[Misteri] Puteri Melayu, ibunda Kusala Khan (Kaisar Dinasti Yuan, memerintah tahun 1329) ?

Dalam Sejarah Melayu, terbitan dari Abdullah bin Abdulkadir Munsyi, diceritakan salah seorang puteri Sang Suparba menikah dengan Raja Cina. Kelak dari pernikahan ini, akan melahirkan Penguasa Kerajaan Cina berikutnya.

Berdasarkan penyelusuran Sejarah Tiongkok… Siapakah sesungguhnya Puteri Melayu, yang menjadi Permaisuri di Kekaisaran Cina ?

Kisah Sejarah Melayu

Dikisahkan dalam Sejarah Melayu, Sang Suparba menikah dengan Wan Sendari, puteri Demang Lebar Daun Palembang, keduanya memiliki 4 anak, sebagaimana tertulis dalam bait 2.11 :

“… Telah berapa lamanya Sang Suparba duduk dengan Wan Sendari itu, maka baginda pun beranak empat orang, dua perempuan baik-baik parasnya; puteri Seri Dewi seorang namanya, seorang lagi puteri Cendera Dewi namanya; dua orang laki-laki, Sang Maniaka seorang namanya, seorang lagi Sang Nila Utama namanya (bait 2.11)”.

Salah seorang puterinya yang bernama Puteri Seri Dewi (kakak dari Puteri Cendera Dewi), menikah dengan Raja China, sebagaimana tertulis dalam Sejarah Melayu :

“… Maka titah Sang Suparba : Jika demikian, baiklah kita berikan, supaya bersambutlah raja Melayu dengan Raja Cina”. Maka tuan puteri ananda baginda yang tua sekali itulah dilengkapi baginda dengan sepertinya, diserahkan baginda pada utusan Cina itu… ” (bait 2.13).

Dan dikemudian hari, anak keturunan Raja Cina dengan Puteri Seri Dewi, akan menjadi Penguasa berikutnya.

“… Maka utusan itupun berlayar kembali ke negeri Cina. Maka terlalulah suka hati Raja Cina oleh beroleh puteri anak raja dari Bukit Siguntang itu, maka disambut baginda dengan sempurnanya kebesaran dan kemuliaaan, lalu diperistri baginda, beranak bercuculah baginda dengan tuan puteri itu. Daripada anak cucu baginda jadi raja cina turun-temurun… ” (bait 2.14).

Kaisar Cina dari Dinasti Yuan 

Apabila berpedoman kepada masa pemerintahan Sang Nila Utama di Tumasik (Singapura) pada periode tahun 1320-1347, diperkirakan kedatangan Sang Sapurba di Bukit Siguntang adalah pada sekitar masa 1285-1295. Maka usia dewasa dari anak-anak Sang Suparba, terjadi pada sekitar masa 1305-1315.

Berdasarkan penyelusuran sejarah Cina, pada masa itu yang berkuasa adalah era Dinasti Yuan, dengan Kaisarnya bernama Kulug Khan (memerintah, 1307-1311), dimana Kulug Khan tercatat memiliki putera bernama Kusala Khan (memerintah, 1329).

Kelak anak dari Kusala Khan, akan menjadi Penerus Penguasa Dinasti Yuan, yakni Rinchinbal Khan (memerintah, 1332) dan Toghon Temur (memerintah, 1333-1368).

Data Sejarah Cina ini sepertinya ada kecocokan dengan kisah dalam Sejarah Melayu, yang menyatakan anak keturunan dari Puteri Seri Dewi akan menjadi Raja (Kaisar) China. Mungkinkah sejatinya Permaisuri Kulug Khan, adalah Puteri Seri Dewi, yang diceritakan dalam Sejarah Melayu ?

Kepastian jawabannya, tentu masih memerlukan pendalaman dan bukti-bukti arkeologis tambahan.

WaLlahu a’lamu bishshawab

Referensi : 
1. Kulug Khan (wikipedia.org)
2. Kusala Khan (wikipedia.org)
3. Sejarah Melayu, terbitan dari Abdullah bin Abdulkadir Munsyi
4. 

Artikel Sejarah Nusantara :
1.
2. [Misteri] 5 Sosok Arya Damar, dalam Sejarah Melayu Palembang ?
3. Mengungkap Legenda Prabu Damarwulan, berdasarkan fakta Sejarah ?
4. [Misteri] Radin Galuh Chandra Kirana, pewaris Majapahit yang tersingkir ?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s