Berdasarkan Genetika, Semua Manusia Berpotensi Menjadi Jenius

Dari hasil penelitian, otak manusia mempunyai 1 triliun sel, dengan 100 milyar sel aktif. Setiap sel itu mampu membuat jaringan sampai 20.000 sambungan tiap detik.

Dengan kondisi yang seperti itu, seorang master trainer dari Brains Power Indonesia, Irwan Widiatmoko mengatakan, “Apabila seluruh informasi alam semesta ini dimasukkan ke dalam otak kita, otak kita tidak akan penuh.” Begitu yang dikutip dari http://www.kompas.com tanggal 25 Agustus 2008.

Adakah manusia super jenius di dunia ini?

Jawabnya adalah Nabi Adam AS, yang merupakan leluhur seluruh umat manusia…

Kok bisa?

Soalnya beliau adalah satu-satunya makhluk, yang berhasil mempresentasikan keadaan seluruh alam semesta ini di hadapan Allah SWT. Kenyataan inilah yang membuat para para malaikat terkagum-kagum, dan mereka pun sujud kepada Adam AS dan mengagungkan kebesaran Allah SWT.

Kisah ini termuat dengan jelas dalam QS Al Baqarah ayat 33—34.

(33) “Dia (Allah) berfirman, ‘Wahai Adam! Beritahukanlah kepada mereka nama-nama itu!’ Setelah dia (Adam) menyebutkan nama-namanya, Dia (Allah) berfirman, ‘Bukankah telah Aku katakan kepadamu, bahwa Aku mengetahui rahasia langit dan bumi, dan Aku mengetahui apa yang kamu sembunyikan?’.”

(34) “Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, ‘Sujudlah kamu kepada Adam!’ Maka mereka pun sujud kecuali iblis. Ia menolak dan menyombongkan diri, dan ia termasuk golongan kafir.”

Jadi kalau ada yang bilang, kecerdasan adalah faktor bibit atau keturunan, hal itu berarti semua manusia (termasuk kita ini) punya potensi jadi manusia super jenius.

Sebenarnya struktur otak Nabi Adam AS, relatif sama dengan struktur otak manusia kebanyakan, termasuk kita. Bedanya, Sang Nabi pertama itu sudah secara optimal memakai semua potensi otaknya.

Bagaimana dengan kita?

Berpikir saja biasanya malas. Kita lebih suka melihat orang lain yang jadi lebih jenius. Dan dari penelitian pula, kita ini kebanyakan hanya memakai daya otak kita sebesar 10%…

Jadi… apa yang mesti kita lakukan?

Yach, pilihan ada di tangan masing-masing. Yang jelas, orang-orang di Jepang itu memaksimalkan potensi otaknya dan mereka jadi bangsa yang besar.


Sejarah mencatat Jepang yang pernah dibom atom pada masa Perang Dunia II di Hirosima dan Nagasaki. Peristiwa itu menyebabkan kerugian dan kerusakan parah serta nyaris melumpuhkan perekonomian Jepang secara keseluruhan.

Namun tidak butuh lebih dari dua dekade, usaha yang keras dan kegigihan bangsa Jepang telah membuatnya kembali menancapkan giginya sebagai bangsa yang besar. Bahkan sampai saat ini Jepang dianggap sebagai salah satu ikon bangsa yang maju dan berbudaya di Asia.

Jadi, semuanya terserah kita. Apakah kita mau memaksimalkan kemampuan otak kita dan menjadi orang yang sukses atau hanya orang yang biasa-biasa saja.

Artikel Terkait
01. MISTERI ARKEOLOGIS, di tengah PUING reruntuhan TEORI EVOLUSI
02. Sun Go Kong, itu Ilmiah ?
03. Teori Darwin, Nabi Adam dan Piramid Giza

Iklan

42 responses to “Berdasarkan Genetika, Semua Manusia Berpotensi Menjadi Jenius

  1. wah okeh banget nih…

  2. hem… menarik sekali… tinggal bagaimana membuat orang2 semua mau untuk menjadi jenius 😀

  3. asyik….salam kenal.

  4. Assalamu ‘alaikum mas,

    Saya abis mampir di BLog mas, wahh.. sangat bagus dan bermanfaat apalagi seperti pemula kayak saya.

    Dan betapa senangnya apabila mas, mau juga mampir di BLog saya yang sangat sederhana.. hehe 😀

    Ini alamat blog terbaru saya http://baru2.net

    Salam kenal,
    Dedy Kasamuddin

  5. Assalamu’alaikum Wr Wb.
    Mmmmm…jadi sedih juga kalo inget Bom Atom meski itu yang membuat jepang takluk,
    Dan ternyata otak yang sama tak menghasilkan sesuatu yang sama pula….Allah memang maha Adil. Salam persahabatan.

  6. mmmm !!!!

    ga setuju dee !

  7. Betul……betul….betulllll
    Karena itu pemerintah baru sadar membentuk dirjen PAUD th 2002 , berdirilah Pendidikan anak usia dini walaupun sudah terlambat gak apa. yang pokok sebenarnya pendidikan untuk calon orang tua biar mereka sadar akan penting pendidikan mulai bayi. kalau tidak, waktu 6 tahun otak anak terlantar sia2 nganggur. okee pola pikir orang tua harus dirubah.

