Desa “Sepakbola” Tulehu, Kampung-nya Abduh Lestaluhu

Dalam ajang laga final Piala AFF 2016, bek tim nasional Indonesia, Abduh Lestaluhu, menerima kartu merah, setelah menendang bola ke arah bangku cadangan Timnas Thailand. Abduh mengaku emosi melihat pemain timnas lawan mengulur-ulur waktu (sumber : cnnindonesia.com).

lestaluhu

Berbagai macam respons dari netizen bermunculan di dunia maya, terhadap aksi tersebut, mulai dari dukungan hingga kecaman. Mereka yang mendukung, diantaranya (sumber : pikiran-rakyat.com)…

tweet1tweet2tweet3

Abduh Lestaluhu dari Desa Tulehu

Abduh dilahirkan di Tulehu, sebuah desa di Maluku yang dikenal sebagai Brasil-nya Indonesia. Abduh meupakan salah satu bakat besar sepakbola nasional yang lahir di wilayah tersebut.

Desa Tulehu sebelumnya juga sudah memunculkan nama-nama besar seperti Ramdani Lestaluhu, Ambrizal Umanailo, Alfin Tuassalamony, Manahati Lestusen, dan Hasyim Kipuw (sumber : sport.detik.com).

desasepakbola
Di desa yang berjarak sekitar 24 kilometer dari kota Ambon tersebut, sepakbola memang sudah mendarah daging, dan pada tanggal 18 Februari 2015, Desa Tulehu dinobatkan sebagai Kampung Sepakbola.
bayisepakbolaKonon, ada sebuah adat di Tulehu di mana saat bayi laki-laki dalam upacara aqiqahan, warga harus melengkapinya dengan rumput dari lapangan Matawaru. Tidak mengherankan bila perlengkapan bermain bola seperti sepatu bola dan bola itu sendiri menjadi benda wajib yang harus ada di tiap rumah.

Tidak sedikit bayi laki-laki di Tulehu yang tidur ditemani oleh bola. Warga Tulehu memang melakukan apa saja agar lapangan Matawaru tak sepi bakat-bakat hebat, yang kemudian mampu menjadi langganan timnas Indonesia (sumber : fourfourtwo.com dan potret tulehu).

WaLlahu a’lamu bishshawab

Artikel Menarik
1. tweet simpati @iwanfals terhadap aksi damai 212
2. Misteri Berlian 222 gram, milik kakek Qarsing dari Sidrap ?
3. [Analisa Foto] Serangga Kanibal, Pemakan kulit dan daging manusia ?
4. (Analisa Foto) Sepasang ULAR NAGA dari Ponorogo, terbukti HOAX ?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s