kami tinggal (di dunia) tidak lebih dari sehari saja.’.”

(2). Sehari langit sama artinya dengan 1.000 tahun perhitungan manusia. Dijelaskan dalam QS. Al Hajj ayat 47.

“Dan mereka meminta kepadamu (Muhammad) agar adzab itu disegerakan, padahal Allah tidak akan menyalahi janji-Nya. Dan sesungguhnya di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu.”

(3). Sehari kadarnya 50.000 tahun yang termuat dalam QS. Ma’arij ayat 4.

“Para malaikat dan Jibril naik, (menghadap) kepada Tuhan, dalam sehari setara dengan lima puluh ribu tahun.”

Bila 1 tahun manusia adalah 365,2422 hari, maka sehari langit diperoleh:

365,2422 x 50.000 x 1.000 x 1 diperoleh 18,26 milyar tahun.

Wah, ini perhitungan matematika yang sangat canggih!

Ternyata paparan itu dibuktikan oleh pendapat Moh. Asadi dalam bukunya The Grand Unifying Theory of Everything. Dia menyatakan kalau umur alam semesta itu 17—20 milyar tahun. Sementara, Profesor Jean Claude Batelere bilang kalau umur semesta itu kisarannya ada di 18 milyar tahun. Terus ditambah dengan teori NASA yang mengeluarkan data umur semesta itu ada di kisaran 12—18 milyar tahun.

Para ilmuwan dengan segala peralatan canggihnya dan ilmu ’tingginya’ berusaha menguak berapa umur semesta, ternyata sebenarnya di dalam Al Qur’an sudah tertera dengan begitu jelasnya tentang misteri itu.

Apakah anda percaya… dengan semua perhitungan di atas ?

boleh yakin… boleh juga tidak…

WaLlahu a’lamu bisshawab…

Catatan :

1. Perhitungan Umur Semesta, Qarrobin Djuti
The Origin Of Meaning (Grup Facebook)

041,009 : qul -a -inna kum la takfuruwna bi lladziy khalaqa l-ardha fiy yawma yni wa taj’alu wna la hhu -andaadan dzaalika rabbu l’aalami yna

katakan : “apakah bahwa kamu bagi terkafur dengan yang menciptakan bumi di dalam DUA HARI dan menjadikan baginya bandingan – bandingan? itu rabb al ‘aalam iyn”

Bumi diciptakan dalam 2 hari dari 6 hari jumlah keseluruhan waktu penciptaan. Bumi tercipta bersamaan dengan matahari dan planet tetangga yang lain yang disebut solar system dalam 4,567 milyar tahun yang lalu. Dibandingkan dengan usia universe 13,701 milyar tahun, maka 4,567/13,701 = 1/3 = 2/6

041,010 : wa ja’ala fiy hhaa rawaasiya min fawqi hhaa wa baaraka fiy hhaa wa qaddara fiy hhaa -aqwaata hhaa fiy -arba’ati -ayyaamin sawaa-an lli ssaa-ili yna

dan dijadikan di dalam nya penambat – penambat dari -ufuwq nya dan membarak di dalam nya dan mengkuasakan di dalam nya kekuatan – kekuatan (penambat) nya di dalam empat hari, suatu yang sejajar bagi orang-orang yang meminta (bertanya)

041,011 : tsumma stawaa -ilaa ssamaa-i wa hhiya dukhaanun fa qaala la hhaa wa li l-ardhi -tiyaa thaw’an -aw karhhan qaalataa -atay naa thaa-i’i yna

kemudian mensejajarkan kepada langit, dan dia asap (nebula), maka dikatakan bagi nya dan bagi bumi : “berikan ku ketha’atan atau keterpaksaan”, (keduanya) mengatakan : “kami berikan ketha’atan”

041,012 : fa qadhaa hhunna sab’a samaawaatin fiy yawma yni wa -awhaa fiy kulli samaa-in -amra hhaa wa zayyan naa ssamaa-a ddunyaa bi ma shaabiyha wa hifzhan

maka dijatuhkan (ketentuan) mereka tujuh langit – langit di dalam DUA HARI, dan diwahyukan di dalam tiap langit urusan nya, dan kami hiasi langit terendah dengan tempat hamburan – hamburan (konstelasi) dan suatu penjagaan

dua masa penciptaan bumi = 4,567 milyar tahun
dua masa sisa penciptaan langit – langit = berkisar 4,561 milyar tahun
13,701 + 4,561 sisa usia = 18,262 milyar tahun
50.000 * 1 000 * 365,2422 (days in human year) = 18.262.110.000 tahun