  8. jenius adalah pilihan bukan takdir dari Tuhan. silakan anda tinggal memilihnya

  9. lah, ini mah cuman info doank gan…
    gada sangkut pautnya sama cara bagaimana menjadi jenius..
    hadoohhh

  10. Allah nyiptain manusia dah lengkap bgt….kebanyakan kita mudah puas bgt aja tanpa ada keinginan utk menggali lbh dlm mengenai tujuan hidup sebenarnya…….
    mengapa kita hidup?
    utuk apa kita hidup?
    dimanakah hidup?

  11. menurut saya, nabi Adam menggunakan bahasa telepati, sehingga bisa merepresentasikan gambaran nama-nama setiap nya

    kemudian nabi Idris, merepresentasikan bahasa telepati dengan kata-kata

  12. sangat menarik

    Eko

  13. Sangat menarik sekali setelah saya membaca tadi, jadi intinya semua manusia didunia ini bisa menjadi seorang manusia yang jenius asalakan kita mau belajar dengan sungguh-sungguh dan berusaha penuh dengan kemampuan yang kita miliki, tetapi bisakah orang yang idiot tersebut menjadi seorang yang jenius. Karena pada dasarnya orang yang idiot tersebut dicap orang yang keterbelakangan mental dan untuk menjadi manusia yang sempurana saj sulut apalagi menjadi orang yang jenius, menurut anda hal ini gimana ….?

    • Topan Gunawan

      Tidak semua manusia cacat metal atau idiot itu terbelakang, karena sesungguh nya Tuhan, menciptakan mahluk nya, pasti memiliki kelebihan. Sebagai Contoh adalah Albert Einstein atau Issac Newton yang diperkirakan Autis. Penemu teori relativitas (dan formula pamungkas E = mc2 yang menggetarkan dunia) itu tak dapat melakukan interaksi sosial dengan baik. Einstein juga kerap gagap saat menghadapi publik untuk menjelaskan teori-teori cemerlangnya. Bahkan Einstein mendapat seorang istri tanpa bujuk rayu verbal. Mileva Maric, juga seorang ahli fisika, “jatuh cinta” dan bersedia menjadi istri Einstein karena terpukau dengan perbagai teori sang pencipta bom atom.
      Pelbagai cap buruk pada penderita autisme bisa jadi akan bergeser. Soalnya, dua orang pengidap autisme justru telah menjadi pendekar ilmu pengetahuan tanpa tanding. Newton dan Einstein dipastikan memiliki IQ jauh di atas rata-rata.

  14. asyik…sekali..

    singkat tapi maknanya mendalam….

    Bangsa Jepang adalah bangsa yang CEPAT BELAJAR & MAU KERJA KERAS sedangkan bangsa indonesia adalah Bangsa yg katanya belajaaaar terus tapi gak pernah ada hasilnya, mungkin cara belajarnya yg salah dan kurang rajin.

    kebnyakan orang2 jepang SADAR kalu untuk mencapai suatu tujuan perlu KERJA KERAS dan pasti akan menempuh jalan yang sulit dan itu adalah HAL YANG WAJAR sedangkan banyak orang indonesia yg “MANJA”, BELUM SADAR dan bahkan lebih suka cari jalan laen UNTUK MENGHINDARI KERJA KERAS misalnya jadi babi ngepet, meliara tuyul(orang2 jepang nggak mengenal istilah babi ngepet sama tuyul karena sudah dilisensi oleh indonesia), jadi PSK(contoh makhluk pemalas yg kerjaannya cuma mangkal & tidur2an, ga perlu mikir, ga capek, terus dapet uang banyak)

    mencapai suatu tujuan yang tinggi pasti perlu kerja keras & pengorbanan dan itu adalah hal yg sangat wajar, bukankah di setiap ajaran agama manapun diajarkan untuk bekerja keras dan bukan malas2an??

  15. weeewwww… ternyata otak manusia “luas” banget yah….

  16. Assalamu’alaikum Wr Wb.
    salut banget dengan artikel ini. makna nya ngena banget.

  17. Yang benar adalah bahwa albert einstein menggunakan 6% dari seluruh kemampuan otak manusia.. itu yg pernah saya baca

  18. Terus gimana ya caranya manfaatin kempampuan otak biar lebih > 6% ato 10% ?

  19. assalamualaikum, i would like to share all those article to my coleguos

  20. Baik Gan, Akan saya jadikan bahan ajar ke anak-anak homeschooling Jakarta, dan Untuk PM Ujian Persamaan Nasional Kejar Paket A B C di Jakarta. PKBM Tanda Genap

    http://kejar-paket-c.com/ujian-kejar-paket-c/

  21. blog mahasiswa lampung UNJ

    tulisannya menggungah semangat. Salam kenal, mas 🙂

  22. Masa iya sih Adam manusia paling jenius dan menggunakan seluruh potensi otaknya??

    Tapi tidak bisa membedakan mana tipuan dari setan yang membuat dia memakan buah terlarang dan membuat kita menjadi hidup di Bumi ini, tidak lagi di surga.

