Sabina Altynbekova, Muslimah Kazakhstan dan Sejarah Kekaisaran Mongol di Asia Tengah ?

Dunia maya di tanah air, dihebohkan dengan kemunculan atlit volly puteri asal Kazakhstan, yang bernama Sabina Altynbekova.  Dan yang menarik dari gadis ini, ternyata ia adalah seorang muslimah, serta memiliki wajah asia (mongoloid).

Banyak yang penasaran, bagaimana seseorang dengan perawakan ras mongolia, bisa berada di wilayah Asia Tengah dan beragama Islam ?


Sejarah Kekaisaran Mongol di Asia Tengah 

Keberadaan masyarakat mongol di Asia Tengah, tidak lepas dengan penakluk dunia abad pertengahan asal Mongolia yang bernama Genghis Khan.

Genghis Khan yang kemudian dilanjutkan anak keturunannya, berhasil menguasai sekitar 33 juta km² pada puncak kejayaannya, dengan perkiraan penduduk sebanyak di atas 100 juta orang dan menjadi yang paling kuat di antara semua kekaisaran abad pertengahan (sumber : wikipedia).


Persinggungan antara Kekaisaran Mongol dengan Islam, berawal dari salah seorang cucu Genghis Khan yang bernama Hulagu Khan, ditugasi untuk menaklukkan Kekuasaan umat Muslim di Timur Tengah. Akibat terpecahnya kekuatan Islam ketika itu, maka sekitar tahun 1258M, kekhalifahan Abbasiyyah di Baghdad, berhasil mereka kuasai (sumber : wikipedia).

Penaklukan wilayah Muslim, kemudian terus berlanjut di daerah-daerah lain, sehingga Khilafah Islam seakan hancur lebur di tangan orang-orang Mongol.

kazakh12

Janybek Khan

 

Namun keadaan seolah menjadi terbalik, ketika Pasukan Mongol yang tadinya menyerang ummat Islam, dalam perjalanan kembali ke Mongolia banyak menjadi mualaf, masuk agama Islam.

Bahkan mereka mendirikan dinasti Islam di India, dan akibatnya Para Prajurit Mongol pun kemudian tampil menjadi pejuang-pejuang Islam yang perkasa (sumber : putrahermanto.wordpress.com).

Genealogy: Janybek Khan

mongol11

Pada sekitar 1466M, anak keturunan Genghis Khan yang bernama Janybek Khan dan Kerey Khan, mendirikan pemerintahan di wilayah Kazakhstan (sumber : wikipedia dan historum.com). Dan dari sinilah kemudian, masyarakat keturunan Muslim Mongolia, termasuk leluhur Sabina Altynbekova berinteraksi dengan budaya Asia Tengah.

WaLlahu a’lamu bishshawab

Iklan

One response to “Sabina Altynbekova, Muslimah Kazakhstan dan Sejarah Kekaisaran Mongol di Asia Tengah ?

  1. saya baca tulisan ttg Sabinanya saja, sejarahnya gk deh 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s