Kekerabatan Barack Obama dengan Keluarga Martodihardjo di Indonesia

Barack Obama merupakan seorang politisi yang menjabat Presiden Amerika Serikat ke-44. Obama merupakan orang Afrika Amerika pertama yang berhasil menempati jabatan tersebut.

Ibunda Barack Obama, yakni Stanley Ann Dunham menikah dengan Barack Hussein Obama Sr di Maui, Hawaii. Dari perkawinan ini kemudian lahir Barack Hussein Obama Jr pada 4 Agustus 1961.

Barack Obama berpakaian batik, sumber: facebook.com/UpIndonesia.Official/

Namun pernikahan Stanley Ann Dunham dengan Barack Obama Sr tidak berlangsung lama, karena pada Maret 1964 kedua bercerai. Dan selanjutnya pada 15 Maret 1965,  Stanley Ann Dunham menikah lagi dengan mahasiswa asal Indonesia bernama Lolo Soetoro (sumber: Stanley Ann dan wikipedia).

Kerabat Barack Obama di Indonesia

Lolo Soetoro adalah putra ke-9 dari 10 bersaudara anak dari Martodihardjo, yang merupakan seorang pegawai urusan pertambangan asal Yogyakarta.

Berdasarkan situs wikitree.com, anak dari Martodihardjo adalah sebagai berikut:  Supoyo (born, 1919), Ialu Supomo (born 1921), Ny Cuk Muhsidi (born 1923), Sugiyo (born 1925), Bambang Sugito (born 1927), Titik Imam Sutiknyo (born 1929), Din Trisulo (born 1931), Soemitro (born 1933), Lolo Soetoro (born Jan 2, 1935) dan Uki Gunowiyono.

Pada saat revolusi kemerdekaan nasional Indonesia tahun 1946, ayah Lolo Soetoro meninggal dunia ketika pasukan Belanda membakar rumah keluarga mereka. Untuk menyelamatkan diri, Lolo Soetoro bersama dengan ibunya yang bernama Djoeminah mengunsi ke pedesaan.

Seperti ditulis jpnn.com, Lolo Soetoro lahir di Bandung pada tahun 1935 dan menempuh pendidikan geografi di Universitas Gadjah Mada. Dikarenakan termasuk mahasiswa yang cerdas dia mendapat beasiswa ikatan dinas di Dinas Topografi TNI Angkatan Darat.

Kemudian Lolo Soetoro mengambil master di Hawaii University dan di sanalah bertemu Ann Dunham. Dari pernikahan dengan Ann Dunham, dia memiliki seorang puteri bernama Maya Kassandra Soetoro, yang sekaligus juga saudara tiri dari Barack Obama Jr.

Pernikahan Lolo Soetoro dengan Ann Dunham tidak berlangsung lama, pada tahun 1980 kedua bercerai. Kemudian tercatat Lolo Soetoro menikah lagi dengan Erna Kustina.

Dari perkawinan dengan isteri keduanya, Lolo Soetoro mempunyai 2 orang anak yakni bernama Yusuf Aji Soetoro (born 1981) dan Rahayu Nurmaida Soetoro (born 1987).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s