    • Bukannya adam jg manusia biasa yg tak luput dari khilaf….?
      sejenius jeniusnya orang ga akan pernah bisa mnghindar dr yang namanya khilaf……

  23. Sepertinya sel aktif otak rata-rata manusia jaman sekarang hanya 2,5% saja.

  24. Kalo mau mengoptimalkan otak ya di overclocking aja pasti penggunaan otaknya diatas 20%, otak kompi maksudnya… :hammer:
    Sejauh ini saya masih belum mengerti tentang sejarah detil Nabi Adam, yang saya tahu hanya Beliau adalah manusia cerdas, tapi sejauh mana kecerdasan-Nya itu adalah salah satu misteri…

  25. Apakah sudah ada metode untuk meningkatkan mengaktifkan sel-sel otak agar bisa lebih optimal

    • Setiap kita membaca atau melihat benda atau sesuatu yang janggal atau aneh yang ingin kita ketahui maka sel otak kita akan aktif dan saling berhubungan, tapi ketika sel yang sudah aktif itu tidak di asah maka sel itu akan mati, jadi intinya belajar gan dengan cara mengulang dengan rajin dan tekun. Saya pernah mendengar kata itu saat saya mengikuti program motifasi, kalo ada juga yg pernah ikut tolong dikoreksi ada kesalahan apa enggk. Terimakasih

  26. -Berdasarkan Genetika, Semua Manusia Berpotensi Menjadi Jenius-
    ….Bagaimana dg penyandang tuna Grahita,SLB,panti wredha,pasien RSJ, apa mungkin bsa membuat Penemuan IPTEK,mnjdi org Jenius,mendpt nilai 100 di UAN/SNMPTN spt einstein,newton,ThomasAlva Edison??? sdngkan einstein,Edison dn newton tdk prnah mnjdi pasien RSJ,SLB atau panti tuna Grahita
    apa ada buktinya pasien RSJ dn Tuna Grahita,SLB bisa membuat penemuan IPTEK spt newton dn edison??????

    • apa ada buktinya penyandang TunaGrahita, SLB,pasien RSJ bisa mnjadi org jenius membuat
      penemuan IPTEK spt newton dn
      edison?????
      Bgaimana membuktikannya?

    • Maaf saya cuma sedikit berkomentar.
      Kan allah itu menciptakan manusia dengan kekurangan dan kelebihan, nah einstein itu mungkin diberi kelebihan oleh allah yaitu kejeniusan yang sangat berguna bagi kita sampai sekarang, tapi kan setiap orang kurang beruntung (cacat fisik/mental) tidak mesti di beri kelebihan yang sama dengan einstein, bisa saja kelebihan di dalam rohaninya tidak harus di bidang pemikiran seperti itu, allah menciptakan manusia dengan berbeda2 kemampuan

  27. ” satu-satunya makhluk, yang berhasil mempresentasikan keadaan seluruh alam semesta ini di hadapan Allah SWT”.

    apakah yg dimaksud surat al-baqarah :33 , ilmu yg diajarkan ke nabi Adam as itu tentang keadaan seluruh alam semesta?

    maaf gan , saya belum menemukan materi apa yg telah diajarkan kepada nabi Adam as. apakah itu ilmu seluruh alam semesta ataupun , beberapa ilmu .

    tapi yang pastinya , Nabi adam pintar , bisa menguasai ilmu itu. “tentang berapa lama juga g dijelaskan disini”.

  28. mau tanya nihh….mungkin kah manusia menguasai seluruh ilmu yang ada di dunia ini????
    kalo mungki butuh berapa tahun?

  29. Muchlis Rahmatullah

    ” satu-satunya makhluk, yang berhasil mempresentasikan keadaan seluruh alam semesta ini di hadapan Allah SWT”

    maaf..saya tidak sependapat dengan wacana ini .. sesungguh nya Baginda Rasulullah Muhammad SAW merupakan nabi yang paling mulia di antara seluruh nabi .. dan mempunyai kelebihan diantara seruh nabi .. Baginda Rasulullah Muhammad SAW mengetahui sebelum dan sesudah masa ..
    Baginda Rasulullah Muhammad SAW merupakan manusia yang paling berpengaruh di seluruh alam semesta .. dan merugilah orang orang yang tidak mencintai Nya ^^

  30. Kalau seperti itu kita semua harus dapat memaksimalkan penggunaan otak kita, selalu asah dan gigih, Insya Allah akan menjadikan kita menjadi orang2 pandai dna genius sehingga bangsa pun akan ikutb terangkat..

  31. Muhammad Aidil

    thank bang infonya

  32. (1).Otak Besar/Otak Depan kiri-kana (qulub/IQ) beefungsi sebagai AUDIO-VISUAL.
    (2).Otak Sedang/Otak Tengah (fuada/HQ) berfungsi sebagai PENYEIMBANG
    (3).Otak Kecil/Belakang (sudur/SQ) berfungsi sebagai MEMORI ALAM KESADARAN.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s