64 responses to “Menghitung Umur Semesta

  1. Subhanallah..

  2. mencerahkan.salam kenal

  3. cukup buka AL QURAN dan jreeng… ensiklopedia terlengkap terungkap. subhanallah…

  4. membaca yang kaya’ gini jadi ingat blognya Pak Ali Said http://alisaid.wordpress.com/ sayang beliau tidak menulis lagi

  5. al-quran memang penuh keajaiban

  6. bisa menjadi bahan renungan..

  7. Trimakasih. Artikelnya manfaat

  8. Subéhanalloh! Tuker link dong, http://mujahidh4ck.wordpress.com

    boleh copas ga?

  9. Semakin dekat kiamat …… 8)

  10. perhitungannya?

    1hari = 1000 tahun, perhitungan manusia
    1hari = 50.000tahun, perhitungan malaikat yang menghadap tuhannya.
    Terus kenapa dikalikan dengan 365hari perhitungan manusia.
    Seakan-akan perhitunganya 1hari manusia = 1000tahun malaikat, dan 1hari = 50000tahun malaikat. dan tiba-tiba 1harinya disamakan dengan 1hari manusia untuk 1tahun. Atau apalah, coba dijelaskan dahulu.

    keberadaan alam dunia
    tidak lebih dari 1 hari

    18,65milyartahun menurut perhitungan mu = usia bumi saat kiamat dong

    • aku setuju ma comment yang ini…
      Yang laen alay semua…
      PERHITUNGAN YANG DIPOSTING SALAH ACUAN!!!!

    • Penafsiran penulis ingin mengaitkan ke 3 ayat di atas dgn argumentasi barat tentang umur bumi… Padahal klo ditelaah lebih lanjut. Ke 3 ayat di atas ingin menyampaikan bahwa “dalam sehari semalam waktu bumi, malaikat dan jibril datang menghadap untuk memberi laporan tentang kegiatan tugasnya 50 kali” itulah mungkin perintah awal shalat yg 50 x shari smalam ingin disinergikan dgn itu (banyaknya waktu menghadap/melapor para malaikat) yg nabi kita memberanikan diri meminta keringanan untuk kita ummatnya
      #anakcelebes

  11. quote:
    keberadaan alam dunia
    tidak lebih dari 1 hari

    iya berarti usianya kurang dari sama dengan 18,26 milyar tahun.
    masih belum bisa ditentukan secara pasti. tapi terimakasih masukannya 🙂

  12. Iya,aq jg kurang jelas nih,,365 hari =1 tahun
    Berarti umur dunia sudah 1 tahun donk disisi Tuhan jikalau dikalikan oleh kedua angka tersebut

  13. setuju dg komen no 10.

    mengapa perhitungan terakhir harus dikalikan 1 tahun. Nggak ada penjelasan. atau hanya sekedar di pas-paskan biar kayak orang pintar…

  14. wow///// siapa lagi yang ragukan alquran,….hayooo

  15. Allah tuh WAH banget yah gak bisa di ungkapkan sama akal pikiran manusia walaupun ALbert einsten skali pun

  16. Dahsyat Lua biasa, Alquran Petunjuk Sampai akhir zaman

  17. bgs bgt.
    sayang ga bs d share.

  18. Al Quran memang TERBAIK TERBAK SEPANJANG MASAAA~~
    ngga capek-capek ngelakuin penelitian yang panjang sekaligus mahal =.= cukup baca dan mendalami Quran saja pasti dapet jawabannya ^^

  19. Apapun itu, semua masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Sementara yang baru bisa diukur adalah usia bumi kita. Berdasarkan catatan arkeologi bumi kita berusia 4,5 milyar tahun. Jadi alam semesta ini mestinya berumur jauh lebih besar dari itu.

