Misteri Liontin Purba 22.000 tahun dari Sulawesi

Baru-baru ini, tim peneliti arkeologi dari Griffith University Australia, menemukan artefak berupa perhiasan dan karya seni yang berasal dari zaman es di sebuah gua di Indonesia.

Temuan ini menguatkan hipotesis yang menjelaskan bahwa manusia pra-sejarah yang pernah menetap di Tanah Air pada masa lalu, telah memiliki peradaban yang lebih maju.


Liontin Purba dari Sulawesi

Tim arkelog yang dipimpin oleh Adam Brumm ini, menemukan artefak tersebut pada salah satu pulau di kluster kepulauan Wallace (atau Wallacea), yang didalamnya mencakup wilayah Papua dan Sulawesi. Artefak yang berupa liontin dan manik-manik dibuat dari tulang-belulang babirusa dan kuskus, dan diperkirakan telah berusia sekitar 22.000 tahun.

Temuan ini berhasil diperoleh setelah melakukan penggalian arkeologi antara tahun 2013, 2015 dan 2017, tepatnya didapatkan dari Gua Leang Bulu Bettue di Sulawesi. Jenis artefak tersebut berbentuk manik-manik pipih yang dibuat dari gigi babirusa dan liontin dari tulang jari kuskus, yang merupakan hewan-hewan eksotis (hanya ditemukan pada kluster Wallacea).


Temuan terbaru itu, menurut Brumm, dapat mendobrak hipotesis yang menganggap kebudayaan manusia pra-sejarah Pleistosen di Wallacea cenderung primitif serta jauh tertinggal jika dibandingkan dengan kebudayaan manusia pra-sejarah Pleistosen di Eropa.

Kebudayaan manusia Wallacea dinilai memiliki hubungan eksotis dengan hewan-hewan endemik disekitarnya, seperti kuskus dan babirusa. Hal ini dapat dilihat dari pemanfaatan bagian tubuh hewan-hewan itu menjadi karya seni dan perhiasan.

sumber :
1. tempo.co
2. kompas.com
3. liputan6.com
4. livescience.com

WaLlahu a’lamu bishshawab

Artikel Sejarah Nusantara :
1. Teori Migrasi Manusia, menjawab asal usul Bangsa Melayu?
2. Identifikasi Zealandia, Legenda Benua MU dan Mitologi Garuda ?
3. [Misteri] asal muasal Bangsa Jawa, menurut Legenda dan Catatan Sejarah ?
4. Misteri Kaghati, Layangan Purba 9000 SM dari Pulau Muna Sulawesi Tenggara ?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s