Lahan 10 hektar disiapkan Muhammadiyah untuk Sekolah Islam Internasional di Melbourne Australia

Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Australia, telah membeli lahan dengan luas 10 hektar di Narre Warren East di Melbourne.

Di lokasi ini rencananya akan dibangun sekolah bernama Muhammadiyah Australia Islamic School (MAIS) yang akan dibuka pada tahun 2019.

Laboratory School Muhammadiyah

Pembelian lahan tersebut secara resmi dilakukan pada 25 Mei 2017, namun proses pencarian tanahnya memakan waktu lebih dari 2 tahun, dikarenakan ketatnya peraturan di Australia untuk tanah yang bisa dijadikan sekolah.

Desain sekolah akan melibatkan arsitek profesional dan juga ahli tata kota, dengan memperhatikan kebutuhan siswa-siswi untuk taman kanak-kanak (preparation) sampai dengan Kelas 12. Sekolah ini akan menjadi sekolah Muhammadiyah pertama di luar negeri untuk pendidikan formal dasar dan menengah.

Mengenai sasaran murid yang akan bersekolah di sana, akan merangkul seluruh umat Islam Melbourne terutama yang tinggal di bagian selatan Melbourne. Jadi bukan hanya murid-murid asal Indonesia, tetapi juga dari negara lain.

Salah satu ide dalam pendirian sekolah Muhamadiyah di Melbourne ini adalah sekolah tersebut akan dijadikan “laboratory school”. Dimana sekolah ini akan menjadi pilot project untuk memadukan keunggulan sistem pendidikan Islam yang sudah diterapkan Muhammadiyah di Indonesia dengan keunggulan sistem pendidikan Australia.

Sebagai catatan, pada saat ini jumlah institusi pendidikan yang dikelola Muhammadiyah di Indonesia telah berjumlah 10.381. Institusi ini meliputi TK, SD, SMP, SMA, pondok pesantren dan perguruan tinggi (Sumber : sangpencerah.id).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s