  20. luar biasa…klo bner.tp ada aneh…th manusia,hr jl malaikat,langit…jd ga jlas ah….yg jlas ini smoga ga jd kesalahan…yg fatal unt…menghadap illahi

  21. rasanya ada yg aneh dari analisa ini…??

    MOhon Maaf.. Bukan bermaksud menyinggung..!!
    dan bukan maksud saya juga untuk meregukan Alquran… tapi menurut saya ini hanya kemungkinan kekeliruan analisa saja (maklum, namanya juga manusia)…

    untuk Kecepatan Malaikat yg 50.000 tahun itu kayaknya ga ada hubungannnya ama umur Alam semesta.

    Wallahu A’lam…

  22. Mikirkok umur alam semesta ah….. ribet……….
    Mikir saja setelah mati kita mau apa!!!!!!

  23. kesannya maksain bener perhitungannya hahha…

  24. hasil perhitungan itu bukannya mksudnya 1 tahun langit=18,26 milyar tahun di bumi??

    Wallahu ‘alam,tp saya yakin dg kebenaran Al-qur’an dan hadist.

  25. 1hari = 1000 tahun, perhitungan manusia
    1hari = 50.000tahun, perhitungan malaikat yang menghadap tuhannya.
    Terus kenapa dikalikan dengan 365hari perhitungan manusia.
    Seakan-akan perhitunganya 1hari manusia = 1000tahun malaikat, dan 1hari = 50000tahun malaikat. dan tiba-tiba 1harinya disamakan dengan 1hari manusia untuk 1tahun. Atau apalah, coba dijelaskan dahulu.

    keberadaan alam dunia
    tidak lebih dari 1 hari

    yup benar, knapa harus dikalikan dengan 365 hari…
    trus knapa dihubungkan yg 50.000 tahun itu?????

    Teori yg salah tu…
    tp yg penting tanda2 kiamat emang udah deket….n rasulullah aja ga brani ngasih tau kapannya, siapa kita yg brani memperkirakannya???

    • ganyangkrisetan

      Rasulullah bukannya ga berani, tapi emang ga tau kapan kiamat, cuma Allah yang tahu kapan kiamat datang

  26. menurut saya perhitungan itu belum tepat. saya sudah mencoba menghitung berdasarkan data alquran (lihat di blog saya, apakataalquran.wordpress.com dan hasilnya adalah seperti hasil penelitian NASA selama bertahun-tahun dengan pengamatan alatnya….

    Al quran diturunkan pada zaman kita (sekarang usianya sudah 1400 an tahun). dalam menghitung usia semesta selisih 1400 tahun atau bahkan 20 ribu tahun bukan hal hal signifikan (karena usia semesta sudah milyaran tahun), artinya sampai nanti kiamat pun dapat dikatakan al quran tentang usia semesta pun tetap relevan dan benar.

  27. itu satuannya hari kok bisa jadi tahun ? kenapa dikali 50.000 ?

    Al Quran benar, tapi kadang masih ada orang yang pengen cari sensasi dengan sok berhitung dengan keruwetan seperti di atas. Konyol cara menghitungnya –‘

    Inna nahnu nazzalnal qur’an wa inna lahu lahaafidzuun…

  28. ijin copas mas, syukron

  29. Sy sih lebih ke al qur’an .

  30. klu bsa lain kali klau posting ksih pnjlsan yg jlas.
    atau admin kn bsa jdi pr, utuk menjelaskan pertnyaan dari komentar……

    al-qur’an itu bnar, tpi klw tdk djlskn dngan pngertian yg jls, kesannya akan-akan >>>>>>>>

  31. Sedikit menambahkan…

    Hasil yang di dapat…

    = 18,26 milyar tahun (perhitungan manusia)
    = 18,26 milyar tahun bumi

    Diperoleh dari…

    = 365,2422 hari bumi/tahun bumi x 50.000 tahun bumi/hari bumi x 1.000 tahun bumi/hari langit x 1 hari langit

    WaLlahu a’lamu bisshawab…

    Sumber :
    Mencari Penghuni Langit (Grup Facebook)
    http://www.facebook.com/groups/343170502375847/

