[Misteri] Sosok Raja al-Hind (Kepulauan Hindia), yang bertemu dengan Rasulullah?

Di dalam Kitab Mustadrak al-Hakim (kitab al-‘At’imah), Vol. 4, p. 150 , diriwayatkan seorang raja dari Hind datang bertemu dengan Rasulullah. Sebagaimana hadis berikut :

Dari Abu Sa’id Al Khudri ra. mengatakan bahwa seorang Malik al-Hind telah mengirimkan kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam sebuah tembikar yang berisi jahe.

Lalu Nabi shallallahu alaihi wa sallam memberi makan kepada sahabat– sahabatnya sepotong demi sepotong dan Nabi shallallahu alaihi wa sallam-pun memberikan saya sepotong makanan dari dalam tembikar itu (HR. Hakim, sumber : India negeri unikquranandscience.com)

Dalam teks Arab (sumber : freewebs.com),  bisa dilihat pada keterangan picture berikut…

hadis1
Raja al-Hind itu adalah Cheraman Perumal

Di kalangan sejarawan ada yang beranggapan, Malik (Raja) al-Hind yang bertemu dengan Rasulullah adalah Cheraman Perumal, seorang Raja dari Kerajaan Kodungallur (Kerala, India).

Setelah masuk Islam, Sang Raja tinggal beberapa lama di Jeddah, ia dikenal juga dengan nama menjadi Thajuddin. r.a (Abdullah Samudri r.a).

Ketika ia hendak pulang ke kerajaannya, beliau wafat di dalam perjalanan, saat berada di Salalah Oman (sumber : mohdiqbal).

Namun ada pendapat, Cheraman Perumal tidak bertemu dengan Rasulullah. Hal ini dikarenakan, ketika ia datang, di masa pemerintahan Khalifah Abu Bakar ra. dan Rasulullah telah wafat pada saat itu (siasatdaily).

Jika demikian, siapa sosok dari Raja al-Hind sesungguhnya ?

islamnusantara
Raja al-Hind dari Nusantara
?

Jika kita membuka lembaran sejarah, istilah “Malik al-Hind” sebagaimana tersebut di dalam Hadis al-Hakim diatas, juga dipergunakan oleh Raja-Raja dari Nusantara. Hal ini bisa dilihat pada surat yang dikirimkan Raja Sriwijaya (sumber : jejakislam.net), kepada Khalifah Bani Umayyah.

“(Dari Raja al-Hind – atau tepatnya Kepulauan India) yang kandang binatangnya berisikan seribu gajah, (dan) yang istananya terbuat dari emas dan perak, yang dilayani seribu putri raja-raja, dan yang memiliki dua sungai besar (Batanghari dan Musi), yang mengairi pohon gahana (aloes), kepada Mu’awiyah…”

Meng-identifikasikan sosok Malik al-Hind sebagai Raja dari Nusantara, memang perlu ada kajian lagi lebih mendalam.

Namun hipotesa ini bukan hal yang mustahil, mengingat hubungan perniagaan antara Asia Tenggara dengan Jazirah Arab, sudah berlangsung sejak abad-7 M (katailmu.com), serta ajaran Islam di Nusantara telah ada di masa Rasulullah masih hidup (sumber : Dakwah Para Sahabat Rasulullah di Nusantara).

WaLlahu a’lamu bishshawab

Catatan Penambahan

1. Raja al-Hind juga dikenal dengan nama Abdullah Samudri ra., Apakah ada kaitannya dengan Pulau Sumatera yang ada di Nusantara?

Karena nama Sumatera, berasal dari kata “Samudera” (wikipedia). Dan ada kemungkinan istilah “Samudera” sudah lama ada, jauh sebelum masa kerajaan “Samudera Pasai” di Aceh.

2. Tulisan dalam artikel ini, telah direvisi dengan tulisan berjudul : [Misteri] Malik al-Hind, Raja Nusantara yang bertemu Rasulullah ?

Iklan

2 responses to “[Misteri] Sosok Raja al-Hind (Kepulauan Hindia), yang bertemu dengan Rasulullah?

  1. keren infonya 🙂

  2. jadi siapakah dia?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s