Menghitung Aset Muhammadiyah ?

Pada tahun 2013 diberitakan dana yang disimpan milik Muhammadiyah di tujuh Lembaga Perbankan Syariah mencapai Rp. 15 triliun atau setara dengan US$ 1,15 miliar (sumber : kompas.com).

Dengan dana sebesar itu, seharusnya Muhammadiyah dapat membangun ribuan pabrik dengan jumlah karyawan mencapai ratusan ribu pekerja.

muhammadiyah
Amal Usaha Muhammadiyah

Diluar dana yang tersimpan di Lembaga Perbankan, berdasarkan data Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) PP Muhammadiyah, pada tahun 2014, dari segi pendidikan amal usaha Muhammadiyah (AUM) memiliki 3.370 TK, 2.901 SD/MI, 1.761 SMP/MTs, 941 SMA/MA/SMK, 67 Pondok Pesantren, dan 167 perguruan tinggi. Pada sektor kesehatan tercatat sebanyak 47 Rumah Sakit (PKU), 217 Poliklinik, 82 klinis bersalin.

Sementara di sektor ekonomi memiliki 1 bank syariah (saham Muhammadiyah 2,5 %), 26 BPR/BPRS dan 275 BMT/BTM, 1 Induk Koperasi BTM, 81 Koperasi Syariah, 22 Minimart dan 5 kedai pesisir. Menurut catatan tahun 2002, Muhammadiyah mempunyai 8.881 unit kantor persyarikatan serta di tahun 2010, mengelola sekitar 6.270 masjid dan 5.689 mushola (sumber : pppa.or.id dan Sang Pencerah).

Selain itu, Muhammadiyah pada tahun 2008 diperkirakan memiliki sekitar 29.808.164,60 ha tanah wakaf, demikian juga pada wilayah sosial, Muhammadiyah mengelola lebih dari 400 buah panti asuhan, rumah singgah dan sejenisnya (sumber : republika.co.id, dan stiead.ac.id).

TV Nasional Muhammadiyah

Amal Usaha yang sedang coba dikembangkan Muhammadiyah saat ini adalah mewujudkan TV Muhammadiyah (TV MU) menjadi TV nasional. TV MU sendiri pertama kali diluncurkan Muhammadiyah bertepatan dengan Milad ke-101 Muhammadiyah, pada November 2013 (sumber : republika.co.id).

Dengan dana yang cukup besar, cita-cita Muhammadiyah untuk memiliki Televisi Nasional bukanlah sesuatu yang mustahil. Bahkan Muhammadiyah  memiliki modal keuangan yang cukup untuk merambah bidang usaha yang lain, seperti Jasa Operator Seluler, Agroindustri dan Industri Maritim.

WaLlahu a’lamu bishshawab

Artikel Menarik :
1. [Misteri] Silat Nusantara, dari abad ke-9 Masehi ?
2. Alhamdulillah… Makam Tokoh Betawi, PITUNG ditemukan di Palembang !!!
3. [Misteri] Bacaan Kyai Subkhi “Bambu Runcing”, di masa Revolusi Kemerdekaan?
4. [Misteri] H.O.S. Tjokroaminoto (Guru Presiden Soekarno), yang pernah dikunjungi Rasulullah?

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s