    • mungkin untuk rinciannya begini…

      Penghubung antara Bumi dan Alam Malakut, dikenal dengan nama Ma’aarij (QS. Al Ma’aarij (70) ayat 3-4)…

      Jika diketahui 1 hari semesta, kadarnya adalah 1.000 tahun (QS. Al Hajj ayat 47)…

      *) agar diperoleh waktu berdasarkan tahun bumi, terlebih dahulu kita meng-konversikannya ke dalam waktu ma’aarij, yang kadarnya 50.000 tahun bumi…

      1 hari semesta = 1.000 tahun (perhitungan makhluk) = 1.000 x 50.000 tahun bumi/hari (dalam waktu ma’aarij)…

      1 hari semesta = 50.000.000 tahun bumi/hari (dalam waktu ma’aarij)…

      **) agar diperoleh nilai satuan berdasarkan waktu bumi, maka kita kali-kan dengan perhitungan 1 tahun bumi, yaitu 365,2422 hari (berdasarkan peredaran matahari) atau 354,5 hari (berdasarkan peredaran bulan)…

      maka diperoleh…

      1 hari semesta (menurut waktu bumi, bedasarkan peredaran matahari), adalah…

      = 50.000.000 tahun bumi/hari x 365,2422 hari
      = 18.262.110.000 tahun bumi = 18,26 milyar tahun bumi

      WaLlahu a’lamu bisshawab…

  32. Jangan terlalu dini mengaitkan ayat2 Al-Quran dengan ilmu hitung. Saya rasa tiga ayat tersebut tidak bisa dikaitkan dengan dengan umur semesta.

    Dari ayat ini justru saya memperoleh dua hasil, yaitu perbandingan hari bumi dan hari langit dan lama perjalanan malaikat dalam hari bumi. Di sini saya benar2 tidak melihat perhitungan untuk umur semesta.

    QS. Thaha ayat 104 ini ayat kunci yang anda cari tetapi tidak bisa disandingkan dengan QS. Al Hajj ayat 47 dan QS. Al Hajj ayat 47, karena QS. Al Hajj ayat 47 dan QS. Al Hajj ayat 47 memiliki nilai mutlak masing2 yang tidak ada kaitannya dengan QS. Thaha ayat 104.

    Justru perhitungan ini terlihat seperti mengumpulkan angka dan mengalikan tanpa melihat kaitan antara angka2 tersebut.

    Lebih jauhnya, ini bisa merubah keimanan muslim terhadap Al-Quran.

  33. menurut teori the big bang, lama alam semesta ini 5 M tahun

  34. Muhammad Lukman

    subhanallah…

  35. Kalau saya mencoba menghitung “dalamnya dasar neraka “

  36. Great!!!!!! Hebat sekali. Umur semesta mudah dicari dalam alqur’an. Kasitahu sumbernya, jadi insya allah kamu yg masukin ke wikipedianya.

  37. sesuatu yang simple tapi bikin salah fatal perhitungan. kalo menurut rumus diatas, seharusnya:
    1000 TAHUN x 50.000 TAHUN = 5.000.000 (TAHUN)KUADRAT
    5.000.000 x 365 x 365 = hitung sendiri.

  38. kalo masih bingung nih rumusannya:
    i = (1000 x 365) j; satuan hari
    k = (50.000 x 365) i; satuan hari
    subtitusikan i dari persamaan 1 ke 2
    k = (50.000 x 365) (1000 x 365); satuan hari
    jadi? perhitungan tulisan ini bisa dibilang tidak tepat.

    • k = (50.000 x 365) (1000 x 365) j;
      j nya ketinggalan.
      dimana k menurut tulisan diatas adalah waktu maarij, dan j waktu manusia.

      • Panji Negeri

        # satuan untuk 50.000 bukan tahun, melainkan 50.000 tahun/hari…
        # demikian juga satuan 1.000 juga bukan tahun, melainkan memiliki kadar kelipatan yang bernilai 1.000…

        Jadi didapat
        = 50.000 tahun/hari x 1.000 = 50.000.000 tahun/hari

        Sehingga jika dikalikan dengan 365,2422 hari…
        = 50.000.000 tahun/hari x 365,2422 hari…
        = 18.262.110.000 tahun = 18,26 milyar tahun

        Dimana 18,26 milyar tahun, kemudian dikalikan 1 (yang merupakan nilai (kadar) dari satuan waktu semesta terhadap waktu bumi)…

        Maka diperoleh…
        = 1 hari (waktu semesta) = 18,26 milyar tahun (waktu bumi)…

        WaLlahu a’lamu bisshawab…

  39. Blog bagus…

    ||Teory awal bigbang dgn dasar pengamatan & pencarian galaksi tertua oleh para astronom kurang lebih 17.5 milyar tahun.||

  40. 1.5 juta tahun umur bumi 500 ribu periode pertama dari nabi Adam as-nabi ibrahim..
    500 ribu kedua nabi ibrahim-nabi muhammad saw..
    500 ribu ketgia Nabi Muhammmad saw sampe sekrang sisa 500.000 dikurang 1400 th
    berarti umur semesta menuju kiamat masih lama
    th masehi 2012 jj itu dihitung dari nabi Isa as.
    hijriah Nabi Muhammad saw 1400 th

  41. pandi rusmanto

    Asalaamualaikum wr wb. Tuan tuan yg ahli berhitung. Sejak masa rsulullah hingga skrg sbrp bnyk ulama yg berani mengitung ala tuan, kecuali mrk yg tdk takut Allah. Kallo ketrngn dr Alquran dn hadist tidk memberikn cara peritungannya, jgn lh di buat buat seolah olah dr Allah. Kembalikn kpd Allah dgn menyandarkn yg telh di berikn Allah. Trima kasih. Wasalaamualaikum wr wb

  42. 365,2422 x 50.000 x 1.000 x 1 diperoleh 18,26 milyar hari… bukan Tahun…. waduh cek dulu lah sebelum gembira ria…

  43. maha suci Allah yang telah menciptakan ini semua,

  44. bagus laser hapus tatto

    cm 40 thn aj ouwghh..gk lbh 🙂

  45. al qur’an sbg petunjuk..itu sudah jelas dan tak terbantahkan..subanallah..

  46. inilah dialektika ada materi ada tanggapan ada kritik , keren
    tapi perlu kiranya saya sampaikan kpd pengkritik alangkah baiknya berpikir ilmiah, terlebih lagi ini diskusi ilmiah bukan pengajian ataupun curhat yg bebas mengutarakan perasaan , selain itu sudah tentu dikali 365 hari sebab menurut penjelasannya perjalanan malaikat dari bumi ke angkasa dalam 1 tahun , terima kasih tolong dikoreksi jika ada yg salah

  47. blog ini cukup baik…..saya merasa terharu atas semua kajian materi yg disuguhkan, terima kasih,

  48. Klw menurut Aq sih.,, Kita ambil saja sisi baiknya.,, tdk usah terlalu diperdebatkan. Apa pun yg sudah disampaikan Smoga mnJadi bahan renungan utk kita bersama., betapa al Quran itu suatu kemukjizatan..!! Terimakasih..!!

  49. konsep Islam setahun itu 354hari, bukan 365 hari berdasar rotasi bulan, bkn rotasi matahari….

  50. Al quran wahyu Allah SWT dan isinya semua benar ngk ada yang salah mau logis apa tidak logis pokoknya semua bener ngk ada keraguan

  51. jangan lha terlalu memperdebatkan it krnh kta blum tw kepastian nya,semga ini menjadi bhan perenungan

  52. Keterkaitan ayat di atas ingin menjelaskan bahwa malaikat dan jibril naik menghadap untuk melapor dalam sehari 50 kali.. Itulah mungkin yg ingin di sinergikan dgn perintah awal shalat yg 50 x sehari semalam yg nabi meminta keringanan untuk kita.
    1 hari waktu langit = 1000 tahun
    Dalam sehari malaikat menghadap 50.000 tahun untuk ukuran kita
    Jadi, seolah mengatakan bahwa 50.000/1000 = 50 kali dalam sehari semalam untuk ukuran sehari bumi malaikat melaporkan kegiatan hamba2nya dibumi yg masih hidup dan wajib beribadah.

  53. pinter temen matematikane
    salut……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s